Mahasiswa KKN Undip di Desa Karangasem, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Merumuskan Profil Wilayah Desa Karangasem

 


Campusnesia.co.idProgram profil wilayah desa merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang mendalam dan komprehensif tentang kondisi, karakteristik, serta potensi yang dimiliki oleh suatu desa. Program ini seringkali diinisiasi oleh pemerintah daerah, lembaga riset, atau organisasi masyarakat dengan tujuan utama untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dinamika perkembangan desa serta untuk merencanakan pembangunan yang berkelanjutan. 

Melalui program ini, berbagai aspek penting yang berkaitan dengan kehidupan desa, termasuk demografi, ekonomi, infrastruktur, sosial, budaya, dan lingkungan, akan dianalisis secara menyeluruh. Dengan demikian, program profil wilayah desa menjadi sebuah upaya untuk mendokumentasikan serta menganalisis secara holistik potensi dan tantangan yang dihadapi oleh desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan yang inklusif bagi seluruh masyarakatnya.

Wilayah usulan Program Pembuatan Profil Wilayah Desa berada di Desa Karangasem, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen. Hasil wawancara kepada perangkat desa serta telaah dokumen yang dilakukan selama seminggu di Desa Karangasem menunjukkan bahwa terbatasnya informasi profil wilayah seperti kependudukan, sarana prasarana, potensi desa, serta penggunaan lahan. Disisi lain, kurangnya informasi grafis di lobby Kantor Desa Karangasem yang memepersulit informasi bagi masyarakat umum untuk mengetahui lebih detail tentang Desa Karangasem.

Berdasarkan hasil survei dan data yang ditemukan, Gilang Akbar Firmansyah, pada tanggal 16 Januari 2024 mahasiswa KKN Universitas Diponegoro tim 1 tahun 2024 dari Prodi Teknik Perencanaan Wilayah Kota merumuskan “Program Pembuatan Profil Desa Karangasem berbentuk X banner” yang ditujukan kepada perangkat Desa Karangasem yang bertujuan untuk  memberi gambaran yang komprehensif tentang kondisi, karakteristik, dan potensi sebuah desa.

Program ini dilakukan melibatkan serangkaian kegiatan seperti survei lapangan, wawancara dengan penduduk setempat, analisis data sekunder dengan memanfaatkan data BPS Kabupaten Sragen, dan penggunaan teknologi informasi geografis (GIS) untuk menghasilkan peta dan analisis visual. Proses ini memungkinkan untuk menyusun profil wilayah desa yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Hasil survei data sekunder maupun primer kurang lebih seminggu khususnya di Desa Karangasem, Akhirnya mahasiswa KKN mampu merumuskan profil Desa Karangsem yang terdiri dari infromasi kependudukan, sarana prasarana, potensi desa, serta penggunaan lahan. Pemaparan singkat dilakukan mahasiswa kepada Kepala Desa Karangsem terkait informasi yang menjadi isi di profil wilayah desa yang berbentuk x banner.

Kesulitan mendapatkan data kependudukan menjadi hambatan dalam menyelesaikan program ini sehingga diperlukan pendekatan dengan menggunakan data dari BPS Kabupaten Sragen untuk melengkapi data kependudukan. Selain itu, perlunya brainstorming dalam merumuskan potensi dan permasalahan desa dan validasi ke perangkat Desa Karangasem terhadap hasil yanmg diperoleh. Dengan adanya X banner profil wilayah Desa Karangasem diharapkan membantu melengkapi informasi profil wilayah (Kependudukan, Potensi dan Masalah Desa, Penggunaan Lahan, dan lain-lain) Desa Karangasem dan mempermudah masyarakat umum dalam mengakses informasi kewilayahan Desa Karangasem.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon