Jangglengan Updating : Mahasiswa KKN TIM I UNDIP melakukan Pembaruan Peta Administrasi Desa Jangglengan

 
Penyerahan Peta Administrasi Desa Janglengan 
kepada Perangkat Desa


Campusnesia.co.idKeperluan akan peta administrasi terbaru menjadi sangat penting terutama untuk updating Peta denagan skala untuk Kawasan Desa, Desa Jangglengan, sebuah desa di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dulunya merupakan hutan jati dengan luas daerah 280,3620 Ha. Bagian utara Desa Jangglengan berbatasan langsung dengan Desa Serut dan Desa Celep, bagian barat berbatasan langsung dengan Desa Pengkol, bagian timur berbatasan langsung dengan Desa Tanjung Rejo dan untuk bagian selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri.

Desa Jangglengan merupakan desa yang terletak tepian sungai yang berbatasan langsung dengan Sungai Bengawan Solo.. Dikarenakan desa yang terletak di tepian sungai menjadikan wilayah ini strategis untuk dijadikan desa wisata. Selain itu, potensi lain dari desa ini yaitu tanah yang subur dan cuaca yang stabil sehingga cocok untuk bercocok tanam dan beternak Masyarakat Desa Jangglengan menggunakan komoditi pertanian sebagai mata pencaharian utama, selain itu peternakan juga menjadi salah satu mata pencaharian di Desa Jangglengan. Maka Diperlukannya Peta Administrasi Desa agar dapat mengetahui atas wilayah yang ada.

Kendati untuk sekarang ini pihak perangkat desa belum mempunyai Peta ataupun Shp (shapefile) administrasi desa yang berfungsi untuk mempermudah pelaksanaan kebijakan desa dan supaya Masyarakat desa mengetahui titik batas wilayah RW nya sendiri. 

Akibat permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) TIM 1 Universitas Diponegoro Semarang ikut membantu perangkat Desa untuk membuat Peta Administrasi  desa yang berisikan dan menampilkan informasi mengenai,batas RW (Ruku Warga), fasilitas umum, jalan lokal dan jalan lainnya pada Desa Jangglengan.
 
Peta administrasi Desa Jangglengan 
dari Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Tahun 2023/2024

Proses pembuatan Peta Administrasi Desa Jangglengan dimulai dari proses pengumpulan data seperti citra satelit, Shapefile data, melakukan pentitikan di aplikasi Google Earth untuk fasilitas sosial dan fasilitas umumnya dalam format data kml. Dilanjutkan pada software ArcGIS yang nantinya akan di proses menjadi shp sampai ke tahap simbolisasi. Tahap terakhir adalah proses layouting peta untuk menyunting elemen-elemen kartografi pada peta. Hasil dari peta tersebut di print out dengan ukuran kertas A0 ( 118,9 cm x 84,1 cm).

Peta Administrasi Desa ini memuat berbagai informasi yang tentunya sangat bermanfaat, antara lain: Batas Kecamatan, Batas Desa, Batas RW (Rukun Warga), Jaringan Jalan, Perairan dan fasilitas sosial dan fasilitas umum. Proses pernyerahan secara simbolis Peta Administrasi diserahkan oleh Hilda Agustina selaku Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro tahun 2023/2024 kepada pak Suhari sebagai Carik Desa Jangglengan pada tanggal 2 Februari 2024 sebelum pelaksanaan sholat jumat,  bertempat pada Balai Desa Jangglengan




Penulis :
Hilda Agustina
Mahasiswi Teknik Geodesi
Universitas Diponegoro

Lokasi KKN:
Kelurahan Jangglengan
Kecamatan Nguter, Kota Semarang

Dosen Pembimbing:
Dr. Dra. Nurhayati, M,Si

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon