Cegah Stunting pada Balita, Mahasiswa KKN TIM I Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Kreasi PMT pada Ibu Balita, Ibu Hamil dan Kader Kesehatan

 

Campusnesia.co.idPekalongan (15/01/2024). Stunting merupakan isu global yang menjadi priotitas. Masalah stunting penting untuk diselesaikan, karena berpotensi mengganggu sumber daya manusia dan berhubungan dengan tingkat kesehatan, bahkan kematian anak.  Kasus stunting di Kabupaten Pekalongan tahun 2023 berdasarkan data SSGI mengalami peningkatan cukup signifikan, yakni naik 4% (persen). Padahal berbagai intervensi telah dilakukan oleh Pemkab Pekalongan. 

Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa KKN Tim I UNDIP di Desa Pringsurat, Kabupaten Pekalongan mengadakan kegiatan penyuluhan dan demonstrasi memasak kreatif untuk menciptakan produk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada kader posyandu, ibu yang memiliki balita, serta warga masyarakat setempat. Rangkaian kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Pringsurat pada hari Senin (15/ 01/2024).

Tema utama penyuluhan yang dibawakan oleh mahasiswa adalah “Pencegahan stunting melalui asupan nutrisi yang cukup dan seimbang terutama pada periode pertumbuhan anak-anak”. Setelah sesi penyuluhan, mahasiswa KKN Tim I UNDIP juga menyelenggarakan demonstrasi memasak kreatif dengan mengajarkan cara memanfaatkan bahan makanan yang ada di rumah untuk membuat makanan tambahan bergizi tinggi. 
 

Sebagai penutup acara, mahasiswa menghimbau kepada para ibu-ibu untuk tetap memberikan makanan yang bergizi kepada anak balita. Kegiatan ini mendapatkan antusias tinggi dari partisipan. 

“Kami sangat mendukung upaya mahasiswa UNDIP dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama melalui program-program pencegahan stunting seperti ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan Kesehatan anak-anak di desa kami.” Ujar kader Kesehatan Posyandu Desa Pringsurat. 



Penulis:
KKN TIM I UNDIP Desa Pringsurat


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon