Cegah Kecelakaan Kerja, Mahasiswa KKN Undip Tim 1 Tahun 2023/2024 Lakukan Edukasi Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada Pelaku UMKM Mebel


Edukasi Pentingnya Penerapan K3 pada Industri Mebel


Campusnesia.co.id - (Semarang, 12/2/2024) Di balik industri mebel/ furniture yang berkembang pesat saat ini, terdapat realitas yang seringkali terabaikan, yakni terkait dengan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi para pekerja di tempat kerja. Melalui proses pengamatan langsung di lapangan, tepatnya di Desa Jatingarang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo terdapat salah satu UMKM mebel yang belum menerapkan prinsip K3 dalam lingkungan kerja.

Padahal, dalam melakukan produksi di mebel tersebut yang dilakukan secara rutin setiap harinya, para pekerja memiliki risiko akan bahaya dan kecelakaan kerja yang dapat terjadi kapan saja. Risiko tersebut seperti tergores dan sayatan benda tajam, tertimpa benda berat, menginjak benda tajam dan lain sebagainya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap realitas yang tejadi di mebel tersebut, mahasiswa KKN Tim I Undip periode tahun akademik 2023/2024, Shafney Rachfa berupaya mengedukasi para pekerja mebel mengenai K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang berjudul “Edukasi Pentingnya Penerapan K3 pada Pelaku UMKM Jatingarang”. Sasaran pada program ini yaitu Bapak Wijono, pemilik usaha mebel dan juga para pekerja yang berjumlah 3 (tiga) orang. Kegiatan ini terdiri dari edukasi seputar informasi dan penerapan K3 khususnya dalam mebel, pemberian alat pelindung diri, serta pemasangan poster K3.


Poster Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Poster yang diberikan mencakup informasi penting tentang apa saja yang harus dilakukan untuk mengindari terjadinya kecelakaan selama bekerja, seperti perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan seperti sarung tangan, helm sefety, kacamata, masker, dan sefety shoes. Selain itu, pentingnya menjauhkan benda-benda maupun peralatan dari percikan api. Di samping memberikan penyuluhan, mahasiswa KKN juga menyediakan beberapa peralatan K3 seperti sarung tangan, kacamata keselamatan, masker, dan helm safety untuk memastikan kepatuhan terhadap prosedur K3 di Mebel Wijono tersebut.




Oleh: 
Shafney Rachfa

Jurusan: 
Manajemen dan Administrasi Logistik

Tim:
KKN Reguler Tim 1 Undip Tahun Akademik 2023/2024

Lokasi: 
Desa Jatingarang, Kecamatan Weru, Kapubaten Sukoharjo

Dosen Pembimbing: 
dr. Siti Fatimah , M. Kes.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon