Referensi Kegiatan dan Amalan untuk Menyambut Malam Lailatul Qadar Malam 1000 Bulan

 



Campusnesia.co.id – Lailatul Qadar adalah adalah malam istimewa yang penuh kemuliaan. Dalam banyak riwayat disebut bahwa kemuliaan malam Lailatul Qadar lebih dari 1000 bulan. 

Malam Lailatul Qadar sangat istimewa karena hanya ada saat Ramadhan. Biasanya, Lailatul Qadar jatuh pada malam puluhan ganjil di sepuluh hari akhir bulan Ramadhan.

Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar yaitu malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak terlalu panas, tapi juga tidak terlalu dingin, kondisi cuacanya tidak mendung dan juga tidak hujan.

 Ada banyak hal yang dapat dilakukan selama malam Lailatul Qadar. Berikut Referensi Kegiatan dan Amalan untuk Menyambut Malam Lailatul Qadar Malam 1000 Bulan dikutip dari mvslim.com.


1. Melakukan I’tikaf 
I’ktikaf adalah ibadah yang dilakukan oleh para muslim selama bulan Ramadhan terutama di malam Lailatul Qadar dengan berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan untuk bribadah kepada Allah SWT.

Ibadah yang dilakukan selama I’ktikaf bermacam-macam dari mulai berzikir, membaca Al-Qur’an, atau melaksanakan shalat sunnah dan sholat malam.



2. Sedekah
Amalan yang dapat dilakukan saat Lailatul Qadar yaitu dengan melakukan sedekah. Sedekah yang dilakukan bisa dalam berbagai bentuk seperti menyumbang ke masjid melalui infaq, berbagi makanan sahur untuk orang yang membutuhkan, atau kegiatan sedekah yang lain.

Bersedekah pada saat malam Lailatul Qadar sama halnya dengan bersedekah selama 83 tahun lamanya. Imbalan dari Allah SWT karena bersedekah di malam Lailatul Qadar lebih besar daripada biasanya.



3. Berperilakulah Baik
Agar mendapatkan berkah dari Allah SWT, jagalh perilaku kita agar senantiasa baik. Tahan diri sendiri dari hal hal yang tidak perlu seperti mengumpat, berselisih, bergosip, menggunjing, atau memfitnah orang lain. 

Jaga lisan untuk tidak berkata kasar dan menyakiti orang lain. Lakukan hal-hal baik selama 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Harapannya agar kebiasaan berperilaku baik dapat terus dilakukan meskipun bulan Ramadhan telah berakhir.



4. Menjaga Kondisi Kesehatan Tubuh
Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan banyak mengonsumsi air minum agar mampu beribadah semalaman. Atur asupan makanan dalam porsi kecil namun teratur, agar tubuh mendapat energi tapi tidak terlalu kenyang.

Atur waktu tidur dengan tidak tidur terlalu lama agar badan tetap bugar dan tidak mengantuk. Menjaga kondisi kesehatan sangat penting agar dapat terjaga dan mampu melaksanakan ibadah semalaman.



5. Tidak Membuang Waktu untuk Hal yang Tidak Perlu
Jangan sia-siakan waktu senggang pada malam Lailatul Qadar hanya untuk tidur. Gunakan waktu tersebut untuk beribadah mengharap pahala dari Allat SWT.

Manfaatkan waktu untuk membaca Surah Al-Ikhlas minimal 3 kali pada malam Lailatul Qadar. Membaca Surah Al-Ikhlas pada malam Lailatul Qadar setara dengan menamatkan Al-Qur’an 30 juz penuh.

Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa khusus malam Lailatul Qadar yang berbunyi, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’ fu ‘anni”.

Doa yang diajarkan Rasulullah tersebut memiliki arti, “ Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf, karenanya maafkanlah aku” (H.R. Tirmizi).

Kegiatan ibadah di malam Lailatul Qadar dapat dilakukan secara bersama di masjid ataupun secara mandiri di rumah. Diawali dari berbuka puasa yang kemudian berlanjut hingga tarawih.

Setelah tarawih, kita dapat melakukan berbagai kegiatan ibadah sunnah lain hingga datangnya waktu subuh nanti. Jangan lupa untuk memberikan jeda waktu tidur agar tubuh tetap segar.



Penulis
Feby Lulut Mahesti



Sumber gambar: https://www.freepik.com

Referensi artikel: https://mvslim.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon