Review Justice High, Film Korea bertema Karate dan Tawuran Pelajar

 



Campusnesia.co.id - Justice High merupakan film bergenre aksi dan komedi yang dirilis pada 9 April 2020. Film berdurasi 112 menit ini disutradarai oleh Johnny Chae. “Keadilan tanpa kekuatan itu kosong, tapi kekuatan tanpa keadilan hanyalah kekerasan.” merupakan sebuah kutipan yang menjadi pesan kuat dari film ini.


Pemain Film Justice High
Jung Da Eun berperan sebagai Chae Young
Oh Seung Hoon berperan sebagai Jong Goo
Son Woo Hyun berperan sebagai Hae Seung
Kim Tae Yoon berperan sebagai Jin Hyeok
Jung Eui Wook berperan sebagai Dong Pyo (ayah Chae Yeong)

Poster Resmi Film Justice High



Trailer Film Justice High



Review Film Justice High
Justice High menceritakan tentang Chae Yeong, seorang siswi SMA yang pindah sekolah karena terlibat perkelahian di sekolahnya. Chae Yeong begitu ahli dalam bela diri karate dan merupakan anak seorang pelatih karate. Ia tidak dapat melihat kekerasan, sehingga sering menggunakan kekuatannya untuk membela mereka yang dirisak.

Meski telah diperingatkan sang ayah, namun tepat di hari mendaftar ke sekolah yang baru Chae Yeong melihat seorang siswa (Jong Goo) yang dirisak karena tidak mau berbagi jawaban ujian. Tentu saja Chae Yeong tidak bisa tinggal diam dan terlibat. Dan ternyata mereka menjadi teman satu kelas Chae Yeong. 

Mengetahui Chae Yeong sekolah disana, siswi lain yang sebelumnya terlibat melaporkan bahwa dipukuli oleh Chae Yeong ke senior mereka. Sang senior mendatangi Chae Yeong namun berakhir kalah dan merasa tidak dihormati. Sae Na, sang senior ini mengadukan perbuatan Chae Yeong kepada teman-temannya, Hae Seung dan Jin Hyeok. Jin Hyeok adalah ketua dewan siswa di sekolah tersebut, namun ia bukanlah seorang siswa teladan namun termasuk perisak dan suka berkelahi. Sementara Hae Seung yang juga bergabung dalam kelompok tersebut, sebenarnya memiliki perasaan bersalah dan ingin meninggalkan kelompoknya.

Chae Yeong datang ke ruang dewan siswa tanpa mengetahui alasan ia dipanggil kesana. Sesampainya di sana mereka meminta Chae Yeong  untuk meminta maaf karena mengabaikan perkataan seniornya. Chae Yeong menolak dan menjelaskan alasan ia memukul para perisak tempo hari. mendengar alasan yang memalukan itu Hae Seung menyuruh Chae Yeong pergi. Hae Seung mulai tertarik dengan Chae Yeong.

Jong Goo mendatangi Chae Yeong dan mengatakan bahwa ia ingin menjadi kuat sepertinya, bukan untuk berkelahi tapi untuk melindungi ibunya yang mengelola restauran namun terkadang mendapati pelanggan yang kasar. Hal ini membuat Chae Yeong membawa Jong Goo ke tempat latihan milik ayahnya. Akhirnya Jong Goo mendaftar dan mulai belajar karate.

Hae Seung mulai menjauh dari teman-temannya, dan tertarik untuk mendekati Chae Yeong. Mengetahui Jong Goo bergabung dalam karate milik ayah Chae Yeong, ia pun ikut bergabung. Sikap Chae Yeong masih dingin karena menganggap Hae Seung adalah bagian dari kelompok yang merisak Jong Goo, hingga Hae Seung bercerita bahwa ia sebenarnya ingin berhenti menjadi bagian dalam kelompok seperti itu namun tidak tahu caranya. Dan ia senang karena sebelumnya belum pernah memiliki teman seperti Chae Yeong dan Jong Goo. Mereka pun mulai dekat.

Jin Hyeok berencana untuk bergabung dengan sebuah geng namun harus membayar uang masuk. Ia memerintahkan kelompoknya untuk mengumpulkan uang dari para siswa. Sementara ketua dari geng itu menyukai Hae Seung dan ingin bertemu dengannya, namun ia menolak. Jin Hyeok yang menyadari perubahan sikap Hae Seung mencoba mengajaknya bergabung namun Hae Seung terus membujuknya untuk berhenti.

Hingga suatu hari Jin Hyeok yang kesal terhadap Hae Seung mencoba memanfaatkan Sae Na untuk memanggil Chae Yeong untuk balas dendam. Jin Hyeok datang dengan anak buahnya dan menahan Chae Yeong. Jong Goo yang mengetahui hal ini segera memanggil Hae Seung. Mereka pun ke sekolah namun dihalangi oleh sekelompok siswa dan perkelahian pun terjadi. 

Syukurnya mereka berdua berhasil mengatasinya. Akhirnya perkelahian mereka dengan Jin Hyeok terjadi, mereka berdua tak berdaya ditangan Jin Hyeok yang juga sedikit kewalahan. Sementara itu Chae Yeong dibantu Hae Seung lepas dari ikatannya. Dan akhir cerita Chae Yeong yang bebas mengalahkan Jin Hyeok hingga tak berkutik. 

Film ini mengusung tema yang cukup menarik dengan pesan positif. Justice High mengisahkan tentang kasus yang mungkin terjadi di sekolah yaitu perisakan, serta mengajarkan penonton untuk berani membela diri apabila menghadapi perisak. 

Akting yang ditampilkan para aktor muda menunjukkan perasaan yang dalam dan realistis, meski awalnya memiliki latar belakang yang berbeda dan mereka yang tak pandai berteman, akhirnya menjadi lebih dekat karena saling membantu dan mengisi. Namun karena beberapa adegan perkelahian yang cukup kejam dan menampilkan perisakan, film ini perlu pengawasan untuk ditonton anak-anak dibawah umur.

Penulis: Ika Shintya

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »