5 Film tema Bisnis dan Wirausaha Rekomended versi Campusnesia

8:47:00 PM



Campusnesia.co.id -- Bicara film genre dan jenisnya banyak sekali, penulis sendiri tidak membatasi suka film yang seperti apa, bisa drama, action, science fiction atau animasi. Tetapi film tentang biopic atau biografi tokoh tertentu dan kejadian tertentu memiliki tempat tersendiri di hati penulis. Kali ini kami coba hadirkan beberapa film biopic dengan tema Wirausaha atau Entrepreneurship, walau tidak membahas teknis bisnis sepanjang film tetap saja menarik menyimak reka ulang dan mengais inspirasi dengan sedikit dramatisasi. Berikut Daftarnya.



1. Top Secret the Billionaire 

Sebuah film biografi Thailand disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dengan aktor Pachara Chirathivat. Film ini mengisahkan Top Itthipat Kulapongvanich, remaja yang memulai bisnisnya saat 19 tahun. Bisnis itu adalah rumput laut goreng kemasan, kita kenal sekarang dengan nama ‘Tao Kae Noi' pernah beli di minimarket?. Film ini dirilis pada tanggal 20 Oktober 2011. 

Kalau versi indonesia, sepertinya kripik singkong pedas Maicih dan Pisang Chip Zanana perlu dibuat film serupa kali ya.

2. Steve Jobs

Rilis tahun 2015 disutradarai oleh Danny Boyle genre drama biografi. Naskah film ini ditulis oleh Aaron Sorkin berdasarkan buku Steve Jobs karya Walter Isaacson dan kisah nyata pendiri Apple, Steve Jobs. Dibintangi Michael Fassbender, Kate Winslet, Seth Rogen dan Jeff Daniels. Mengambil latar masa-masa menjelang peluncuran produk-produk utama antara lain Apple Macintosh 128K, NeXT Computer dan iMac G3.

Kalau kamu berharap komedi layaknya di film the billionaire, kamu akan kecewa karena film ini lebih ke drama. Kita jadi tahu beberapa sisi lain dari tokoh Steve Jobs dengan segala pencapaianya bersama Apple.

3. Joy

"Ibu-ibu rumah tangga juga berhak dan bisa sukses, jangan takut berkreasi" itu kalimat yang bisa saya tulis setelah nonton film satu ini.

Joy adalah film drama komedi biografi rilis tahun 2015 yang disutradarai oleh David O. Russell. Naskah film ini ditulis oleh David O. Russell, sementara ceritanya ditulis oleh Annie Mumolo dan David O. Russell berdasarkan kisah nyata Joy Mangano menjadi pengusaha sukses dalam menjual produk alat pengepel lantai. Film ini dibintangi oleh Jennifer Lawrence, Robert De Niro, Bradley Cooper, Édgar Ramírez, Diane Ladd, Virginia Madsen dan Isabella Rossellini.




Iya, bercerita tentang ibu-ibu rumah tangga yang mendapatkan ide membuat alat Pel yang tidak akan mengotori tangan kamu saat menggunakannya, pernah lihat acara Pagi-pagi di Net tv dengan  host Andre dan Hesti saat segmen Alat Inovatif? seperti itulah gambarannya, 

Poin plus lain dari film ini, tentang pentingnya sarana distribusi penjualan. Film ini berlatar belakang era penjualan dengan saluran TV dan telpon mirip iklan-iklan di TV. Pelajaran tentang kerjasama dan kontrak juga penting.

4. The Founder

Ini juga Film drama biografi rilis tahun 2016 yang disutradarai oleh John Lee Hancock. Naskah film ini ditulis oleh Robert D. Siegel berdasarkan kisah nyata Ray Kroc dan kontribusinya dalam memimpin dan mengatur restoran cepat saji McDonald's. Dibintangi oleh Michael Keaton, Laura Dern, Nick Offerman, John Carroll Lynch, Patrick Wilson dan B. J. Novak.

Untuk pembaca pasti tidak asing dengan franchise resto cepat saji McDonald's yang diangkat film ini, tetapi tahukah sobat bahwa bisnis sebenarnya dari McDonald bukanlah makanan cepat saji tetapi properti? oleh karena ini saya sarankan nonton film ini.

5. The Social Network

Kalau sobat melihat Facebook sebagai teknologi maka film yang satu ini masuk kategori film teknologi, tapi kalau sobat melihat Facebook sebagai bisnis yang sukses membangun kerajaannya, maka film The Social Network masuk list artikel ini.

Film biografi drama tayang tahun 2010 yang disutradarai oleh David Fincher. Naskah film ini ditulis oleh Aaron Sorkin berdasarkan buku The Accidental Billionaires karya Ben Mezrich. Film ini dibintangi oleh Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Brenda Song, Rooney Mara dan Armie Hammer.



Bercerita tentang Mark Zuckerberg dalam merintis dan membangun Facebook. Ada pelajaran tentang Inovasi, Kreatifitas, serta konflik dalam bisnis dan teman yang bisa saja terjadi ketika bisnismu semakin besar dan menghasilkan uang. Tonton saja, menarik.

Itu tadi sobat Campusnesia, 5 FIlm dengan tema Bisnis dan Wirausaha rekomendasi Campusnesia, ada referensi lain? tulis di kolom komentar ya.

penulis: Nandar
editor: Mumun


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »