Ini Dia Manfaat Ikut Ekstrakurikuler di Sekolah

10:39:00 AM


Cahpati.id -- Lur sedulurku yang masih pelajar, baik yang masih duduk di bangku SD, SMP atau SMA sederajat. Masa sekolah adalah salah satu masa yang paling indah. Usia ini kita diberikan kesempatan belajar dan menuntut ilmu untuk menambah wawasan dan kecerdasan untuk bekal masa depan.

Tetapi dalam hidup kelak lur, kecerdasan akademik dan wawasan belumlah cukup sebagai bekal. Istilah kerenya selain hard skill yang dipelajari di dalam kelas, kamu butuh yang namanya soft skill atau keterampilan hidup yang tidak diajarkan di dalam buku pelajaran.

Dari mana keterampilan-keterampilan itu bisa dipelajari ketika masa sekolah dan apa saja yang bisa dipelajari? kali ini redaksi hadirkan artikelnya untuk kamu, kamu...iya kamu.

Sarana belajar itu adalah kegiatan di luar jam pelajaran sekolah yang namanya Ektrakurikuler, kegiatan ini resmi mendapat ijin dari sekolah jadi buat kamu dan orang tua tenang saja. Ada guru sebagai pembina yang memastikan kegiatan berjalan aman. Apa saja ekstrakurikuler yang bisa kamu ikuti dan skill apa yang bisa kamu dapatkan? yuk simak sidji-sidji.

1. Osis dan Pramuka
Dalam ektrakurikuler ini kamu akan belajar tentang berorganiasasi, bagaimana mengelola organisasi belajar leadershi atau kepemimpinan bukan hanya menjadi pemimpin tetapi juga anggota yang baik dan bisa dipimpin. 

Dengan aneka bidang di dalamnya kalian akan belajar iniatur sebuah negara bahkan, layaknya menteri dengan tugas masing-masing.

Khusus pramuka, kamu bisa belajar tentang solidaritas, kekeluargaan dan cinta terhadap alam.

2. Ekstra Kesenian
Setiap sekolah biasanya berbeda, banyak kesenian misalnya drama, tari, seni rupa, dan musik. Selain mengasah keterampilan dalam berkesenian kamu juga akan dapat kesempatan untuk mengasilkan karya seni dan tentu saja kesepatan mempertunjukan kemapuan dan karya seni itu kepada masyarakat. Bahkan ada beragam lomba yang bisa kamu ikuti yang kalau beruntung bisa jadi juara akan menjadi kebanggaan sebagai sebuah prestasi.

3. Ekstra Olahraga
Yang suka olahraga ini dia tempatnya. Selain menyalurkan hobi kau akan mendapat pelatihan yang akan meningkatkan kemampuan. Apalagi kalau bisa ikut kompetisi dan juara. Prestasi ini bisa jadi batu loncatan untuk naik ke jenjang yang lebih serius dalam karir olahragamu bahkan bisa jadi bekal masuk perguruan Tinggi Favoritmu melaluijalur prestasi olahraga. Mantab kan?

4. Ekstra Jurnalistik
Kalau zaman penulis di SMA dulu namanya ekstra Mading. Layaknya sebuah organisasi Pers/media intra sekolah. Kamu bisa belajar jadi wartawan, mengasah kemampuan menulis dan meraskan bagaimana aktivitas sebuah media. Setia pekan atau bulan menghadirkan liputan atau tulisan bahkan buletin atau koran sekolah. DI era digiital dan banyaknya media online seperti sekarang harsunya ekstra Jurnalistik atau mading bisa semakin eksis kali ya. 

Tertarik belajar banyak? bisa sharing dengan redaksi Cahpati.id undang saja kami ke sekolah kamu. dengan senang hati akan datang untuk berbagi pengalaman.

5. Ekstra KSR
Penulis dulu juga aktif di KSR selain di ekstra seni rupa. DI KSR kamu akan belajar jadi relawan, belajar tentang kesehatan, penanganan pada keluhan kesehatan dan lain-lain. Salah satu yang dikangenin ikut ekstra KSR adalah kalau upcara bendera gak harus berdiri tegak layaknya siswa lain, tapi bisa muter-muter karena harus standby kalau ada yang sakit he he. Masa depan? di perguraun tinggi nanti kamu bisa melanjutkan aktif di KSR tingkat mahasiswa atau jadi relawan di PMI.

6. Ekstra Pecinta Alam
Menjadi sahabat bumi, begitu kira-kira hal menyenangkan pasti bisa camping, naik gunung atau kegiatan di alam yang lain. Tetapi esensi ikut ekstra ini sebenarnya adlah belajar mencintai alam, melakukan kegiatan merawat alam dan mengajak masyarakat menjaga dan mencintai alam. Mulia sekali.

7. Ekstra Rohis
Biasa dikenal dengan Rohis atau Rohiniawan Islam, tetapi ada juga ekstra untuk teman-teman agama lain. Kalau yang penulis pernah ikuti yaitu Rohis manfaat yang bisa dambil adlah kesempatan belajar lebih mendalam tentang agama islam, ada kegiatan mentoring setiap pekan, ada kajian tentang tema-teman tertentu dan ada kegaiatan=kegatan besar seperti peringatan hari besar islam atau pesantren kilat saat Ramadhan. 

Kewajiban belajar agama tidak hanya di sekolah, tetapi melalui ekstra Rohis kamu bisa belajar banyak dan belajar jadi lebih sholih dan sholehah.

Nah itu dia lur 7 kegiatan ekstra kurikuler yang bisa kamu ikuti di sekolah beserta manfaatnya. Kalau di sekolahmu ada ekstra apa saja? jangan lupa share ke kami melalui komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat, sampai jumpa salam sego gandhul.

penulis: Nandar
foto     : http://aceh.tribunnews.com
sumber: Cahpati.id 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor