sponsor

Kuliah sambil Bekerja, Why Not?

10:00:00 PM

Campusnesia.co.id -- Kuliah sambil bekerja, atau nyambi bekerja selagi kuliah? mengapa tidak. Walau bisa kuliah tidak semua mahasiswa datang dari keluarga yang berkecukupan. Banyak diantara mereka yang datang dari keluarga pas-pasan bahkan bisa dibilang kurang. Tetapi demi cita-cita yang tinggi dan semangat menuntut ilmu "prihatin" selama proses kuliahpun tak jadi masalah.

Kali ini penulis akan coba berbagi, dari pengalaman tentang pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan selagi kuliah. Alasan mayoritas dari rekan-rekan yang bekerja sambil kuliah adalah untuk membantu orang tua dalam hal biaya pendidikan dan biaya hidup selama kuliah, baru sebagian lagi memang ingin latihan mandiri atau sekedar mendapat pengalaman kerja. 

Umumnya pekerjaan ini bersifat freelancer atau paruh waktu. Nah apa saja pekerjaaan yang bisa kamu lakukan selagi menyelesaikan perkuliahan? yuk simak daftarnya

1. Guru Les Privat
Menurut penulis ini pekerjaan paruh waktu paling enak, karena pada dasarnya mengulang pelajaran saat SMA, SMP atau SD tergantung dapat anak didiknya jenjang apa. Sobat bisa mendaftar menajadi tutor di lembaga bimbingan belajar atau secara mandiri emncari siswa. Yang pasti kalau lewat bimbel akan dipotong biaya admistrasi. Pengalaman penulis di semarang untuk durasi 1,5 jam bisa dapat fee 25.000 hingga 50.000. menarik kan? 

2. Waiter
Atau pramusaji di warung makan, sepulang kuliah bisa langsung bekerja hingga malam. Tentu saja akan lebih capek dari pada menjadi guru les privat. Tapi bukan berarti tidak bisa dijalani.

3. Paruh Waktu di Percetakan
Ini bagaimana? ini kasuistis sih, penulis memberikan contoh di UKM Loetju.com percetakan merchandise biasanya menyediakan lowongan untuk mahasiswa yang ingin bekerja paruh waktu.

4. Driver
Beberapa teman dan adik kelas di kampus menjadi driver di sebuah rental mobil, biasanya di akhir pekan. Lumayan lho sekali jalan minimal 150.000 hingga 200.000 tergantung jarak dan custoer rentalnya juga.

5. Warnet
Menjadi penjaga warnet, kalau dulu ini salah satu pekerjaan paruh waktu idaman. Disaat internat tidak semudah dan semurah sekarang. Menjadi penjaga warnet bisa sekaligus mengerjaan tugas dan browsing gratis. Jangan salah ceo tokopedia dulu juga pernah menajdi penjaga warnet lho

6. Event Organizer
Beberapa EO biasanya membutuhkan tambahan SDM dalam sebuah acara yang dikelola, ini salah satu alternatif pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan.

7. Tour Guide
Dibayar, jalan-jalan gratis kurang asyik apa coba, beberapa tour dan travel apalagi untuk event pelajar dan mahasiswa biasanya membutuhkan tour guide dari  mahasiswa. kamu bisa coba yang satu ini.

Itu dulu, 7 contoh pekerjaan yang bisa kamu lakukan saat masih kuliah atau paruh waktu. Jangan lupa akademis dan kuliah tetap prioritas jangan sampai terlena dengan pekerjaan. Untuk bisnis-binis  yang bisa dilakukan saat masih kuliah akan kami bahas dikesempatan berikutnya. sampai jumpa salam prestatif

penulis : Nandar
foto     : dashef.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »