Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Ramadhan

3:59:00 PM

Campusnesia.co.id -- Sobat campusnesia yang berbahagia, setelah semalam Pemerintah melalui menteri agama Republik Indonesiai resmi mengumumkan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada sabtu 27 Mei 2017, berarti hari pertama kita puasa. Bagaimana sahurnya semalam? apa saja nih menunya? walau akhir bulan jangan dibiasakan sahur dengan mie instan ya.

Kali ini redaksi akan berbagi tips menjaga pola hidup sehat selama ramadhan bersama, chief editor campusnesia kak Najah Mustafida yang sehari-hari melayani masyarakat di puskesmas Getasan kabupaten Semarang sebagai Promotor Kesehatan.

Berikut kutipan wawancara seru kami,

kak Najah bagaimana tips tetap sehat selama ramadhan?
"jaga pola makan tetep seimbang saat buka dan sahur, biasanya kan pas buka banyak yang nyerbu makan sebanyak-banyaknya, itu kurang baik, semampunya aja perut menampung, nanti habis tarawih bisa dilanjut makan sedikit-sedikit kalau masih pengin"

bagaiman tentang mengkonsumsi buah?
"iya, Buah, sayur tetap harus diseimbangin.."

tentang aktivitas harian kak?
"Aktivitas di pagi, siang, sore tetap dilakukan seperti biasa, bukan alesan unutk malas-malasan atau tidur seharian"

wadaw..tidur siang gak boleh kak?
"Tidur boleh tapi secukupnya untuk istirahat"

kembali ke menu sahur, idealnya seperti apa kak?
"Apapun yang kaya protein (ikan/daging/telor), vitamin dan zat besi (buah,sayur), karbohidrat (nasi atau yang lainnya). Usahakan tidak bersantan, Lengkap dengan susu lebih baik, madu atau sari kurma juga bagus"

ada tips lain kak, selain pola dan menu makan?
"Jangan lupa untuk selalu cuci tangan pakai sabun setiap kali stelah buang air kecil dan besar serta sebelum makan untuk pencegahan terhadap penyakit yang timbul karena bakteri atau virus. Tidak merokok.  untuk yang sudah merokok dikurangi, puasa bisa menjadi awal untuk berhenti merokok pelan-pelan"

baik kak Najah, terimakasih untuk tips-tipsnya yang kece, semoga puasa hari pertama hingga terakhir nanti dimudahkan dan membawa keberkahan. selamat menjalankan ibadah puasa ramdhan 1438 H. slaam prestatif.

penulis : Nandar
foto     : wikipedia.org

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor