6 Kegiatan Penuh Ilmu saat Ramadhan untuk Pelajar & Mahasiswa

5:44:00 PM

Campusnesia.co.id -- Sobat Campusnesia ramadhan adalah bulan yang penuh pahala, bahkan tidurpun mendapat pahala, tetapi jangan jadi alasan untuk tidur seharian ya. Isilah dengan kegaiatan-kegiatan yang produktif dan bernilai ibadah.

Salah satu yang dianjurkan saat bulan ramdahn adalah meperbanyak belajar tantang agama, mengahadiri majelis ilmu untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

Ada beberapa kegiatan penuh ilmu yang identik dengan ramadhan, yang kali ini khusus penulis bahas untuk sobat campusnesia yang masih pelajar dan mahasiswa, apa saja? yuk simak.

1. Tarhib Ramadhan
Tarhib artinya menyambut, dalam menyambut ramadhan acara tarhib identik dengan pengajian atau kajian. Nah di sini sobat campusnesia bisa belajar tentang tema-tema persiapan ramdahan, serta meperbarahui semangat dan ruh untuk memasuki bulan yang penuh pahala.

2. Pesantren Kilat
Biasanya diadakan untuk pelajar dari SD sampai SMA, gunakan waktu yang benar-benar kilat ini untuk belajar banyak tentang agama islam, biasanya ada penceramah ustad serta kegiatan buka bersama dan tarawih sera tadarus.

3. TPQ Ramadhan
Ini buat adik-adik, walau dibanyak masjid TPQ adalah keiatan rutin tetapi ada juga yang tpq nya hanya saat ramadhan, its okey buat adik-adeik ayo pada ikut belajar membaca dan menulis al qur'an serta belajar tentang pengetahuan agama dari guru ngajinya.

4. Kajian Buka Puasa
Untuk umum, dan hampir di setiap masjid ada, sembari menunggu waktu berbuka ada kajian yang di isi oleh ustad atau ustadzah. jangan pulang dulu sekalian berbuka dan sholat magrib berjamaah.

5. Muqoyam Qur'an
Tidak semua masjid mengadakan tetapi ini bagus, semacam kelas intensif selama beberapa hari sampai 1 minggu, khusus belajar dan menghafal serta muraja'ah atau setoran hafalan. dengan mengikuti muqoyam quran sobat bisa lebih fokus dalam menghafal qur'an arena biasanya menginap di masjid.menyengaja meninggalkan aktifitas harian sesaat agar lebih fokus belajar

6. I'tikaf
Cecara harfiah bermakna berdiam diri di masjid selama 10 hari terkahir ramadhan. biasanya akan diisi dengan berbagai acara yang prodktif dan penuh ilmu, mulai dari tarawih jamaah, kultum, sholat malam, sahur bersama kajian serta tilawah qur'an. oh ya kalau dihari biasa maksimal 3 kali qatam qur'an di bulan ramadhan ini bebas lho mau qatam berapa kali selama sebulan. 

Demikian sobat campusnesia, 6 kegaiatan penuh ilmu di bulan ramadhan. apa kegiatanmu ramadhan ini? share di kolom komentar ya. sampai jumpa salam pestatif.

penulis: Nandar
foto     : flicker

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor