Daftar Perusahaan Developer Game yang Mendunia HoYoverse, Moonton dan Tencent Games

 



Campusnesia.co.id - Perkembangan dunia game sudah sangat pesat, kini tidak hanya didominasi oleh perusahaan developer dari Jepang, Amerika atau Eropa, tapi negara asia seperti China sudah sangat maju dan mewarnai persaingan game di dunia.

Lewat postingan kali ini yuk kita bahas tentang Daftar Perusahaan Developer Game yang Mendunia  HoYoverse, Moonton dan Tencent Games.



1. miHoYo
miHoYo Co., Ltd. (Hanzi: 米哈游; Pinyin: Mǐhāyóu; berganti nama di luar Tiongkok sebagai HoYoverse sejak 15 Februari 2022) adalah sebuah perusahaan studio animasi dan pengembang permainan video yang berbasis di Shanghai, Tiongkok. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh tiga mahasiswa dari Universitas Jiao Tong Shanghai dan, hingga 2022, memperkerjakan lebih dari 4.000 orang.

Perusahaan ini adalah pencipta permainan Genshin Impact, sebuah permainan bermain peran aksi dunia terbuka yang dirilis pada tahun 2020, dan salah satu gim telepon seluler terlaris. miHoYo juga telah mengembangkan game Houkai Gakuen 2 (juga dikenal sebagai Guns Girl Z) dan Honkai Impact 3rd, selain itu juga mengembangkan platform media sosial HoYoLAB untuk konten terkait.

miHoYo juga beroperasi dalam dua perusahaan lain: Shanghai miHoYo Phantom Iron Technology Company Limited (Hanzi: 上海米哈游影铁科技有限公司), yang mengelola situs web, periklanan, publikasi, perizinan, telekomunikasi, dan Shanghai miHoYo Schicksal Technology Company Limited (Hanzi: 上海米哈游天命科技有限公司). Kedua nama perusahaan ini mengacu pada game mereka sendiri, Honkai Impact 3rd. Anak perusahaannya Cognosphere Pte. Ltd., yang berbasis di Singapura dan menjalankan bisnis sebagai HoYoverse, mengelola semua operasi global miHoYo di luar Tiongkok sejak 15 Februari 2022.


Sejarah miHoYo
Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh tiga mahasiswa dari Universitas Jiao Tong Shanghai yang memutuskan untuk mengembangkan permainan berdasarkan kecintaan mereka terhadap anime. Salah satu permainan mereka adalah Guns Girl yang dirilis pada 2014. Sejak saat itu, perusahaan ini merilis beberapa permainan video yang bertemakan anime dan berfokus dalam platform telepon seluler.



2. Moonton
Shanghai Moonton Technology Co. Ltd. sebelumnya bernama YoungJoy Technology Pte. Ltd. adalah sebuah pengembang dan penerbit permainan video yang berkantor pusat di Shanghai, Tiongkok. Didirikan pada bulan April 2014, perusahaan ini terkenal berkat permainan multiplayer online battle arena (MOBA) Mobile Legends: Bang Bang yang mereka luncurkan pada bulan Juli 2016. Pada tanggal 22 Maret 2021, ByteDance resmi mengakuisisi Moonton dengan harga US$4 milyar.


Sejarah Moonton
Moonton didirikan pada bulan April 2014 di Distrik Minhang, Shanghai, Tiongkok oleh Justin Yuan dan Watson Xu Zhenhua, yang saat ini sama-sama menjadi CEO Moonton.

Pada tanggal 6 April 2015, perusahaan ini meluncurkan permainan video pertamanya, yakni permainan pertahanan menara berjudul Magic Rush: Heroes. Setelah selesai mengembangkan permainan video tersebut, Moonton mengembangkan sebuah permainan multiplayer online battle arena (MOBA) yang kemudian diberi nama Mobile Legends.

Mobile Legends diluncurkan secara beta di Brazil oleh Moonton dengan subjudul "5v5 MOBA" pada tanggal 14 Juli 2016, dan kemudian diluncurkan secara global pada bulan November 2016 (kecuali di Tiongkok). Mobile Legends pun sangat populer di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Filipina, di mana permainan ini menjadi permainan gratis yang paling banyak diunduh oleh pengguna iPhone pada tahun 2017. Permainan ini didistribusikan oleh Elex Tech di Amerika Serikat.

Setelah diluncurkan, Riot Games menduga bahwa Mobile Legends meniru kekayaan intelektual dari League of Legends, dan meminta Google untuk menghapus permainan tersebut dari Google Play serta App Store. Moonton lalu menghapus permainan tersebut sebelum Google menghapusnya, dan kemudian meluncurkannya kembali dengan nama Mobile Legends: Bang Bang pada tanggal 9 November 2016.

Pada bulan Juli 2017, Riot Games mengajukan tuntutan kepada Moonton atas tuduhan pelanggaran hak cipta, karena ada kemiripan antara Magic Rush dan Mobile Legends dengan League of Legends. Tuntutan tersebut akhirnya ditolak oleh Pengadilan Distrik Califoria Tengah dengan alasan forum non conveniens.

Kemudian, Tencent, induk Riot Games, mengajukan tuntutan baru yang ditujukan kepada CEO Moonton, Watson Xu Zhenhua (yang sebelumnya bekerja di Tencent sebagai salah satu pegawai senior) di Pengadilan Menengah Rakyat Shanghai No.1, atas tuduhan melanggar hukum yang terkait dengan Perjanjian Non-Kompetisi. Pengadilan kemudian mengabulkan tuntutan Tencent pada bulan Juli 2018, dan Tencent pun mendapat ganti rugi sebesar US$2,9 juta (RMB19,4 juta).

Pada tanggal 22 Maret 2021, pengembang TikTok, BABE, Resso dan Lark, ByteDance mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Moonton melalui anak usahanya, Nuverse dengan harga diperkirakan sekitar $4 milyar. Tencent diberitakan juga mengajukan tawaran untuk mengakuisisi Moonton, namun akhirnya dikalahkan oleh ByteDance.



3. Tencent Games
Tencent Games (Hanzi: 腾讯游戏; Pinyin: Téngxùn Yóuxì) adalah divisi dari Tencent Interactive Entertainment (yang juga merupakan divisi dari Tencent Holdings) yang bertugas menerbitkan permainan video. Divisi ini memiliki lima kelompok studio internal, TiMi Studio Group salah satu di antaranya. Tencent Games didirikan tahun 2003 dan berfokus pada permainan daring.





===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon