Rekomendasi 10 Film Survival yang Mengajarkan Semangat Pantang Menyerah

 



Campusnesia.co.id - Bertahan hidup adalah naluri manusia ketika dalam keadaan terjepit. Putus asa dan hasrat ingin meyerah menjadi tantangan psikologis yang pasti akan menerpa, maka menjaga semangat untuk tetap berjuangan dan pantang menyerah adalah kunci, minimal bertahan aja dulu.

Dalam dunia sinematografi, tema-tema survival sering diangkat sebagai tema yang disajikan dengan apik penuh ketegangan. Beberapa diantaranya bahkan diangkat dari kisah nyata sebagai penghargaan atas peristiwa yang pernah terjadi dan penghargaan terhdapat mereka yang telah berjuang.

Dari film-film bertema survival kita juga bisa memetik pelajaran tentang semangat pantang menyerah, tetap berjuang meski serasa hidup sudah di ujung tanduk. Pada kisah-kisah based true story mustinya bisa jadi alasan agar semakin bersyukur dengan kehidupan yang sedang kita jalani dan lebih berempati pada mereka yang berjuang.

Untuk sobat Campusnesia berikut kami hadirkan rekomendasi 10 film bertema survival yang cocok ditonton di akhir pekan, apa saja? ini daftarnya.

1. The Tunnel 2016 

Bayangkan kamu sedang berkendara masuk jalan terowongan, tiba-tiba terowongan itu roboh dan menimpa mobilmu. Itulah gambaran film asal korea berjudul The Tunnel ini, rilis pada tahun 2016 dibintangi oleh Ha Jung-woo sebagai Lee Jung-soo seorang sales mobil yang terjebak di reruntuhan terowongan selama 39 hari  dan Bae Doona sebagai  Se-hyun sang istri.

Sepanjang 127 menit kita akan disajikan adegan Lee Jung Soo yang bertahan hidup di dalam mobil hanya dengan 2 botol air meneral dan kue ulang tahun anaknya serta upaya Dae-kyung ketua SAR yang diperankan oleh Oh Dal-su. 

Tensi yang dihadirkan memang lambat, namun menegangkan penonton berhasil dibuat kehilangan harapan walau akhirnya kita tahu pasti happy ending. Rekomended.

2. 127 Hours 2010

Diangkat dari kisah nyata 126 Hours adalah film yang disutradarai oleh Danny Boyle naskah film ini ditulis oleh Danny Boyle dan Simon Beaufoy berdasarkan buku Between a Rock and a Hard Place karya Aron Ralston. Film ini dibintangi oleh James Franco, Kate Mara dan Amber Tamblyn.

Relate dengan hobi yang akhir-akhir ini populer yaitu naik sepeda, bedanya Aron Ralston diperankan oleh james Fanco suka bersepeda down hill diantara bukit dan jurang hingga suatu hari terpeleset dan secara dramatis tangannya terjepit diantara 2 batu besar dan tak dapat dikeluarkan.

Berlatar di Taman Nasional Canyonlands, Utah, Aron harus bertahan hidup sendirian selama 127 jam atau 5,3 hari dengan tangan terjepit. Ada adegan agak gore dimana Aron akhirnya mengambil tindakan nekat agar bisa keluar dari himpitan batu besar, nonton saja alur lambat dan bisa jadi membosankan namun tetap menegangkan.


3. Life of Pi 2012

Pi seorang pemuda asal asal india suatu hari bersama kakak, ibu dan ayahnya sedang dalam perjalana ke Canada menggunakan kapal untuk menjual koleksi hewan dari kebun binatang ayahnya yang hendak bangkrut.

Naas, kapal yang mereka tumpangi diterjang badai, Pi berhasil menyelatkan diri naik ke sekoci bersama dengan zebra, orang utan, dan hyena.

Semua menjadi menegangkan ketika seekor harimau benggala bernama Richard Parker bergabung. Sepanjang 127 menit kita akan disajikan bagaimana perjuangan Pi diperankan oleh Suraj Sharma terdampar di samudera antah barantah bersama hewan buas. 

Grafis yang disajikan juga sangat apik dan memanjakan mata, sisi survival, drama dan ketegangan diracik dengan presisi sehingga walau tidak banyak adegan percakapan karena mayoritas ada di tengah lautan tetap asyik dinikmati hingga selesai.


4. The Martian 2015

Kalau kamu ketinggalan rombongan saat piknik atau jalan-jalan mungkin menjengkelkan, tapi tunggu dulu coba imajinasikan kamu ketinggalan rombongan dan tinggal sendirian di Mars. Iya kamu tidak salah baca, Mars planet yang katanya berwarna merah dan konon bisa jadi bumi alternatif bagi manusia.

Itulah yang dialami oleh Mark Watney dierankan oleh Matt Damon, Film The Martian menceritakan perjuangannya bertahan hidup di planet Mars, mencoba menghubungi manusia di bumi dan menunggu regu peneyelamat datang. Diangkat dari novel laris The Martian karya Andy Weir, sutradara  Ridley Scott  berhasil membawa ketegangan dalam ketenangan dan kehampaan planet Mars, dengan durasi 141 menit cocok ditonton sebagai hiburan saat liburan.


5. The Revenant 2015

Film yang akhirya membawa Leonardo DiCaprio  ke podium Oscar sebagai pemeran terbaik setelah menantikannya selama puluhan tahun. 

Bersetting pada tahun 1823, Hugh Glass (Leonardo DiCaprio) adaah pemburu beruang grizzly untuk diambil kulitnya. Pekerjaannya semakin berbahaya dan tidak mudah ketika diserang oleh seekor beruang buruannya hingga nyaris mati. Ditambah perseteruan dengan temanya John Fitzgerald diperankan oleh Tom Hardy dan ancaman serangan dari suku Arikara.

Selain berhasil membawa Leonardo DiCaprio sebagai aktor terbaik dalam ajang Oscar, film Survival The Revenant juga berhasil menyabet kategori Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik dan  Aktor Pendukung Terbaik. 

Intens, Tegang, Mencekam dan kasihan itulah gambaran film The Revenant, seru sebagai tontonan.


6. Survival Family 2016

Pada 4 Agustus 2019 silam, jakarta dan sebagian pulau jawa mengalami peristiwa Blackout mati lampu dalam cakupan wilayah yang luas, walau hanya beberapa jam tapi membuat panik banyak orang karena banyak aktivitas warga terganggu, belum lagi beberapa sektor yang penting seperti KRL, MRT, Internet, Rumah Sakit, Bank dll.

Apa yang terjadi jika hal serupa menimpa sebuah kota dalam hitungan ratusan hari? awalnya warga masih biasa saja dan berusaha hidup seadanya. Namun ketika berhari-hari listrik tak kunjung menyala yang terjadi adalah Chaos, orang berebut kebutuhan pokok hingga uang tak lagi berharga sebagai alat transaksi.

Ternyata yang mati bukan hanya listrik, namun semua alat elektronik yang memiliki chip juga mengalami hal yang sama, tidak berfungsi.

Sebuah keluarga yang terdiri dari Fumiyo Kohinata, Eri Fukatsu, Yuki Izumisawa, Wakana Aoi memutuskan untuk kembali ke desa dengan mengayuh sepeda.

Disutradarai oleh Shinobu Yaguchi, Survival Family film asal Jepang ini mengajarkan bahwa kita tidak boleh bergantung pada teknologi yang serba mudah, andai boom semua teknologi itu mati kita tidak bisa hidup lagi, oleh karena itu harus siap bertahan dengan hidup apa adanya. Film yang juga terpilih untuk Festival & Penghargaan Film Internasional di Macao ini juga banyak mengetengahkan pelajaran kebersamaan dalam keluarga.



7. The 33 2015

Berdasar kejadian nyata Kecelakaan pertambangan Copiapó 2010 terjadi pada 5 Agustus 2010, ketika tambang tembaga-emas San José dekat Copiapó, Chili runtuh, menjebak 33 pria di bawah tanah. Para penambang bertahan di bawah tanah selama 69 hari. Seluruh 33 penambang diselamatkan dan dibawa ke permukaan pada 13 Oktober 2010, dengan penambang pertama keluar dari kapsul penyelamat Phoenix (Fénix 2) pukul 00.10 CLDT dan penambang terakhir keluar pada pukul 21.55 CLDT.

Diperankan oleh Antonio Banderas, Rodrigo Santoro, Juliette Binoche James Brolin dll dengan sutradara Patricia Riggen berdurasi 127 menit. misi penyelamatan yang menegangkan, seru dan haru biru.


8. Jungle 2017

Jungle adalah sebuah film drama survival biografi Australia tahun 2017, berdasarkan pada kisah nyata perjalanan tahun 1981 petualang Israel Yossi Ghinsberg ke hutan hujan Amazon. 

Hutan yang lebat, penuh binatang yang liar dan medan berbahaya ditampilkan dengan nyata, belum lagi tantangan psikologis yang Yossi alami hingga seakan ia merasa gila dan hampir putus asa sebelum akhirnya tim penyelamat datang.

Disutradarai oleh Greg McLean dan ditulis oleh Justin Monjo, film tersebut menampilkan Daniel Radcliffe sebagai Ghinsberg, dengan Alex Russell, Thomas Kretschmann, Yasmin Kassim, Joel Jackson, dan Jacek Koman dalam peran-peran pendukung. Film tersebut dirilis di Australia pada 9 November 2017 berdurasi 115 menit.



9. Sanctum 2011

Mengangkat tema film survival bencana 3D, Sanctum yang rilis pada tahun 2011 adalah film garapan Alister Grierson dan ditulis oleh John Garvin dan Andrew Wight. 

Film tersebut dibintangi oleh Richard Roxburgh, Rhys Wakefield, Alice Parkinson, Dan Wyllie, dan Ioan Gruffudd.

Mengisahkan ekspedisi penjelajahan goa Esa’ala Cave di Papua Nugini, goa yang dijelajahi ini termasuk goa underwater, yang pada proses ekplorasinya tidak hanya membutuhkan perlengkapan caving standar, namun juga mengharuskan para penjelajahnya juga memiliki peralatan dan kemampuan diving, alias menyelam. 

Esa’ala Cave adalah sebuah liang goa besar, yang menurut prediksi dan perkiraan para ekplorer mempunyai sebuah jalur yang tembus hingga ke laut, namun hingga beberapa kali ekplorasi jalur tersebut belum ditemukan. 

Dan inilah tujuan salah ekspedisi yang diceritakan dalam film ini Sanctum ini, untuk menemukan jalur yang benar menuju samudra, di antara banyaknya labirin gua yang dengan mudah dapat mengecoh banyak cavers.



10. Cast Away 2000

Cast Away adalah film drama petualangan romantis Amerika Serikat tahun 2000 yang disutradarai oleh Robert Zemeckis dan diproduseri oleh Tom Hanks, Jack Rapke, Steve Starkey dan Robert Zemeckis. Naskah film ini ditulis oleh William Broyles Jr. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks dan Helen Hunt.

Film Cast Away ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 7 Desember 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Desember 2000. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Tom Hank berperan sebagai Chuck Noland pegawai FedEx yang harus melakukan perjalanan untuk memecahkan masalah produktivitas di gudang. pada Desember 1995 Chuck dipanggil untuk menyelesaikan masalah di Malaysia. Ketika ia terbang melewati badai yang dahsyat, pesawatnya jatuh di Samudera Pasifik. 

Chuck selamat dari pesawat yang tenggelam, tetapi ia kehilangan pemancar lokasi darurat. Ia mengapung sepanjang malam sebelum ia terdampar di sebuah pulau. Setelah ia bangun, Chuck menjelajahi pulau dan mengetahui bahwa pulau itu tidak berpenghuni.

Empat tahun kemudian, Chuck telah beradaptasi dengan kondisi hidup pulau yang tidak seberapa, setelah menjadi mahir menangkap ikan dan hidup dengan berburu dan meramu. Hingga pada akhirnya sebuah kapal kargo yang melintas menemukan Chuck dan menyelamatkanya.

Tak terbayangkan, hidup sendiri di sebuah pulau selama 4 tahun, setiap hari mencoba mencari cara agar orang tahu keberadaanya dan berharap diselamatkan. Sungguh film yang mengajarkan semangat pantang menyerah dan kegigihan.

Itu tadi sobat Campusnesia, Rekomendasi 10 FIlm Survival yang Mengajarkan Semangat Pantang Menyerah, penulis pastikan sudah nonton semua jadi rekomendasi ini valid bukan sekedar copy paste dari artikel lain di internet. 

Akan diupdate jika ada film lain yang bertema survival yang menarik dan inspiratif, dari sekian judul di atas nama saja yang sudah kalian tonton? ada yang kalian favoritkan? jangan lupa share di kolom komentar ya, sampai jumpa.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »