Review Film Perang 1917, Film dan Sutradara Terbaik Golden Globe 2020



Campusnesia.co.id -- Film bertema perang selalu punya daya tarik sendiri untuk diikuti, apalagi jika kisah yang diangkat berdasar kisah nyata, beberapa judul favorit saya misal Dunkrik, Fury, Saving Private Ryan dan Pearl Harbor. Januari ini kita kedatangan film baru yang sudah memenangi 2 penghargaan Golden Globe 2019 kategori Film Terbaik dan Sutradara FIlm Terbaik yaitu Sam Mendes.

1917 adalah film drama perang Britania Raya duduk sebagai sutrada Sam Mendes yang juga sutradara Film James Bond Skyfall sedangkan produsernya Pippa Harris, Callum McDougall, Sam Mendes, Brian Oliver dan Jayne-Ann Tenggren. Naskah film ini ditulis oleh Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns. Film ini dibintangi oleh George MacKay, Dean-Charles Chapman, Mark Strong, Andrew Scott, Richard Madden, Colin Firth, Benedict Cumberbatch dan Claire Duburcq.

ads

Film ini ditayangkan secara perdana di Royal Film Performance pada tanggal 4 Desember 2019 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2019 dan di Britania Raya pada tanggal 10 Januari 2020, untuk di Indonesia tayang pada 18 Januari 2020.

Sinopsis
Pada puncak Perang Dunia I selama musim semi tahun 1917 di Prancis utara, dua tentara muda Britania Raya, Schofield (George MacKay) dan Blake (Dean-Charles Chapman), diberikan misi yang tampaknya mustahil untuk menyampaikan pesan berisi peringatan akan terjadi penyergapan dalam salah satu pertempuran segera setelah pasukan Jerman mundur ke Garis Hindenburg dalam Operasi Alberich. Mereka berdua bergegas melawan waktu, melintasi wilayah musuh untuk menyampaikan peringatan dan menjaga satu batalion Britania Raya yang terdiri dari 1.600 tentara, termasuk saudara Blake sendiri, agar tidak masuk ke dalam jebakan maut. Mereka berdua harus memberikan segalanya untuk menyelesaikan misi mereka dengan selamat dari perang untuk mengakhiri semua perang.

Pemeran
George MacKay sebagai Kopral Schofield
Dean-Charles Chapman sebagai Kopral Blake
Andrew Scott sebagai Letnan Leslie
Richard Madden sebagai Letnan Blake
Colin Firth sebagai Jendral Erinmore
Benedict Cumberbatch sebagai Kolonel Mackenzie

Review
Di tengah banyaknya film drama dan aksi di tahun 2019, film 1917 membawa kesegaran baru, dengan premis yang sangat sederhana, dua orang tentara yang juga sahabat mendapat tugas menyampaikan pesan kepada seorang kolonel di garis depan pertempuran agar membatalkan serangan karena disinyalir sebagai sebuah jebakan. 

Tujuannya jelas, menyelamatkan banyak nyama, jadi walau misinya sederhana tapi tanggung jawabnya berat ribuan nyawa taruhannya.

Sam Mendes membawa hal baru juga dari sisi sinematografi, dengan One Tae Shot selama proses produksi, teknik pengambilan gambar ini berhasil membuat suasana semakin believeable dan gaya kamera yang mengikuti pergerakan aktor utama menjadikan kita bisa merasakan seakan berada dalam situasi yang sama dengan para aktornya.

Pencahayaan yang digunakanpun sangat menarik, apalagi di tempat-tempat yang gelap dan secara natural mennggunakan cahaya alami dari sekitar, misal cahaya Flare saat direruntuhan, cahaya senter saat di terowongan.

Akting George MacKay sebagai Kopral Schofield dan Dean-Charles Chapman sebagai Kopral Blake tokoh utama dalam film ini sangat bagus, dua sahabat yang tak terpisahkan, Blake yang tak pikir panjang demi tugas menyelamatkan saudaranya dan Schofield yang tak tega membiarkan sahabatnya pergi sendiri menyampaikan pesan.

Secara keseluruhan sangat asyik untuk ditonton, saya beri skor 8/10 untuk semua aspeknya. Selamat menonton.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »