Review Film Dokumenter The Great Hack: Yakin Data Pribadi Kita Aman?

11:41:00 PM


Campusnesia.co.id -- Tanggal 24 Juli 2019 yang lalu, Netflix kembali merilis sebuah film dokumenter yang sangat menarik bertema teknologi dan isu privasi data, film dokumenter ini berjudul The Great Hack, karya sutradara Jehane Noujaim dan Karim Amer durasinya 113 menit juga pernah tayang di Sundance Film Festival.

Dokumenter ini bercerita tentang skandal perusahaan Cambridge Analytica yang diduga berperan besar dalam kemengan kampanye presiden Donald Trump di Amerika Serikat dan referendum Brexit di Inggris. 

5 Pelajaran Penting dari Film The Great Hack

1. Privasi Data
Selama ini mungkin kita merasa aman saja bersosial media, berbagi berbagai informasi dari  yang tidak penting banget (menurut kita) hingga yang sifatnya penting dan rahasia. The Great Hack memberi gambaran bahwa ada pihak yang dengan sengaja "memanen" data kita tadi, dikumpulkan, di analisis dan digunakan untuk berbagai kepentingan, dari sekedar promosi produk hingga yang ditampilkan dalam film ini untuk kepentingan politik.

2.Rekayasa Sosial
Data yang diambil dari sosial media, dalam film ini disebutkan dari Facebook kemudian di analisis tentang kebiasaan, makanan minuman dan hal-hal yang kita sukai hingga preferensi politik dan idealisme kita. 

Dalam dokumenter ini, kita disuguhkan profiling berdara data-data yang diambil bisa mengubah hasil dari sebuah pemilu di amerika, jajak pendapat brexit di inggris, pemilu di brazil dan bernturan dua kelompok sosial yang saling bertentangan "hanya" gara-gara konten-konten dan grup-grup facebook yang sengaja dibuat oleh sekelompok orang tertentu. Ngeri

Saya jadi berfikir, polarisasi politik dan terbelahnya masyarakat Indonesia selama pilkada dan pilpres kemarin juga hasil dari kerjaan orang-orang tertentu yang sengaja bertujuan menggiring hasil tertentu. 

Mark Zuckerberg -Facebook di sidang parlemen Inggris


3. Privasi Data adalah Hak Asasi
Walau kita gratis menggunakan sosial media, tidak semestinya kita jadi abai dengan penyalahgunaan data pribadi kita. Kerahasiaan data pribadi kita jadi hak asasi yang tidak boleh dilanggar, sekalipun oleh penyedia layanan sosial media misalnya, dan ini harus diperjuangkan.

4. Selektif dalam menginstal aplikasi
Di era gadget yang semakin canggih dan hampir setiap hari lahir berbagai aplikasi menarik, kita harus selektif sebelum mengunduh dan menginstalnya, pastikan membaca semua "
sayarat dan ketentuan" sebelum menyetujui, sebaiknya hindari aplikasi atau sosial media yang mensyaratkan ijin mengakses data kontak, pesan pribadi dan data penting lainnya di gadget kita.

5. Saring sebelum Sharing
Pikirkan setidaknya 3 kali, sebelum mem-posting apapun di sosial media, apalagi hal-hal yang penting dan sensitif. Demikian juga ketika melihat postingan yang sensitif, pastikan cek fakta dan info tambahan sebelum ikut memberikan Like, Komen atau bahkan Share. Waspadai akun-akun anonim dan bersponsor dengan postingan yang sensitif, bisa jadi kita sedang mejadi target dalam suatu propaganda atau kampanye tertentu.

Langsung tonton saja sobat Campusnesia, jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar, sampai jupa.

penulis: Nandar
sumber; Tirto.id dan lain-lain

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »