Nikmatnya Soto Kemiri, Another Kuliner khas Pati

10:11:00 AM



Campusnesia.co.id -- Sobat, bicara kuliner tidak akan ada habisnya kali ini redaksi akan membahas tentang soto. Hampir setiap daerah di jawa tengah punya soto yang khas. Sebut saja soto kudus yang terkenal dengan nama soto kudus soto daging kerbau. Lho gak ada yang soto ayam atau daging sapi? sekarang ada tetapi sejarahnya di masa kerajaan hanya ada soto daging kerbau ini bagian dari kearifan lokal dimana mayoritas masyarakat kudus kala itu beragama hindu dan sapi adalah hewan yang diistimewakan. Keren yo bab toleransinya.



Nah ngomongin soto, Kota pati tercinta juga punya yang khas, namanya Soto Kemiri. Ada dua versi literasi yang mengatakan asal-usul soto kemiri ini. Yang pertama karena slah satu komponen bahan bakunya adalah Kemiri dan yang kedua adalah soto ini berasal dari daerah kemiri. Salah satu desa di Pati. Ini mirip dengan nama Sego Gandul yang identik dengan Gajah Mati.

Apa yang membedakan soto kemiri dan soto daerah lain? sekilas sama saja ada nasi, kuah santan kekuningan, toge dan bawang goreng. Tetapi jangan kaget saat kamu ngubek-ngubek sotonya kok gak ada suwiran daging ayam atau daging sapi. Karena soto kemiri lauknya ayam utuh yang terpisah.



Selain itu ada tambahan kemiri yang membuat cita rasanya semakin gurih. Kalau sedang melewati pati sempatkan makan another kuliner khas pati ini. Makanan yang disajikan dalam mangkok dengan perbanadingan antara nasi dan kuah yang lebih banyak kuah ini sangat ramah kantong.

Yo wis ngono ndisik lur, salam sego gandul.

Artikel ini telah tayang di Cahpati.id dengan judul "Nikmatnya Soto Kemiri, Another Kuliner khas Pati"
penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »