Liputan: Serunya Petualangan Impian di Museum 3D Art bersama Rubbik dan Kurir Buku

2:39:00 PM




Campusnesia.co.id -- Semarang 18 Maret 2018 -- Hai sobat Campusnesia, berjumpa lagi di kolom liputan, kali ini penulis ingin berbagi tentang pengalaman serunya acara "Petualangan Impian" sebuah acara wisata edukasi yang digagas oleg komunitas literasi Kurir Buku bekerjasama dengan komunitas belajar Rubbik Semarang.

Acara dilaksanakan di Dream Museum Zone (DMZ) semarang yang berkonsep wisata foto D3 Art. Berlokasi di kawasan wisata kota lama Semarang.

Acara ini diikuti setidaknya 50 anak peserta didik dari Rubbik semarang, dari yang masih usia 3  hingga 6 tahun baik yang sudah sekolah maupun belum. Menurut ibu Keyko dan Ibu Tanti  salah satu penggerak dan penggagas rubbik, komunitas belajar ini sudah berjalan sekitar 3-4 tahun. Berlatar belakang dari keprihatinan terhadap anak-anak yang tidak sekolah dan kurangnya kepedulian akan pendidikan dari orang tua di sekitar tempat tinggalnya.

"Acara Petualangn Impian ini sendiri digagas dengan tujuan Memberi inspirasi dan motivasi anak-anak untuk berani memiliki impian besar" demikian ungkap Riyan ketua pelaksana kegiatan ini dan perwakilan dari komunitas Kurir Buku yang baru berdiri akhir tahun 2017 kemarin. Walau secara organisasi usianya masih muda tetapi jaringannya sudah ada di berbagai daerah di indonesia dengan fokus dalam kegiatan kampanye literasi dan taman baca.



Selama dua jam lebih anak-anak di ajak berkeliling museum yang juga baru buka desember 2017 kemarin, ada 12 ruangan dengan koleksi 120 lukisan 3D art yang menakjubkan. Anak-anak terlihat gembira sekali, selain berfoto ria para kakak pendamping dari berbagai komunitas yang hari ini berkolaborasi juga sembari menjelaskan tentang makna-makna lukisan yang ada. Abid, Aan dan Iqbal mengaku Senang sekali di ajak dalam acara ini, selain rekreasi juga bisa belajar dan bermain bersama teman-temanya yang banyak, demikian ungkap ketiga peserta putra  saat ditanya penulis.

Tempel Impianmu


Selepas istirahat makan siang, acara dilanjutkan dengan sesi motivasi dari panitia untuk para peserta. Bernyayi dan sesi menuliskan cita-cita dan impian. Sebagai informasi ada beberapa peserta yang berlatar belakang kurang beruntung dengan acara ini panitia igin menunjukkan bahwa tidak peduli latar belakang dan siapa orang tua mereka, sebagai anak harus berani bermimpi dan bercita-cita setinggi apapun, bedoa dan berusaha untuk menggapainya.

Puluhan lembar kertas berisi impian anak-anak dan para relawan dari berbgai komunitas ini selajnjutnya satu-persatu ditempel di mading impian dengan didahului doa agar impain dan cita--cita yag dituliskan dimudahkan dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Najwa, Bella dan Okta peserta putri menuliskan impian yang berbeda misalnya ingin menjadi Dokter, ingin ke luar negeri, ingin menjadi pilot, ingin menjadi polisi dan lain-lain.

Secara keseluirahan acara berlansung seru dan lancar, "Kesukseesan acara ini tak terlepas peran serta dari para relawan dan panitia dari berbagai komunitas di semarang dan dukungan sponsorship misalnya DMZ, Rumah Makan Nyampleng, percetakan Loetju.com , Kata Hati institut, FSM, MTPD, Alfa Neutron dan Campusnesia.co.id sebagai media partner" ungkap Haning penangjgung jawab Sponsorship.

Nah seru kan sobat campusnesia, walau hari libur tetapi bisa juga di isi dengan aktifitas yang bermanfaat seperti di atas, kalau kalian apa agenda bermanfaat hari minggu ini? share di kolom komentar ya. Sampai jumpa semoga bermanfaat.

Foto: Huda
Penulis: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »