Review dan Penjelasan Ending Series Netflix Nightmares and Daydreams Besutan Joko Anwar

 



Campusnesia.co.id - Sukses dengan film terbarunya berjudul Siksa Kubur, sutradara Joko Anwar kembali menyajikan karya untuk para penonton dalam bentuk series berjudul Nightmares and Daydreams. Series ini akan tayang di Netflix mulai tanggal 14 Juni 2024 berjumlah 7 episode dan akan direlease secara bersamaan sehingga bisa ditonton secara marathon.

Berbeda dengan beberapa film sebelumnya yang mengangkat horor dengan embel-embel hantu, dalam series ini Joko Anwar akan mengangkat tema alien dan science fiction.

Dalam wawancara bersama Putri Tanjung di acara Bincang Sore Semaunya, Joko Anwar menceritakan sepertinya waktu kecil ia pernah bertemu dengan alien.

Setidaknya ada 65 aktor dan aktris yang akan tampil dalam series ini diluar ekstras, artinya bakal banyak wajah familiar yang bisa kita temukan sebagai sebuat kejutan.

Joko Anwar memberikan sedikit bocoran bahwa Series Netflix Nightmares and Daydreams akan mengungkap spesies selain manusia yang sudah eksis di dunia dan hidup diantara kita.

Makin bikin penasaran melihat perjuangan para kru dan pemain yang sudah dirintis sejak tahun 2022 atau dalam dua tahun kerja.


Sinopsis Series Netflix Nightmares and Daydreams
Series ini akan menceritakan kisah-kisah berbeda namun saling terkait dari dunia fiksi ilmiah dan alam gaib dalam tujuh episodenya masing-masing, berlatar tahun 1985 hingga 2023. 

Dalam cerita-cerita yang diselingi kejadian-kejadian aneh dan tak bisa dijelaskan serta sentuhan horor ini, fokusnya adalah pada orang-orang dari semua lapisan masyarakat dan dengan latar belakang yang sangat beragam. Pada akhirnya, semua cerita berujung pada sebuah grand final yang akan berdampak menentukan nasib umat manusia.


Poster Series Netflix Nightmares and Daydreams





Pemeran series Netflix Nightmares and Daydreams

Fachry Albar

Ario Bayu

Marissa Anita

Lukman Sardi

Nirina Zubir

Yoga Pratama

Kiki Narendra

Sita Nursanti

Asmara Abigail




Review dan Penjelasan Ending Series Netflix Nightmares and Daydreams Besutan Joko Anwar

(Spoiler Alert!)
Review di bawah ini akan mengandung spoiler akut, jadi bagi yang belum nonton dan gak mau kena spoiler harap dengan bijak untuk tidak menlanjutkan membaca.

1. Chapter 1 OLD HOUSE


Episode pertama ini membuka sebuah misteri baru tentang adanya makhluk dari bawah tanah yang selama ini sudah eksis diantara manusia. Selain menjelaskan keberadaan makhluk yang bakal jadi musuh besar, episode awal ini berhasil menyoroti hal-hal yang terjadi di masyarakat bahkan baru-baru ini memicu perdebatan setelah tayangnya film How to Make Millions Before Grandma Dies tentang debat moral menitipkan orang tua di panti jompo.


2. Chapter 2 THE ORPHAN

Episode kedua ini juga disajikan sangat bagus dengan akting Nirina Zubir dan Yoga Pratama, memotret fenomena di masyarakat dimana ada saja manusia yang ingin kaya dengan cara instan lewat jalur so called "Pesugihan". Bedanya kalau pendekatan film lain lewat mistis dengan unsur setan atau jin, pesugihan di sini masih berhubungan dengan episode pertama, cluenya pada saat Syafin si anak ajaib bersalaman perhatikan jumlah jarinya, sama dengan tangan yang keluar di sisa-sisa kebakaran di akhir episode 1.



3. Chapter 3 POEMS AND PAINS

Episode ketiga ini paling solid menurut saya, akting Marissa Anita bagus banget, secara logika juga bisa dipahami dengan baik koneksi antara dua saudari kembar, sudah banyak film yang mengangkat kisah ini. Namun koneksi antara dua saudara kembar di series Nightmares and Daydreams ini berhasil digunakan dengan sangat baik.

Kembali lagi clue tentang entitas dari bawah bumi dimunculkan, kini diberikan bocoran yang sangat menarik yaitu tentang Agartha. 

Agartha diyakini sebagai kota atau kerajaan di dalam bumi yang dihuni makhluk asing dengan peradaban maju. Kisah legenda ini muncul sejak zaman dulu. Sebab, orang zaman dulu percaya Bumi ini kopong dan di dalamnya terdapat orang-orang dengan ras sempurna dengan kehidupan yang lebih harmonis.



4. Chapter 4 THE ENCOUNTER


Tokoh yang ita-itu bernama Wahyu diperankan oleh Lukman Sardi bakal jadi tokoh penting sepanjang series ini sebagai yang mendapatkan petunjuk dan terpilih. Prosesnya menarik termasuk kutipan makhluk yang so called malaikat tentang mengapaa ia berwujud seperti itu, kutipannya sangat familiar.



5. Chapter 5 THE OTHER SIDE

Sampai di episode 5 saya mulai menikmati, saya teringat dengan series Ghostbump yang dulu sering saya tonton di tv nasional, setiap episodenya menyajikan cerita misteri yang berganti-ganti kadang ada nuansa mistis, scienfiction atau teknologi.

Di episode 5 ini temanya tentang time skip, orang yang merasa hanya pergi beberapa jam namun ternyata sudah menghilang tahunan di dunia nyata. Kembali lagi bungkusnya bukan mistis ala setan atau jin namun entitas di episode pertama. 

Bagian menarik tentang penggambaran orang-orang yang time skip ditemukan sebagai orang gilan secara visual namun pikirannya ada di suatu tempat, terpenjara, namun dijanjikan kesejahteraan dan kenikmatan.



6. Chapter 6 HYPNOTIZED

Titik terang mulai muncul di episode ini, puzzle mulai terangkai dengan hadirnya tokoh-tokoh dari episode sebelumnya, dan siap-siap di akhir episode akan ada clue besar yang bakal menjari titik terang kemana series ini akan berujung.



7. Chapter 7 PO BOX

Sebagai final episode berhasil menjawab semua pertanyaan dari episode pertam hingga terakhir, hanya saja dari sisi aksi jujur memang kurang bang Joko Anwar's, mungkin jika ada season kedua tolong bisa ditingkatkan, jangan nanggung-nanggung bisa kerjasama dengan Uwais Team misalnya, kalau secara Gore sudah dapat.

Sebagai penutup series ini membuat saya bangga untuk tema yang diangkat, sebagai gambaran jika Ameriak punya The Umbrella Academy, Korea Selatan punya Moving maka Indonesia kini punya Nightmares and Daydreams, selamat dan terima kasih untuk bang Joko Aanwar's dan seluruh tim yang sudah kerja keras untuk series ini.

Untuk sobat yang mau nonton bisa langsung ke Netflix, bagi yang belum punya bisa download dan beli paketnya, jangan nonton bajakan ya. Sampai jumpa.



Penulis
Nandar 





Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon