Waspada Penipuan Konser dan Festival Musik Memanfaatkan Hype Masyarakat yang Haus Ngonser

0



Campusnesia.co.id - Pandemi selama kurang lebih dua tahun setengah membuat banyak event yang mengharuskan berkumpul dan berkerumun dilarang oleh pemerintah karena aspek kesehatan. Salah satu yang terdampak adalah acara konser dan festival musik yang pada tahun 2019 tepat sebelum pandemi sedang di masa-masa puncaknya.

Begitu pandemi mulai mereda, peraturan pemerintah mulai dilonggarkan konser dan festival musik kembali hype diadakan di berbagai daerah dengan line up penampil yang memukau.

Sebut saja kesuksesan Pestapora, synchronize, hingga konser tunggal band legendaris Sheila On 7 dan Dewa 19 yang baru usai awal tahun 2023 kemarin.

Tak hanya yang bertaraf nasional, geliat konser band dan festival musik juga menjamur hingga daerah, penampilnya beragamd ari guest star band nasional, band indie dan grup serta penyanyi dari daerah seperti Denny Caknan, Guyon Waton, Ndarboy Genk.

Kebanyakan para penontonnya adalah anak muda, dari usia sekolah, mahasiswa hingga mereka yang sudah bekerja sebagai sarana healing dan mencari hiburan.

Walau harganya tidak murah, nyatanya ribuan tiket selalu sold out bahkan tidak sedikit yang sudah menabung dari jauh-jauh hari demi bisa bernyanyi bersama musisi yang mereka gandrungi.

Segala hype dan kehausan atas konser musik dan festival musik di atas tidak hanya dilihat oleh para musisi, promotor dan event organizer, ternyata para penipu juga melihatnya dan mengambil kesempatan.

Dari yang sekedar jadi calo tiket, borong tiket di awal dan jual mahal menjelang hari H atau on the spot hingga yang penipuan tiket murah nyatanya zong.

Baru-baru ini bahkan lebih niat lagi, seperti yang di post oleh akun twitter @annisaafitriir pada tanggal 2 Februari 2023 ia melihat sebuah akun di instagram bernama @bergembirafest yang akan mengadakan konser di Pontianak dengan line up Sheila On 7.


Tiket early bird dijual di platform Tiket.com dengan harga Rp 135.000, namun saat ia hendak membeli sudah sold out dan untuk pre sale dijual seharga Rp 275.000 melalui link google form.

Karena pengin banget nonton dan gak mau kehabisan lagi, ia membeli 2 tiket. Selang 30 menit tak kunjung dapat e-tiket, ia kembali cek akun ig @bergembirafest namun akun tersebut sudah menghilang, DM nya pun tak dibalas oleh admin.

"Aku juga langsung gercep buka twitter dan ngeliat info di menfess pontianak, ternyata bukan hanya aku yang menjadi korban penipuan tapi berdasarkan data laporan kepolisian ada sekitar 415 warga kota pontianak menjadi korban penipuan konser bodong ini." tulisanya di akun twitter.

Masih dari twit @annisaafitriir Kerugian uang dalam pembelian tiket konser @bergembirafest ada sekitar 144.043.000 juta rupiah dalam waktu 30 menit.

Update hari ini tanggal 8 Maret 2023 para pelaku penipuan berkedok konser dan festival musik di atas telah ditangkap, berikut kami lapirkan screenshoot dari akun twitter @annisaafitriir.


Selayaknya kejadian ini bisa jadi pelajaran bersama untuk kita semua, di tengah hype apapun mari tetap berhati-hati dan waspada sebelum memutuskan membeli sesuatu. Karena dalam hype apapun selalu saja ada orang yang berfikir sebagai celah untuk menipu memanfaatkan keinginan besar masayarakat.

Sebelum kejadian penipuan konser dan festival music di atas, sudah banyak penipuan lain yang memanfaatkan celah keburu-buran, hype berlebihan yang membuat orang tidak berhati-hati. Sebut saja berkali-kali penipuan yang dialami para Kpoper dari photocard, merchandise hingga tiket konser.

Sebagai penutup, tips dari kami hati-hati sebelum memutuskan untuk beli tiket konser dan festival music, pastikan jelas penyelenggaranya, waktu pelaksanaannya, tempatnya di mana, siapa promotornya, apa saja sponsornya dan paling penting siapa saja penampilnya.

Demikian sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Waspada Penipuan Konser dan Festival Musik Memanfaatkan Hype Masyarakat yang Haus Ngonser, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar


sumber: akun twitter @annisaafitriir


===
Baca juga:

Sisi Gelap Dunia Bisnis Thrifting dari Aspek Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan

0
 


Campusnesia.co.id - Beberapa waktu yang lalu viral kisah sepatu bekas dari Amerika yang seharusnya didaur ulang ternyata berakhir di sebuah toko Thrifting atau barang loak di Indonesia. 

Mengutip laman Kumparan.com, Perusahaan petrokimia asal AS, Dow Inc dan pemerintah Singapura bekerja sama untuk mendaur ulang sepatu bekas menjadi bahan untuk taman bermain dan lintasan lari di Singapura. Reuters lantas mencoba memasang chip bluetooth untuk melacak pergerakan 11 sepatu yang didonasikan. Alih-laih didaur ulang, 10 dari 11 sepatu justru ditemukan di pasar loak, beberapa di antaranya di Indonesia. 

Hal seperti ini bukan kali pertama sering juga kita baca berita tentang penyelundupan pakaian bekas dari luar negeri untuk dijual kembali di Indonesia. Penyelundupan ini bertujuan menghindari bea cukai impor dan kemungkinan larangan menjual baju bekas sembarangan.

Secara makna, thrifting merupakan aktifitas membeli maupun menjual barang-barang bekas dengan tujuan untuk dipakai kembali.

Sebenarnya tidak masalah membeli barang loak atau thrifting, asal dari dalam negeri karena memang bagaimanapun harganya lebih murah dari barang baru dan kita maklum tidak semua masyarakat punya kemampuan daya beli yang sama, yang tidak boleh ketika barang yang diperjual belikan dari luar negeri selain karena larangan hukum juga bahaya dari sisi kesehatan, ekonomi, keamanan, dan lingkungan.

Pakaian bekas dilarang untuk diimpor sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2015 tentang Larangan Impor Pakaian Bekas dan Permendag Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor. Pakaian bekas dikategorikan sebagai limbah mode dan dilarang untuk diimpor masuk karena terkait dengan aspek kesehatan, ekonomi, keamanan, dan lingkungan. (Kompas.id)


1. Aspek Kesehatan 
Memakai pakaian bekas dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan kulit. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Balai Pengujian Mutu Barang, beberapa sampel pakaian bekas yang diujinya mengandung jamur kapang.

Dilansir dalam laman ahligizi.id, jamur benang atau disebut dengan kapang merupakan golongan fungi berfilamen yang berupa hifa dan dinamakan dengan miselium. Jamur ini biasanya bisa tumbuh pada pakaian bekas.

Beberapa penyakit yang muncul akibat dari paparan jamur kapang ini antara lain, gatal-gatal dan reaksi alergi pada kulit, efek beracun iritasi, hingga infeksi karena pakaian tersebut melekat langsung pada tubuh. Jamur ini tidak akan hilang walaupun pakaian tersebut sudah direndam dengan air panas dan dicuci berkali-kali. (Kumparan.com)



2. Aspek Ekonomi
Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengungkapkan bahwa semakin maraknya peredaran pakaian bekas impor di Indonesia membuat industri garmen lokal kesulitan untuk perkembang.

"Dari sisi ekonomi, IKM hanya tumbuh 8 persen, yang seharusnya 20 persen tumbuhnya tiap tahun. Sementara 12 persen pertumbuhan IKM tergerus oleh pakaian bekas," ujarnya.

Dia menjelaskan, minimnya pertumbuhan industri garmen lokal juga salah satunya disebabkan oleh pasar garmen yang direbut oleh pakaian bekas impor tersebut. "Kenapa tidak tumbuh? karena memang pangsa pasarnya diambil alih oleh baju bekas," lanjutnya.

Selain itu, tidak tumbuhnya industri garmen ini membawa dampak yang lebih luas yaitu kurangnya penyerapan tenaga kerja. Menurut Ade, dalam satu IKM garmen saja setidaknya mampu menyerap 10 orang tenaga kerja.‬ (Liputan6.com)



3. Aspek Lingkungan
Industri fashion merupakan salah satu penyumbang terbesar kerusakan lingkungan. Berdasarkan data dari European Parliament bahwa 10 persen emisi karbon global dihasilkan dari produksi pakaian dan sepatu, serta 20 persen pencemaran air bersih global diakibatkan oleh produksi tekstil. 

Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SIPSN KLHK), Indonesia menghasilkan 2,3 juta ton limbah tekstil atau setara 12 persen limbah rumah tangga. Dan dari keseluruhan limbah tekstil tersebut, hanya 0,3 juta ton saja yang bisa didaur ulang.(Parapuan.co)

Seperti kasus sepatu yang mestinya didaur ulang tapi malah diperjualbelikan, banyak juga kasus pakaian bekas yang masuk ke indonesia sebenarnya adalah "sampah" yang mestinya dimusnahkan tapi malah dijual. 

Di Jawa Timur banyak impor sampah plastik yang oleh masyarakat malah dijadikan bahan bakar industri tahu dan kerupuk, asapnya selain mencemari udara, micro plastiknya disebut sempat ditemukan dalam kandungan telur ayam yang dihasilkan peternakan di sekitar lokasi tersebut. 

Sampel telur ayam kampung di dua desa di Jawa Timur terkontaminasi dioksin, senyawa berbahaya yang dihasilkan dari pembakaran sampah plastik.

Itulah hasil studi terbaru dari badan lingkungan, International Pollutants Elimination Network, IPEN.

Berdasarkan laporan IPEN - yang dibaca BBC - dioksin berasal dari pembakaran sampah plastik yang sebagian besar berasal dari negara-negara Barat.

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti IPEN menyebutkan sampel telur ayam kampung di Desa Tropodo, mengandung dioksin yang kadarnya 70 kali lebih tinggi dari standar keamanan makanan Eropa.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut konsumsi makanan yang terkontaminasi dioksin dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan gangguan reproduksi, mempengaruhi sistem imun, dan kanker.

Para peneliti mengambil sampel telur tersebut dari rumah-rumah warga di sekitar pabrik tahu dan kerupuk di Desa Tropodo di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur yang menggunakan sampah plastik sebagai bahan bakar.

Sampah plastik tersebut didapatkan dari Desa Bangun di Kabupaten Mojokerto yang menjadi lokasi penampungan sampah plastik, sebagian besar dari negara maju, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Australia.(bbc.com)


Oleh karena itu sobat yang ingin membeli produk thrifting atau mau mulai bisnis thrifting perhatikan hal-hal di atas.
 
Pastikan dari mana barang tersebut berasal, perhatikan legalitas hukumnya, aspek kesehatan dan kelayakannya sebelum dijual atau dikenakan.

Sebagai penutup dunia thrifting juga punya sisi positif, dari sisi harga lebih terjangkau untuk kalangan masyarakat yang benar-benar butuh, dan bisa jadi solusi mengurangi cepatnya barang fashion jadi sampah karena usia pemanfaatnnya lebih panjang.

Demikian sobat campusnesia, postingan kita kali ini tentang Sisi Gelap Dunia Bisnis Thrifting dari Aspek Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar

Gambar: freepik.com

Pengalaman Saya Berburu dan Unboxing Oreo Blackpink Berhadiah Photocard 2023

0
 


Campusnesia.co.id - Sejak November 2022 santer kabar bahwa Oreo bakal kolaborasi dengan Blackpink dengan merilis oreo edisi khusus cream warna pink. Selain itu ada pula kemasan multipack berisi 6 pack dengan bonus photo card member blackpink.

Oreo Blackpink terdiri dari empat varian rasa yaitu Oreo Strawberry, Oreo Blueberry, Ore Chocolate dan Oreo Vanilla. 

Total ada 10 photocard collectible item yang bisa dikoleksi, ini sebabnya banyak Blink yang rela beli lebih dari sekali untuk dapat semua photo card edisi khusus ini.

Tapi tidak semudah itu, sejak desember saya sudah coba keliling di indomaret dan alfamart namun selalu kehabisan.

Saat cari di toko online harganya sudah gak masuk akal, bayangin Oreo Blackpink multipack 171 gr yang ada photoardnya dari harga normal Rp 16.500 dijual sapai Rp 70.000 beberapa seller bahkan nekat pasang harga yang lebih mahal lagi.

Paling males sebenarnya dengan budaya orang indonesia yang suka borong barang yang lagi hype, ditimbun dan dijual dengan harga lebih mahal, padahal mereka bukan orang yang suka Kpop atau Blink, jadi jengkel karena kami yang memang ingin beli karena suka dengan blackpink tidak kebagian atau bayar lebih mahal.

Selang beberapa bulan, tepatnya Sabtu tanggal 4 Maret 2023 kemarin saat pulang kampung ke Kota Pati asal iseng mampir Alfamart untuk cari wafer kaleng, dan surprise di display depan kasir ada Oreo Blackpink multipack dengan harga normal Rp 16.500.

Dalam hati pengin borong nih, karena penginnya punya 10 jenis photo card. Tapi karena mbak kasir ragu bahwa di dalamnya ada atau tidak photo card maka saya coba beli satu dulu untuk membuktikan apakah ini masih edisi bonus photocard atau tidak.

Sepanjang perjalanan dari Alfamart kecamatan hingga rumah saya sudah tidak tahan, dan sesampainya di rumah dengan bantuan ponakan untuk merekan saya abadikan momen unboxing Oreo Blackpink, berikut videonya.




Seneng banget karena setelah menunggu berbulan-bulan akhirnya bisa dapat juga Oreo Blackpink dan dapat photocard mbak Lisa.

Hanya saja agak kecewa karena photocardnya ternyata berbahan kertas art paper 260gr? sebagai orang yang bekerja di digital printing familiar banget dengan kertas jenis ini. Awalnya saya kira bahan photocardnya dari pvc seperti ktp atau id card ternyata kertas, atau mungkin saya saja yang norak belum pernah punya photo card idol kpop jadi tahunya harusnya bahan pvc.

Over all its okey, seneng banget bisa dapat oreo blackpink dengan bonus photocard. Renana bakal saya simpan bersama koleksi kaset, hotswheel, die cast dan lain-lain. Siapa tahu kelak setelah puluhan tahun bakal jadi barang langka.

Itu tadi sobat Campusnesia kisah saya Berburu dan Unboxing Oreo Blackpink Berhadiah Photocard semoga bermanfaat, sampai jumpa.




Penulis
Simon

Download Template Desain Standing X Banner Wisuda Corel Draw Bisa Diedit

0



Campusnesia.co.id - Sempro, Sidang Skripsi dan Wisuda adalah momen yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Merayalan momen spesial seperti sidang akhir dan wisuda bersama teman dekat dan sahabat adalah hal yang wajar.

Jika biasanya hadiah yang diberikan berupa bucket bunga, selempang, boneka atau merchandise lainnya sekarang sedang tren kado berupa standing x banner wisuda.

Standing banner bisa dibuat untuk satu orang, bisa juga untuk rame-rame teman-teman satu sircle atau kelompok main.

Temanya pun mulai beragam dari yang sederhana foto dan nama hingga tema-tema unik seperti instagram, netflix, music play list dan masih banyak lagi.

Seringkali kendala saat mau bikin x banner adalah tidak adanya desain template yang bisa diedit, kebanyakan berupa file bitmap berupa jpg, jpeg atau png.

Kadang file yang mau dicetak juga berukuran kecil sehingga hasil cetak gak maksimal, blur atau pecah.

Salah satu jenis file terbaik untuk desain template standing x banner adalah corel draw karena filenya berupa vector sehingga saat diperbesar atau diperkecil hasilnya tetap bagus tidak blur atau pecah.

Kami punya solusinya, yaitu Download Template Desain Standing X Banner Wisuda Corel Draw Bisa Diedit.

File berupa corel draw yang versinya sudah diturunkan ke versi X-4 sehingga bsa dibuka di program corel draw versi X-7, X-8, X-9 dan X-20.

Tentu saja Template Desain Standing X Banner Wisuda Corel Draw Bisa Di Edit berbayar, tapi tenang saja sangat terjangkau. Lebih murah jika harus bikin sendiri dari nol.

Langsung saja untuk sobat yang mau Download Template Desain Standing X Banner Wisuda CorelDraw Bisa Diedit, klik pada gambar di bawah ini.



Terima kasih semoga bermanfaat, selamat merayakan momen bahagia dengan orang terdekat lewat standing x banner.



===
Baca juga:


FAI Unisvet Semarang Gelar Makrab Pembentukan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

0
 


Campusnesia.co.id - Fakultas Agama Islam Universitas Ikip Ivet (Unisvet) Semarang menggelar malam keakraban dan pembentukan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Candi Gedung Songo, Sabtu (04/03/23).

Acara ini dihadiri oleh Dr. Tri Leksono Prihandoko, M.Pd. Kons selaku Rektor Unisvet, Siti Maemunah, S.Pd.I., M.SI. selaku Dekan FAI, dosen jurusan PAI, dan PGMI serta para mahasiswa Unisvet Semarang.

Dalam sambutannya, Siti Maemunah berharap bahwa dengan kegiatan ini mahasiswa mempunyai rasa memiliki dan mempunyai life skill yang baik.

Selain itu, beliau juga magatakan bahwa setelah terbentuk HMJ harus banyak kegiatan yang diselenggarakan agar nantinya dapat membantu meningkatkan kecakapan dan kepimpinan mahasiswa di kampus.

Dilain kesempatan, Tri Leksono mengatakan bahwa organisasi bukan milik pribadi, tetapi milik semua mahasiswa, jadi maju tidaknya organisasi tergantung dari mahasiswanya.

"Organisasi ini harus dikuatkan bukan dilemahkan, harus dikaryakan bukan untuk dipekerjakan, dan harus diprogram bukan memprogram kan. Jadi siapapun yang masuk dalam organisasi nanti harus lillahi ta'ala dalam menajlaninya." Tambah Bapak Tri Leksono selaku Rektor Unisvet.

Sebelum membuka acara Pak Rektor menyampaikan kepada mahasiswa untukangan berhenti belajar dan berproses. 

Selain pemilihan HMJ acara ini nanti juga ada beberapa penyampaian materi kepemimpinan dan outbound untuk memupuk dan melatih kekompakan mahasiswa (Aklis)

Reportase KKN Hadirkan Disbudporapar Klaten, Mahasiswa KKN UNS 71 Adakan Branding Optimalkan Wisata Desa Nganjat

0
 


Campusnesia.co.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kelompok 71 sukses menggelar acara sosialisasi branding desa wisata dengan menggaet Disbudporapar Klaten. Acara tersebut digelar pada hari Senin, 27 Februari 2023 di Desa Nganjat, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. 

Sosialisasi yang bertajuk “Launching Brand Desa Nganjat” ini merupakan salah satu program kerja Mahasiswa KKN UNS kelompok 71. Sosialisasi ini sebagai sarana pengenalan Desa Nganjat sebagai Desa Sadar Wisata di era 5.0 dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Klaten, yaitu Bapak Purwanto dan Ibu Anita.

Almira Ayu Desriana, selaku mahasiswa UNS yang menjadi penanggung jawab kegiatan, mengungkapkan dalam sambutannya bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Desa Nganjat sebagai desa wisata melalui program branding desa dengan memanfaatkan teknologi digital. 

“Kita mengetahui bahwa Desa Nganjat ini merupakan desa yang memiliki potensi daya tarik wisata berupa sentra ikan nila, produksi olahan ikan nila yang unik, dan terdapat kolam renang yang bertaraf nasional, yaitu Tirta Kamandanu. Sangat disayangkan jika potensi itu tidak dikembangkan dengan maksimal,” ujar Almira.

Bapak Purwanto, selaku narasumber pertama, menjelaskan mengenai sapta pesona yang terdiri dari tujuh unsur yang terkandung di dalam setiap produk wisata serta dipergunakan sebagai tolok ukur peningkatan kualitas produk pariwisata.
 
Dilanjutkan oleh Ibu Anita, selaku narasumber kedua, memaparkan mengenai butir-butir sapta pesona dan peran pentingnya dalam pariwisata berkelanjutan. Beliau juga menekankan perlunya pengelolaan sampah dalam rumah tangga dan lingkungan sebagai daya tarik wisata. 


Pengelolaan sampah yang baik dan benar akan menghasilkan profit tambahan dan lingkungan yang bersih sebagai penunjang daya tarik desa sebagai tempat wisata.
Dalam acara ini, Mahasiswa KKN UNS juga menampilkan hasil branding desa yang telah dipersiapkan selama KKN berlangsung, berupa logo desa dan filosofinya, tagline desa, video profil, website dan instagram desa, serta peta UMKM yang ada di Desa Nganjat. 

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan masyarakat Desa Nganjat termotivasi untuk mengembangkan Desa Nganjat sebagai desa wisata melalui sosial media. Selain itu, masyarakat Desa Nganjat mengetahui langkah dalam mengembangkan sumber daya alam hingga sumber daya manusia untuk dimanfaatkan sebagai potensi desa wisata sehingga kelak nantinya Desa Nganjat menjadi desa wisata yang dikenal oleh banyak orang.


Webinar Data Science dan Data Analytics di Revolusi Industri 4.0 HIMATIKA Universitas Widya Kartika

0
 


Campusnesia.co.id - Halo sobat campusnesia, kami punya info webinar yang diselenggarakan oleh teman-teman dari Himatika Universitas Widya Kartika tentang Data Science dan Data  Analytic tema yang sangat seru dan sedang tren saat ini.

Apa yg dimaksud data science?
Ilmu data alias data science merupakan fokus studi yang berhubungan dengan besarnya volume data menggunakan teknik modern demi menemukan pola-pola tak terlihat, mendapat informasi bermakna, serta membuat keputusan bisnis dengan informasi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan data analytics?
Analitik data mencakup berbagai alat, teknologi, dan proses yang digunakan untuk menemukan tren dan memecahkan masalah dengan menggunakan data. Analitik data dapat membentuk proses bisnis, meningkatkan pengambilan keputusan, dan mendorong pertumbuhan bisnis.


Berikut informasi lengkapnya:

WEBINAR INFORMATIK

Perkenalkan
Kami dari HIMATIKA Universitas Widya Kartika akan menyelenggarakan suatu acara webinar dengan

Tema :
"Data Science/Data Analytics di Revolusi Industri 4.0"

Pembicara :
Albertus Dwiyoga Widiantoro, S.Kom., M.Kom.
- Dosen Sistem Informasi Universitas Katolik Soegijapranata

Waktu dan Media :
Sabtu, 18 Maret 2023
10:00 - 12:30 WIB
Online Meeting (Via Zoom)

Benefits :
E-certificate
Ilmu yang bermanfaat

‼️PENDAFTARAN GRATIS‼️
Pendaftaran melalui link dibawah ini :
https://forms.gle/BYGmadkomzDVT5hk9

Tunggu apa lagi?
Ayo segara daftarkan diri dan bergabung dengan webinar kami untuk pemahaman yang lebih baik tentang Data Science. Stay healthy and see you in the event!

Contact Person :
Jason
Whatsapp: 0896-1681-7778


Supported by:
Campusnesia.co.id

4 Langkah Mudah Meningkatkan Brand Awareness Melalui Content Marketing

0
 



Campusnesia.co.id - Content Marketing atau pemasaran lewat konten adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan Brand Awareness produk dan jasa kita serta meungkinkan menjangkau calon pelanggan potensial. Jadi, bagaimana kita menggunakannya dengan benar?

Content Marketing  adalah cara yang efektif untuk meningkatkan Brand Awareness kita dan menjangkau pelanggan baru. Itulah mengapa banyak bisnis mulai menggunakannya sebagai strategi utama untuk meningkatkan jangkauan dan mendapatkan lebih banyak konversi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas empat taktik yang dapat sobat gunakan untuk memastikan konten sobat menjangkau orang yang tepat dan mendorong interaksi. Kita akan melihat cara membuat strategi, menggunakan platform seperti media sosial dan blog, membuat konten asli, dan menggunakan saluran berbayar.


By the way, jika sobat ingin memulai bisnis dari awal, kami punya artikel yang membahas 7 ide bisnis dari hobi baca di sini.


Apa itu Content Marketing atau Pemasaran Konten?

Mengutip laman Oracle.com, Content Marketing atau Pemasaran konten adalah bagian dari pemasaran digital. Ini memerlukan pembuatan konten dan kemudian menerbitkannya di berbagai saluran untuk mendapatkan eksposur. Tentu saja, konten ini harus berkualitas sangat tinggi jika ingin berhasil menarik prospek dan mengonversinya.

Didasarkan pada penyediaan konten yang berharga bagi audiens target sobat, agar mereka lebih cenderung menjadi pelanggan atau terlibat dengan brand kita. Inilah alasannya:

- Pemasaran konten menjadi semakin populer karena bisnis telah menyadari bahwa konten adalah raja dalam pemasaran online.

- Dengan membuat konten yang disesuaikan dengan audiens target mereka, bisnis dapat menjangkau lebih efektif dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial.


Dengan demikian, pemasaran konten adalah dasar dan mungkin pilar pemasaran online yang paling penting.



4 Langkah Menggunakan Content Marketing dan Meningkatkan Brand Awareness
Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas empat langkah untuk meningkatkan Brand Awareness dengan bantuan pemasaran konten.

1. Buat Strategi Konten
Pemasaran konten adalah cara yang efektif untuk meningkatkan Brand Awareness kita dan menjangkau pelanggan potensial. Langkah pertama untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran konten adalah membuat strategi konten yang menguraikan aspek terpenting dari upaya konten kita.

Strategi ini harus mencakup tiga aspek utama:
- Objektif
- Konten kalender
- Persona audiens

Apa tujuan dari strategi konten sobat? 
Itu adalah pertanyaan terpenting agar strategi kita berhasil. Bagaimana kita menjawabnya akan membentuk keseluruhan strategi kita. Namun, dalam hal ini, tujuannya adalah untuk meningkatkan Awareness seputar bisnis kita. Kemudian, kita harus membuat persona audiens untuk audiens target kita.

Terakhir, kita akan membuat kalender konten yang mendorong kita untuk membuat konten secara teratur. Jika sobat menerapkan komponen strategi ini dengan benar, sobat akan dapat membuat konten yang berbicara kepada audiens sobat dan mengubahnya menjadi calon pelanggan.

Melakukan semua ini dengan benar akan memastikan bahwa strategi kita berhasil, yang secara alami juga akan diterjemahkan ke pemasaran konten kita.


2. Gunakan Saluran Content Marketing yang Tepat
Langkah kedua adalah mengidentifikasi dan menggunakan saluran pemasaran yang benar. Saluran mana yang kita gunakan untuk menyebarkan konten kita dapat membuat atau menghancurkan strategi kita.

Menggunakan platform yang tepat untuk pemasaran konten dapat membantu kita menargetkan audiens yang tepat dan mendapatkan lebih banyak keterlibatan dari mereka. Setiap pemasar dimanja oleh pilihan ketika datang ke saluran konten.

Hari ini kita dapat menggunakan email, posting blog, buletin, dan bahkan sosia media untuk menyebarkan konten kita. Jadi, bagaimana kita menggunakan setiap platform untuk meningkatkan Awareness? Begini caranya:

- Email paling baik digunakan untuk menjangkau prospek tertentu dan memberi mereka konten yang sangat disesuaikan.

- Selain itu, memiliki situs web sangat penting jika sobat ingin membangun kepercayaan dengan calon pelanggan dan menunjukkan kepada mereka apa yang ditawarkan perusahaan sobat.

- Buat posting blog yang SEO dioptimalkan untuk lalu lintas organik.

- Media sosial juga merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan  Awareness tentang bisnis kita dan terlibat dengan pelanggan yang sudah ada.


Esensi utama pemasaran online akan membantu kita menciptakan Awareness merek dalam waktu singkat. Memang, kita harus menggunakan masing-masing dengan benar. Namun, ini adalah saluran utama yang dapat kita gunakan hari ini untuk meningkatkan Awareness seputar bisnis kita secara organik.


3. Buat Konten Asli
Sekarang setelah kita memiliki strategi konten dan saluran konten, langkah ketiga adalah membuat konten itu sendiri.

Jelas, seperti namanya, kita harus membuat beberapa konten aktual untuk strategi pemasaran. Namun, konten ini harus melewati beberapa pemeriksaan kualitas terlebih dahulu. 

Yang paling utama di antara mereka adalah orisinalitas dan keunikan konten. Keunikan membantu konten kita mendapatkan keterpaparan yang dibutuhkan karena menonjol dari kumpulan konten yang tidak menginspirasi.

Berikut adalah beberapa poin penting yang harus sobat ingat tentang konten unik:

- Jangan menyalin konten orang lain. Itu bisa membuat merek kita dalam masalah hukum, dan menciptakan banyak PR negatif.

- Alih-alih, fokuslah untuk membuat konten kita unik dan menarik dengan memparafrasekan ide-ide yang ada atau menyajikannya dengan sudut pandang yang berbeda.

Setelah kitamembuat konten, penting untuk mengutip sumber jika kita menggunakannya dari situs web atau blog lain. Atau, kita juga dapat memparafrasekan dengan benar atau dengan kata-kata kita sendiri. Sobat juga dapat menggunakan tools untuk menyusun ulang dengan benar ontohnya:


Contoh penggunaan tools parafrase dan cek plagiarism:


gambar: Paraphraser.io



gambar: check-plagiarism.com/id/paraphrasing-tool


Dengan teknik ini, kita dapat memastikan bahwa konten yang kita buat unik. Dalam prosesnya, ini akan membantu meningkatkan brand awareness milik kita. Untuk memastikan bahwa konten kita menarik, sobat dapat menggunakan teknik penulisan kreatif seperti narasi deskriptif yaitu bercerita.

Dengan pendekatan ini, konten kita akan menjadi menarik untuk mendapatkan perhatian netizen.


4. Gunakan Saluran Berbayar
Saluran berbayar bersifat opsional, oleh karena itu tip ini dicantumkan sebagai langkah terakhir. Pada dasarnya, hasil strategi pemasaran dapat ditingkatkan dengan menggunakan saluran berbayar untuk distribusi konten.

Beberapa saluran berbayar populer untuk menghasilkan banyak lalu lintas meliputi:
- PPC (Pay Per Click)
- SEM (Search Engine Marketing seperti Google Ads)
- Iklan Media Sosial (Seperti FB ads, IG ads, TikTok dan Twitter)

Menggunakan metode berbayar untuk meningkatkan eksposure, kita dapat memastikan bahwa orang menemukan konten kita terlebih dahulu dalam pencarian yang relevan. Dengan metode ini, kita dapat dengan cepat membangun brand awareness karena meningkatkan jangkauan yang lebih luas.

Lebih penting lagi, saluran berbayar adalah cara yang bagus untuk menghasilkan prospek. Dengan cara ini, kita akan melihat peningkatan traffic ke platform online kita, traffic ini akan menjadi potensi konversi prospek alon customer.

Jika hendak menggunakan saluran marketing berbayar pastikan sesuaikan dengan budget dan kemampuan anggaran marketing kita, memang bagus untuk eksposure dan membuat brand kita menonjol tapi ya gitu biayanya juga besar.


Kesimpulan
Dengan mengikuti tips ini, sobat dapat meningkatkan Brand Awareness kita dalam waktu singkat. Penting untuk menggunakan tidak hanya aspek organik dari strategi konten, tetapi juga yang berbayar. Dan hal pertama yang harus sobat lakukan adalah membuat strategi ampuh yang membantu kita membuat konten orisinal secara konsisten.




Penulis
Eliza Parker


Editor
Nandar

Referensi Daftar 65 Tempat Toko Penyedia Madu Asli di Semarang, Madu Multifora, Madu Randu, Klanceng, Madu Kelengkeng

0
 




Campusnesia.co.id - Madu asli merupakan produk alam pilihan masyarakat yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Selain sering dipakai untuk menjaga daya tahan tubuh, madu asli juga kerap dipakai untuk bahan campuran jamu dan ramuan herbal.


Daftar Alamat Penjual Madu Asli di Semarang

https://tokoherbalmumtaz.com/madu-asli-semarang/


Seiring bertambahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan yang alami, madu asli menjadi salah satu pilihan yang dipakai untuk digunakan sebagai obat maupun suplemen. 

Yang disayangkan, meningkatnya kebutuhan madu asli di masyarakat disalah gunakan sebagian oknum untuk menjual madu palsu atau madu aspal.

Berkembangnya beragam metode pemalsuan, membuat masyarakat pada umumnya sulit membedakan antara madu asli dan madu palsu.


Madu Murni Mumtaz adalah madu unggulan dengan jaminan 100% asli.


Pada setiap kemasan madu mumtaz disertakan data panen
- Jelas siapa Peternaknya

- Jelas Jumlah Panennya

- Jelas Lokasi Panennya








Madu Mumtaz telah dipercaya sebagai suplemen keluarga dari berbagai wilayah di Indonesia dan  telah memiliki pelanggan yang rutin order. hampir setiap bulan.

Sobat juga bisa melakukan pemesanan Madu Mumtaz melalui WhatsApp di 0813 9118 4163 (Klik nomor langsung chat WA).


Madu Murni Mumtaz

Madu Mumtaz memiliki beragam pilihan nektar Madu Seperti:

- Madu Randu

- Madu Hutan Akasia

- Madu Rambutan

- Madu Sonokembang

- Madu Sonokeling

- Madu Sangketan

- Madu Mangga

- Madu Kelengkeng

- Madu Kesambi

- Madu Kangkung 

- Madu Klanceng

- Madu Mumtaz Multiflora (Paling Banyak Dibeli)



Tentu untuk ketersedian setiap jenis madu menyesuaikan masa panen, seperti Madu Mumtaz Nektar Bunga Mangga, Hanya tersedia di musim tertentu.

Untuk yang paling sering tersedia di setiap musim adalah Madu Mumtaz Nektar bunga Multiflora.

Madu Mumtaz memiliki harga yang beragam mulai dari 140 ribu – 175 ribu.


Alamat Toko
Untuk mendapat Madu Murni Mumtaz sobat bisa langsung mengjungi Mumtaz Herbal Semarang di Jl. Gondang Raya No. 4 Tembalang Semarang.

Atau Sobat bisa langsung memesan Madu Murni Mumtaz Secara Online melalui WhatsApp di 0813 9118 4163 (Klik nomor langsung chat WA)




Berikut kami sajikan beberapa daftar tempat penjual madu asli yang ada di kota Semarang dan sekitarnya:

1. Mumtaz Herbal Semarang
Alamat:
Jl. Gondang Raya No.4, 
Tembalang, Kec. Tembalang, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50275


2. Jual Madu Asli
Alamat:
Jl. Cempedak Utara No.48b, Lamper Lor,
Kec. Semarang Selatan, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50249


3. Usman Herbal Semarang
Alamat:
Jl. Kalibaru Timur, RT.05/RW.09, Bandarharjo, 
Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50175



4. Toko Kurma Semarang
Alamat:
Jl. Tanggungrejo 3 Jl. Tanggungrejo Raya No.3, 
Tambakrejo, Kec. Gayamsari, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50174


5. Madu Alamanda Ungaran
Alamat:
Jl. Bima Perum, Panorama Asri Blk. B1 No.2, 
Bandungan, Kalongan, Kec. Ungaran Timur, 
Semarang, Jawa Tengah 50519

6. Kang Alif Madu
Alamat:
Jl. Kepodang No.21, Kuncen, Ungaran, 
Kec. Ungaran Bar., Semarang, 
Jawa Tengah 50517


7. "Madu Nayla" Kaligarang 1 Ungaran
Alamat:
Jl. Kaligarang I No.2B, RT.8/RW.4, Sembungan, 
Ungaran, Kec. Ungaran Barat.
Semarang, Jawa Tengah 50515


8. Madu Liar Ungaran
Alamat:
Jl. Hos. Cokroaminoto Jl. Kluwihan III, 
Krajan, Ungaran, Kec. Ungaran Barat, 
Semarang timur, Jawa Tengah 50511



9. Asri Madu
Alamat:
Jl. Setyaki II RT 07 RW 08 Jenar Asri, 
Dusun Kretek, Lerep, Kec. Ungaran Barat, 
Semarang, Jawa Tengah 50276



10. Madu Pandawa
Alamat:
Perumahan Kampoeng Harmoni Blok N 18, Mapagan, Bandarjo, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50519



11. Jyo Madu Asli
Alamat:
Grafika Golden Land Blok GC 12C, 
Gedawang, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50266



12. Hasann Honey Semarang
Alamat:
Jl. Glintingan No.raya, Gedawang, 
Kec. Banyumanik, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50266



13. Distributor Madu Azzura Semarang
Alamat:
Jl. Sinar Sawunggaling Blok B-11, 
RT.05/RW.14, Padangsari, Banyumanik, 
Semarang City, Central Java 50267



14. Sari Madu Murni
Alamat:
Jl. Jati Raya No.24c, Srondol Wetan, 
Kec. Banyumanik, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50263



15. Toko Ardhina Herbal Banyumanik
Alamat:
Jl. Sukun Raya No.40, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263



16. Distributor Resmi Madu Perhutani
Alamat:
Perumahan Da'ar, Jl. Taman Durian No.B, 
RW.5, Srondol Wetan, Banyumanik, 
Semarang City, Central Java 50263



17. Terminal Madu Asli
Alamat:
Viila Tembalang Blok D12, Bulusan, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50277



18. Madu Alami HDI Semarang
Alamat:
Perum, Jl. Alamanda Residence Kelurahan No.59 
Kel, Mangunharjo, Kec. Tembalang, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50200



19. Avabeehoney Semarang (Madu Murni)
Alamat:
Jl. Bukit Elang B No.27, Mangunharjo, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50272



20. Madu Murni Warung Madu Semarang
Alamat:
Klipang Pesona Asri 3 No.59, Sendangmulyo, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50272



21. Omah Madu Semarang
Alamat:
Jl. Perumahan Ketileng Indah No.66, 
Sendangmulyo, Kec. Tembalang, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50272



22. Toko Al Masykuuroh
Alamat:
Sendangmulyo, Tembalang, 
Semarang City, Central Java 50272



23. Madu Anak Bangsa
Alamat:
Jl. Juwono Raya, Mangunharjo, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50272



24. Rumah Madu Afa
Alamat:
Jl. Afa VII, Sendangmulyo, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50272



25. Madu Hutan Sekaraya
Alamat:
Perum. Klipang Permai Blok I/221, 
Sendangmulyo, Kec. Tembalang, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50272



26. Madu Bakti
Alamat:
Jl. Mars Raya No.D.10, Jangli, Permai, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50274



27. Fanish Madu
Alamat:
Klipang pesona asri regency No.176, 
Sendangmulyo, Kec. Tembalang, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50272



28. Madu asli kaliandra
Alamat:
Jl. Kedungmundu No.27, Sambiroto, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50276



29. Madu Marang Indonesia
Alamat:
Jl. Gemah Jaya IV No.12, Kedungmundu, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50273



30. Aneka Madu
Alamat:
Jl. Fatmawati No.130-136, Kedungmundu, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50273



31. Madu Murni NuBee
Alamat:
Jl. Klp. Sawit No.174, Plamongan Sari, 
Kec. Pedurungan, Kota Semarang,
Jawa Tengah 50192



32. Rumah Herbal Nabawi semarang
Alamat:
Jl. Kedungmundu No.123, Tandang, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50274



33. Madu Murni Agus Atfal
Alamat:
Jl. Sendangguwo Selatan, Sendangguwo, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50273



34. Agen resmi madu Boyolali
Alamat:
Jl. Purwomukti Raya, RT.7/RW.7, 
Pedurungan Lor, Kec. Pedurungan, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50192



35. Madu Asli Indonesia
Alamat:
Jl. Palebon Raya No.183, Palebon, 
Kec. Pedurungan, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50199



36. Grosir Madu ASLI NUSANTARA
Alamat:
Jl. Panda Utara, Palebon, 
Kec. Pedurungan, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50246



37. Madu Aisha
Alamat:
Jl. Kauman Dalam No 11 Rt 01 Rw 07, 
Palebon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50199



38. ABANA HONEY - Madu Murni Organik (Raw Honey)
Alamat:
Jl. Jangli Tlawah III, RT.08/RW.05, Karanganyar, 
Kec. Candisari, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50255



39. Grosir Herbal Semarang
Alamat:
Jl. Tegalsari Barat No.1, Tegalsari, 
Kec. Candisari, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50251



40. Madu murni "Asafa Honey"
Alamat:
Jl. Kelinci II No.24 Rt. 002/003, 
Pandean Lamper, Kec. Gayamsari, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50249



41. Pondok Madu 9Ratulebah
Alamat:
Jl. Pandanaran 2, Mugassari, 
Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50249



42. Marwa Umroh & Hajj Gift
Alamat:
Jl. Wonodri Sendang Raya No.1050, 
Wonodri, Kec. Semarang Selatan, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50242



43. Jual Kurma Ungaran
Alamat:
Watububan 33, Jawa Tengah 50519



44. Madu Nusantara
Alamat:
Ruko Bangkong Plaza, 
Jl. Brigjend Katamso No.mor 5, Peterongan, 
Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50125



45. Sari Madu
Alamat:
Tambak Boyo Lor RT08 RW07 V 19E, 
Kalicari, Kec. Pedurungan, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50196



46. Gemilang Herbal Semarang
Alamat:
Samping Pasar Satrio Wibowo, 
Jl. Satrio Wibowo III No.39 C, Tlogosari Kulon, 
Kec. Pedurungan, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50196



47. Madu Asli SANJAYA
Alamat:
Jl. Kembang Jeruk VIII No.2, RT.06/RW.08, 
Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50196



48. Toko Khalizha
Alamat:
Seberang gapura, Jl. Malangsari 
Jl. Satrio Wibowo I, RT.07 RW14, Tlogosari Kulon, 
Pedurungan, Semarang City, 
Central Java 50196



49. Herbal Natura
Alamat:
Jl. Tambak Boyo Lor No.6, 
Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50196



50. Honey Shop Semarang Timur
Alamat:
Jl. Bledak Kantil IV No.38, Tlogosari Kulon, 
Kec. Pedurungan, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 59000



51. Afie Herbal
Alamat:
Jl.woltermonginsidi No.12D, 
Gg. Gasem Ampel No.Kel, Tlogomulyo, 
Kec. Pedurungan, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50195



52. Madu Pyuur Honey
Alamat:
kos-kosan, daerah belakang dekat, Jl. Dempel Baru Raya No.54, Muktiharjo Kidul, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50197



53. Asri Madu Semarang
Alamat:
Jl. Kp. Klungsu, Kemijen, 
Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50228



54. Toko Madu Asli Semarang
Alamat:
Jl. Kalibaru Timur No.RT. 005, Bandarharjo, 
Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50175



55. Juragan Madu Semarang
Alamat:
Jl. Kauman Mustaram No.54, Bangunharjo, 
Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50138



56. Madu pramuka semarang
Jl. Mayor Jend. D.I. Panjaitan No.5, 
Kampung kali, Kec. Semarang Tengah, 
Kota Semarang, Jawa Tengah



57. Sentra madu semarang
Alamat:
Jl. Puspowarno Selatan 2 No.21, 
Salamanmloyo, Kec. Semarang Barat, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50149



58. Rumah Madu Al-Fatih
Alamat:
Jl. Jatisari, RT.04 / RW13/RW.No.50, Gisikdrono, 
Kec. Semarang Bar., Kota Semarang,
Jawa Tengah 50149



59. Sarang Madu Asli
Alamat:
Jl. Srinindito Tim. IV, RT.04/RW.04, 
Ngemplak Simongan, Kec. Semarang Barat, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50148



60. Rin's Sarang Madu Murni 100%
Alamat:
Komplek Graha Padma Taman magnolia Blok, 
Tambakharjo, Kec. Semarang Barat, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50149



61. Madu Pramuka Ngaliyan
Alamat:
Jl. Prof. Dr. Hamka No.10, Tambakaji, 
Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50185



62. Madu Gondojoyo
Alamat:
Jl. Puncak Sari Rt.02/13 No.29, Tambakaji, 
Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50185



63. MADU MURNI Bu Sri
Alamat:
Jl. Makam, Bringin, Kec. Ngaliyan, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50189



64. Madu Al Fath
Alamat:
Perum griya lestari blok D3 No. 10, Gondoriyo, 
Kec. Ngaliyan, semarang barat, 
Jawa Tengah 50187



65. Istana Madu Semarang
Alamat:
Jl. Raya Ngaliyan Km.4 No.5, Duwet, 
Beringin, Ngaliyan, Bringin, Kec. Ngaliyan, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50182



Untuk pemesanan Madu Asli sobat bisa langsung WhatsApp di 0813 9118 4163 ( Klik nomor langsung chat WA )