26 Tim Meriahkan Takbir Keliling di Desa Tegalharjo Trangkil Pati

 


Campusnesia.co.id - Sebanyak 26 tim kreatif dari mushola dan masjid di Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati meriahkan malam takbir keliling sambut hari raya Idul Fitri 1444 H.

Acara digelar pada Jumat malam 21 April 2023 setelah sehari sebelumnya sidang isbat kementerian agama Republik Indonesia mengumumkan 1 Syawal jatuh pada hari sabtu 22 April.

Aneka kreatifitas dan kerajinan dipertunjukkan dengan membawa tema fauna, wayang, karakter game hingga sindiran pada isu-isu sosial yang sedang viral.

Takbir keliling di Desa Tegalhrjo memang selalu dinanti baik oleh warga asli maupun desa tetangga, karena sejak dahulu kala terkenal sebagai takbir keliling yang penuh inovasi dan kreatifitas.

Misalnya bagaimana patung-patung yang dibuat tudak hanya statis berhias cat dan lampu saja namun semua bisa digerakan layaknya makhluk hidup dengan animatronik praktikal.




Setelah beberapa tahun ditiadakan karena larangan berkerumun saat pandemi, tahun 2023 menjadi momen yang penting bagi warga Tegalharjo dalam menggelar Takbir Keliling.

Rombongan berkumpul di Lapangan Bola dukuh Kethekputih kemudian setelab mendapat nomor urut dan dilepas secara resmi oleh panitia melakukan keliling melewati empat dukuh yaitu Kethekputih, Weron, Tegalombo dan Tlogowiru.

Secara manajerial dan pengamanan juga berkembang signifikan melibatkan semua aspek dari pihak kepolisian, TNI, banser dan tokoh masyarakat.

Dari sisi kepanitiaan juga lebih teratur dan rapi dimana semua panitia menggenakan id card sehingga mudah diidentifikasi.

Secara keseluruhan Takbir Keliling berjalan lancar, tertib dan aman. Sampai ketemu di lebaran tahun berikutnya.


Penulis
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon