Reporatse KKN Kenalan Dengan Komposter, Alat Sederhana Solusi Masalahan Pengolahan Sampah

 


Campusnesia.co.id - Klaten, 2/2/2023 – Sampah organik merupakan benda yang memiliki kesan tidak terpakai sehingga dibiarkan begitu saja. Padahal potensi yang dimiliki oleh sampah organik jika diproses dengan benar dapat menjadi benda yang berguna. Kurangnya pengolahan dan pemanfaatan sampah organik di desa soka melatarbelakangi tercetusnya program kerja berupa pembuatan komposter.

Pada tanggal 30/1/2023 mahasiswa KKN Tim 1 Undip Tahun 2022/2023, Adam Fadhillah Haris program studi Teknik Mesin Fakultas Teknik melaksanakan demonstrasi program kerja penggunaan dan perakitan alat komposter kepada ibu-ibu PKK di Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten. 

Demonstrasi dilakukan dengan mengumpulkan ibu-ibu PKK di Balai desa yang selanjutnya akan dilakukan demosntrasi penggunaan dan perakitan alat. Demonstrasi berupa tata cara penggunaan serta perakitan alat komposter dihadiri oleh ibu-ibu PKK serta bertempat di balai Desa Soka.


Program kerja pembuatan komposter mendapatkan respon yang positif dari ibu-ibu PKK. Hal tersebut berwujud pada meningkatnya pengetahuan audiens mengenai cara pengolahan sampah sederhana yang seringkali luput dari perhatian. Sampah yang dihasilkan dari aktivitas rumah tangga dapat menjadi benda yang lebih berguna. 

Alat komposter yang dihasilkan menyiratkan bahwa masyarakat dapat melakukan pengolahan sampah dengan alat yang dapat dibuat dalam waktu singkat dan minim biaya. Agar memudahkan proses pembuatan alat, diberikan buku panduan untuk menjadi pedoman bagi masyarakat ketika ingin merakit komposter tersebut secara mandiri.

Salah satu audiens Ibu Kety berpendapat bahwa, “Program demonstrasi penggunaan dan perakitan komposter menjadi alternatif solusi atas pengolahan sampah yang hingga kini masih menjadi masalah yang belum tuntas.”

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon