Cegah Penyebaran DBD, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Warga Praktik PHBS dan PSN

 


Campusnesia.co.id -  Pebatan, Brebes (02/23) – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang dibebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penderita DBD biasanya mengalami tanda gejala yang meliputi demam tinggi mendadak sepanjang hari, pusing, lemas, dan nyeri otot dengan masa inkubasi penyakit 3-14 hari. 

Penyakit DBD merupakan salah satu penyakit yang menjadi masalah kesehatan endemis di hampir seluruh kota/kabupaten di Indonesia, termasuk Kabupaten Brebes.
Kejadian DBD dapat dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat di lingkungan tersebut. Kebiasaan masyarakat dalam membuang dan menimbun sampah sembarangan dapat meningkatkan populasi nyamuk. 

Terlebih lagi, dengan adanya musim hujan disertai sistem drainase yang kurang baik dapat menimbulkan genangan air sehingga berpotensi menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Permasalahan tersbeut masih sering ditemukan di lingkungan Desa Pebatan, Brebes.

Berangkat dari permasalahan di atas, mahasiswa Program Studi Gizi dari Tim 1 KKN Universitas Diponegoro Periode 2022/2023 mengadakan pencerdasan terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) sebagai upaya untuk mengedukasi warga Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes dalam pencegahan kejadian DBD di masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 di Balai Desa Pebatan setelah acara PKK Desa berlangsung.


Program pencerdasan dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan kader posyandu Desa Pebatan. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa memberikan pencerdasan dengan membagikan poster berisi materi edukasi yang meliputi indikator PHBS, manfaat dan dampak PHBS, serta tata cara pelaksanaan PSN dengan gerakan 3M Plus. Ibu-ibu yang menghadiri kegiatan tersebut tampak antusias dalam menyimak dan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi edukasi.
 
Secara keseluruhan, program pencerdasan telah berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh sasaran. Diharapkan dengan dilaksanakannya program ini dapat membantu dalam pencegahan kejadian DBD di masyarakat melalui penerapan PHBS di kehidupan sehari-hari. Selain itu, diharapkan pula dapat menjadi saran bagi masyarakat desa untuk menerapkan program PSN secara rutin sehingga menurunkan jumlah nyamuk di lingkungan sekitar Desa Pebatan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon