Mengenal Profesi Customer Service dan Teller Bank, Pekerjaan Ha Sang Su dan Ahn Soo Yeong di Drakor The Interest of Love




Campusnesia.co.id - Saat artikel ini ditulis, drama korea The Interest of Love yang tayang di JTBC dan Netflix masih on going, tepatnya hingga episode 10.

The Interest of Love menceritakan romance dua pegawai bank Ha Sang Su dan Ahn Soo Yeong yang karena komunikasi dan perbedaan kasta kisah cintanya harus muter-muter.

Banyak netijen yang sebel karena gaya komunikasi mereka berdua, di saat bersamaan nuga nagih. Alurnya lambat harus sabar setiap episodenya yang manis di awal tapi struggling dalam perjalanannya.

Untuk sobat yang mau baca review kami, bisa klik di sini.

Lewat postingan kali ini yuk Mengenal p
Profesi Customer Service dan Teller Bank, Pekerjaan Yoo Yeon Seok dan Mun ka Yeong di Drakor The Interest of Love.

Dalam industri perbankan, posisi dan tugas para karyawan biasanya dibagi ke dalam dua segmen, yakni segmen bisnis dan operasional.


Segmen bisnis

1. Customer Service

Customer service merupakan salah satu divisi yang memegang peranan terpenting dalam perusahaan penyedia layanan jasa, tidak terkecuali dalam industri perbankan.

Customer service bertugas sebagai wajah terdepan dari sebuah bank karena merekalah orang pertama yang menghadapi dan melayani nasabah. 

Seorang customer service juga harus memiliki pengetahuan produk yang baik agar dapat memberikan solusi dari permasalahan nasabah. Perkiraan gaji seorang customer service bank berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp6.300.000 per bulan.


2. Account Officer

Seorang account officer bertanggung jawab dalam mencari nasabah layanan kredit yang layak menurut peraturan bank. Selain itu, account officer juga bertugas dalam melakukan analisa kelayakan pemberian kredit serta memantau kelancaran pembayaran debitur. 

Account officer sering kali bertugas sebagai jembatan antara bank dengan nasabah layanan kredit. Selain itu, account officer juga kerap melakukan pemasaran dalam memperkenalkan produk dalam bidang kredit ke nasabah. 

Perkiraan gaji seorang account officer dengan pengalaman kerja 5 tahun berkisar antara Rp7.000.000 hingga Rp9.000.000 per bulan.


3. Credit Analyst

Credit analyst bertugas untuk melakukan analisa seluruh data keuangan nasabah. Hal ini meliputi kebiasaan pembayaran, informasi mengenai tabungan atau simpanan, sumber pendapatan, hingga aktivitas belanja nasabah. 

Setelah melakukan analisa, barulah credit analyst melakukan evaluasi data dan merekomendasikan tindakan yang paling tepat bagi nasabah. 

Perkiraan gaji seorang credit analyst berkisar antara Rp1.830.000 (tanpa pengalaman kerja) hingga di atas Rp4.950.000 (pengalaman kerja di atas 10 tahun) per bulan.


Segmen operasional

1. Teller

Sama halnya dengan customer service, teller bank memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah bank. Teller bertanggung jawab untuk melayani nasabah maupun non-nasabah yang hendak melakukan transaksi keuangan. 

Hal ini meliputi melakukan simpanan, melakukan transfer uang, mencairkan cek, dan lain sebagainya. 

Di akhir hari, teller harus menghitung dan mencocokan kembali seluruh transaksi yang terjadi untuk menghindari adanya kesalahan hitung yang dapat berakibat fatal. Perkiraan gaji seorang teller berkisar antara Rp2.800.000 hingga Rp3.600.000 per bulan.


2. Back office

Terdapat banyak posisi di back office, umumnya posisi ini bersifat administratif, tergantung kebutuhan serta tujuan bank tersebut. Beberapa posisi yang umum ditemui adalah IT support, administrasi, hingga logistik. 

Tentunya posisi-posisi ini memiliki peranan, fungsi, dan tugas yang berbeda-beda. Perkiraan gaji seorang karyawan back office di industri perbankan adalah sebagai berikut:

Staf IT support berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp12.800.000 per bulan

Staf administrasi berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000 per bulan

Staf logistik berkisar antara Rp4.500.000 hingga Rp6.000.000 per bulan


3. Credit admin

Credit admin adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pengelolaan data nasabah kredit. Selain melakukan pemeriksaan kelengkapan dan verifikasi, credit admin juga bertugas untuk memastikan validasi dokumen persyaratan kredit calon debitur sebelum akhirnya diberikan kepada credit marketing officer. 

Setelah itu, credit admin harus membuat laporan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di bank. Perkiraan gaji seorang credit admin adalah Rp4.700.000 per bulan.

Namun, hal yang perlu diperhatikan dalam berkarir di bank adalah posisi yang ditawarkan dalam bank itu sendiri. 

Tentunya, posisi atau jabatan yang tersedia pada karir BCA, BNI, BRI, maupun bank lainnya memiliki istilah serta tugas yang berbeda.


Jenjang karir karyawan bank


1. Teller
Ketika kamu memulai karir di bidang perbankan pada posisi teller, jenjang karir yang akan kamu tempuh selanjutnya adalah posisi customer service. 


2. Customer service
Setelah menjalani tugas sebagai seorang customer service, posisi selanjutnya yang akan kamu capai adalah marketing account officer.


3. Back office
Sama halnya seperti posisi customer service, ketika kamu memulai karir di bidang perbankan sebagai bagian dari divisi back office, jenjang karir yang akan dicapai adalah marketing account officer.

Jika kamu ingin meniti karir pada bidang IT di industri perbankan, kamu dapat mulai dari level customer support, seperti IT Support Office, Database Administrator, dan Auditor Internal. 

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan ke level technical support yang meliputi Network Administrator dan System Administrator. Barulah setelah itu kamu dapat menapaki level advanced technical support dan menjadi seorang System Analyst, Web Developer, atau Software Developer.

Selain itu, bagi kamu yang tertarik untuk berkarir pada bidang logistik, cobalah untuk melamar pada posisi Staf operasional dan logistik terlebih dahulu. 

Setelahnya, kamu bisa melanjutkan ke posisi Supervisor Operasional dan Logistik. Posisi teratas yang dapat kamu raih dalam bidang logistik adalah Manajer Operasional dan Logistik.


4. Marketing account officer
Jika kamu telah mencapai posisi ini dan merintisnya dari awal, selamat! Namun, kamu masih harus menempuh posisi credit analyst sebelum akhirnya menduduki kursi kepala cabang.


5. Credit analyst
Credit analyst adalah posisi terakhir yang harus kamu jalani sebelum mengemban amanah sebagai kepala cabang bank.


6. Kepala cabang
Umumnya, kepala cabang merupakan posisi paling tinggi di jenjang karir bidang perbankan. Branch manager yang bertanggung jawab memimpin kantor cabang sebuah bank. 

Mulai dari mengawasi dan melakukan koordinasi kegiatan operasional, memimpin kegiatan pemasaran kantor, juga memantau dan mengembangkan prosedur operasional manajemen risiko.

Selain itu, ada pula “jalur cepat” untuk mendapatkan karir yang cepat melesat, yakni jalur Management Trainee. Program ini mendidik calon karyawan untuk menjadi pemimpin di bank. 

Selain membutuhkan ijazah S1 beserta syarat IPK minimum, jalur MT juga mewajibkan pesertanya untuk mengambil tes TOEFL dengan nilai tertentu. 

Tahapan seleksi program ini juga biasanya lebih panjang dan memiliki sistem gugur. Setelah dinyatakan lulus sebagai trainee, para peserta harus melewati tahap pendidikan selama berbulan-bulan, bahkan hingga satu tahun. 

Biasanya, jalur ini juga mensyaratkan ikatan dinas selama minimal 5 tahun bagi karyawannya. Apabila sebelum 5 tahun karyawan tersebut melakukan resign, akan ada biaya penalti dengan nominal tertentu.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Mengenal Profesi Customer Service dan Teller Bank, Pekerjaan Yoo Yeon Seok dan Mun Ka Yeong di Drakor The Interest of Love. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Mumun





Baca juga:





Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon