Tata Cara Ternak Bebek Petelur Gak Usah Angon

 


Campusnesia.co.id - aat ini permintaan telur bebek di pasaran menunjukkan peningkatan yang signifikan, sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan peningkatan produksi telur bebek dikalangan peternak bebek. 

Fenomena ini sangat membuka peluang besar bagi warga desa yang ingin ikut terjun berbisnis telur bebek. Harga telur bebek terbilang cukup tinggi. Marodi, salah satu penduduk Desa Balingasal RT.003 RW.004 yang tadinya ternak Sapi 2 ekor berubah menjadi beternak bebek sebanyak 300 ekor. 

Kami ulas peluang usaha kali ini dengan menggunakan skala 600 ekor bebek tanpa angon. Angon sendiri berasal kata menggembala, jadi secara keseluruhan budidaya bebek petelur tanpa mengembala atau dengan cara yang modern. 

Anda tidak perlu repot lagi dalam merawat bebek-bebek yang harus digembala pada area persawahan atau di sungai. Keunggulan budidaya bebek petelur tanpa sistem angon yaitu tidak memerlukan waktu yang lama, pemberian pakan mudah, pengontrolan secara berkala, kemudian panen. 

Budidaya bebek petelur tanpa angon sangat praktis dan cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan Anda. Tahapan Budidaya Bebek Petelur Tanpa Angon Persiapan Kandang Dalam pembuatan kandang untuk budidaya bebek petelur tidaklah sulit harus sesuai perhitungan. 

Perlu adanya pemahaman yang lebih mendalam tentang komposisi luas kandang dengan jumlah bebeknya. Ukuran ideal adalah 7 x 8 meter, dengan jumlah kapasitasnya adalah 100 ekor bebek. Berarti untuk skala 600 ekor bebek, Anda membutuhkan luas lahan = 7 meter x (8 meter x 6), jadi total luas lahan yang diperlukan adalah 7 meter x 48 meter. 

Jika luas lahan Anda memadai sebaiknya ukuran bisa dilebihkan, karena bebek tidak suka berdesakan di dalam kandang. Dalam pembuatan kandang bebek disarankan bentuknya menyerupai gudang. Penggunaan atap disarankan menggunakan anyaman daun tebu atau anyaman daun bambu. 

Hal tersebut untuk menjaga suhu didalam kandang tetap stabil dan tidak panas. Cara Memilih Bebek Berkualitas Yang Siap Bertelur Kualitas bebek tentunya sangat mempengaruhi proses produksi hingga menghasilkan telur. Bibit yang berkualitas akan menghasilkan telur yang berkualitas juga. 

Sekarang ini memang sulit memilih bibit bebek yang berkualitas. Pembibitan bebek juga belum dilakukan secara intensif, sehingga kebanyakan pembibitan bebek dilakukan dengan cara mengambil telur dari berbagai peternak yang memiliki bibit bebek yang berkualitas dan ditetaskan oleh peternak rumahan/penetasan dengan alat. 


Ciri-ciri Bebek yang Siap Bertelur 

Umur bebek berkisar antara 5 hingga 6 bulan. Jika Anda membeli di peternak, katakan bahwa Anda ingin membeli bebek yang sudah siap untuk bertelur. Kondisi bebek terlihat fit, badanya tegap, gemuk, bulunya mulus tidak cacat fisik. 

Bobot bebek yang siap bertelur berkisar antara 1,4 kg hingga 1,6 kg. Usahakan pembelian bebek dengan bobot yang seragam, sehingga telur yang akan dihasilkan juga akan seragam. Tulang ekor/pubis memiliki lebar berkisar 3 jari. 


dikutip dari Infoagribisnis.com 
Sumber : https://balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/824


Baca artikel seputar peternakan di media online Taninesia.com 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon