Tata Cara Budidaya Lele Sangkuriang di Kolam Terpal Tahun 2023

 



Campusnesia.co.id - Halo sobat Campusnesia, ternak lele pernah menjadi guyonan untuk mereka yang tidak kerja, padahal andai mereka tahu budidaya ikan lele sangat menguntungkan lho, salah satunya jenis lele sangkuriang.

Budidaya lele sangkuriang punya keunggulan dari ikan lele jenis lainnya. Ikan lele sangkuriang merupakan varietas ikan lele baru yang dikembangkan oleh Lembaga BBAT melalui rekayasa genetik dari lele dumbo strain.

Lewat postingan kali ini berikut kami hadirkan informasi tentang Tata Cara Budidaya Lele Sangkuriang Tahun 2023.


Cara Budidaya Lele Sangkuriang di Kolam Terpal
Ada banyak cara budidaya lele sangkuriang, seperti menggunakan kolam tanah, kolam semen, dan kolam terpal. Namun, di antara jenis kolam lainnya, kolam terpal lebih cocok dalam budidaya ikan lele sangkuriang. Lalu bagaimana caranya?

1. Persiapan Kolam
Ikan lele sangkuriang tidak memerlukan lahan yang terlalu luas untuk pembudidayaannya. Kolam berukuran 5 x 2 meter bisa digunakan untuk membudidayakan 1000 ekor lele sangkuriang.

Bapak/Ibu dapat memulai pembuatan kolam terpal berukuran 5 x 2 meter. Buatlah kolam terpal pada permukaan tanah yang datar dan tidak tajam sehingga terpal tidak mudah koyak.

Jika Bapak/Ibu ingin mengetahui pembuatan kolam terpal lebih lanjut dapat mengakses artikel ini.

2. Pengisian Air Kolam
Setelah kolam terpal selesai dibuat, selanjutnya yaitu tahap pengisian air kolam. Air kolam diisi dengan air bersih yang bebas dari bahan kimia berbahaya pada ketinggian 50 cm.

3. Memilih dan Menebarkan Benih
Pilihlah benih ikan lele sangkuriang yang berkualitas karena kualitas dari benih menentukan keberhasilan budidaya Bapak/Ibu. Ciri-ciri benih yang unggul yaitu secara fisik proporsional, aktif bergerak, dan tidak hanya diam di dalam air. 

Sebelum menebarkan benih, hendaknya Bapak/Ibu melakukan proses aklimatisasi agar benih ikan lele dapat beradaptasi dengan kondisi air kolam. Berikut beberapa cara aklimatisasi ikan lele sangkuriang:

Masukan benih dan air kolam bersama wadahnya
Biarkan terapung selama 15-20 menit untuk menyesuaikan suhu wadah awal dan kolam
Wadah dimiringkan sehingga benih ikan lele dapat keluar dengan sendirinya
4. Pemberian Pakan
Pakan yang memiliki nutrisi seimbang menjadi cara agar lele sangkuriang cepat besar. Berilah pakan dengan dosis 3-4% dari ukuran tubuh ikan lele. Frekuensinya dapat dilakukan sebanyak 3 kali sehari pada pagi hari, siang hari dan malam hari. 

5. Manajemen Kualitas Air Kolam
Penggantian air dilakukan ketika tercium bau amis pada air kolam. Penggantian air ini penting karena air yang kotor menjadi sarang dari penyakit.

Ketika ikan lele sangkuriang sudah cukup besar, tambahkan air dari yang awalnya 50 cm menjadi 90 cm. Kemudian tambahkan lagi hingga tinggi air kolam 120 cm ketika menjelang panen.

6. Panen Ikan Lele Sangkuriang
Ikan lele sangkuriang dapat dipanen lebih cepat dibandingkan ikan jenis lainnya yaitu pada usia 60-70 hari. Cara panennya yaitu dilakukan dengan menyurutkan air pada kolam terpal.

Selanjutnya, dengan hati-hati ditangkap menggunakan jaring dan dipindahkan pada wadah yang berisi air. Ikan lele sangkuriang kemudian siap untuk dijual.


5 Keunggulan Lele Sangkuriang
Ikan lele sangkuriang banyak dibudidayakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan, lele sangkuriang memiliki keunggulan dibandingkan lele jenis lainnya.

Berikut ini 5 keunggulan budidaya lele sangkuriang.

1. Panen Lebih Cepat
Benih Ikan lele sangkuriang dapat tumbuh dari ukuran 2-3cm ke ukuran 5-6 cm hanya dalam waktu 20-25 hari. Begitu juga pembesarannya, dari benih ukuran 5-6 cm hingga bisa dapat dipanen, ikan lele sangkuriang hanya memerlukan waktu 50-60 hari saja. 

Ikan lele ini juga dapat tumbuh lebih cepat pada suhu lingkungan yang cukup hangat. Disarankan suhu minimum untuk budidaya ikan lele sangkuriang yaitu 25°C.

2. Jumlah Telur Banyak
Ikan lele sangkuriang memiliki jumlah telur ikan yang lebih banyak dibandingkan ikan lele jenis lainnya. Jika Bapak/Ibu melakukan pemijahan ikan lele sangkuriang, satu ekornya dapat menghasilkan 40.000-60.000 butir telur.

3. Tahan Penyakit
Ikan lele sangkuriang merupakan hasil pengembangan genetika dari ikan lele. Maka tak heran, ikan lele ini tahan terhadap penyakit dan memiliki kekebalan tubuh yang baik.

4. Rasa yang Nikmat
Ikan lele sangkuriang merupakan salah satu jenis ikan lele kegemaran masyarakat di Indonesia. Pasalnya, ikan lele sangkuriang memiliki cita rasa daging yang gurih dan daging yang lebih padat, serta minim lemak.

5. Mudah Dibudidayakan 
Lele sangkuriang merupakan jenis lele air tawar yang mudah untuk dibudidayakan. Ikan lele sangkuriang memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi pada kolam dengan suhu yang panas dan kadar oksigen yang rendah. Selain itu, lele sangkuriang juga tidak cerewet memilih pakan.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Tata Cara Budidaya Lele Sangkuriang Tahun 2023, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon