Resep Simple Cara Membuat Cemilan Manis Bola-Bola Susu Ala Anak Kost


Campusnesia.co.id -  Camilan manis pasti banyak disukai orang baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Salah satu cemilan manis yang sedang banyak diminati adalah bola-bola susu. 

Cemilan ini memiliki cita rasa yang manis dan creamy mirip dengan permen susu. Bahan utama dalam pembuatan camilan bola-bola susu ini adalah susu kental manis, susu bubuk, tepung sagu atau tepung kanji dan pewarna makanan agar terlihat lebih menarik.

Daya tahan camilan bola bola susu ini sayangnya tidaklah lama, biasanya hanya bisa bertahan 1 minggu dengan disimpan dikulkas. Oleh karena itu, sebaiknya sobat nesia membuat camilan satu ini secukupnya saja. 

Langsung saja untuk sobat nesia yang tertarik untk membuat cemilan satu ini tinggal menyiapkan beberapa bahan dan mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuatnya:


Bahan-bahan dalam pembuatan bola-bola susu:
125gr Tepung Sagu atau tepung kanji
45gr Susu Bubuk
2-3 sachet Susu Kental Manis
2 lembar Daun Pandan
15-20  ml Air Panas
1/4 sdt Garam (Optional)
Pewarna Makanan (Sesuai selera ingin membuat warna apa)
Gula donat/halus

Cara Pembuatan Bola-Bola Susu Ala Anak Kos:
  1. Pertama sangrai tepung sagu atau tepung kanji dengan daun pandan kurang lebih 15 menit. Setelah itu keluarkan daun pandan.
  2. Kemudian tambahkan susu bubuk, garam secukupnya dan aduk hingga merata. Masukan susu kental manis dan air panas, aduk hingga merata menggunakan spatula atau tangan.
  3. Selanjutnya ulenin adonan menggunakan tangan hingga kalis. Lalu bagi beberapa bagian dan diberi pewarna makanan secukupnya atau sesuai selera.
  4. Kemudian bulatkan adonan hingga adonan habis, simpan kedalam kulkas kurang lebih 60 menit.
  5. Setelah disimpan kedalam kulkas, keluarkan dan rapikan bulatan kembali dan masukan ke gula halus/donat.
  6. Bola susu topping gula donat siap disajikan.

Itulah tadi sobat nesia resep simple cara membuat  cemilan bola-bola susu ala anak kos, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis
Wulan Sari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon