Alur Cerita dan Review Film HUNT, Perang Intelijen ala Korea Selatan




Campusnesia.co.id - Aktor Lee Jung-jae yang sukses berkat series Squid Game, menjajal kursi sutradara  pertamanya lewat sebuah film bertema intelijen berjudul Hunt.

Hunt adalah sebuah film aksi spionase Korea Selatan tahun 2022 yang disutradarai oleh Lee Jung-jae dalam debut penyutradaraannya, yang dibintangi oleh Lee dan Jung Woo-sung. Film tersebut diundang ke bagian Pemutaran Tengah Malam non-kompetitif di Festival Film Cannes 2022. Hunt dirilis secara teatrikal pada 10 Agustus 2022 di Korea Selatan.


Sinopsis Film Korea Hunt
Pada 1980-an, ketika kediktatoran militer mencapai puncaknya, kepala Unit Luar Negeri KCIA Park Pyong-ho (Lee Jung-jae) dan kepala Unit Domestik Kim Jung-do (Jung Woo-sung) ditugaskan untuk mengungkap mata-mata Korea Utara, yang dikenal sebagai mata-mata Korea Utara. 

Sebagai Donglim, yang tertanam kuat di dalam agensi mereka. Ketika mata-mata mulai membocorkan intel rahasia yang dapat membahayakan keamanan nasional, kedua unit tersebut masing-masing ditugaskan untuk menyelidiki satu sama lain. 

Dalam situasi tegang di mana jika mereka tidak dapat menemukan tahi lalat, mereka dapat dituduh sendiri, Pyong-ho dan Jung-do perlahan mulai mengungkap kebenaran dan menyadari rencana yang tidak terpikirkan untuk membunuh presiden Korea Selatan.

Latar belakang sejarah, Film berkaitan dengan peristiwa sejarah yang sebenarnya terjadi pada tahun 1980-an; 18 Mei Gerakan Demokratisasi Gwangju (1980), pembelotan pilot Korea Utara Lee Ung-pyeong (1983), dan serangan teroris Aung San (1983).


Pemeran Film Korea Hunt
Lee Jung-jae sebagai Park Pyong-ho
Kepala Unit Luar Negeri KCIA yang telah bekerja untuk agen tersebut selama 13 tahun, dan merupakan agen yang sangat dihormati.

Jung Woo-sung sebagai Kim Jung-do
Kepala Unit Domestik KCIA yang merupakan mantan perwira militer.

Jeon Hye-jin sebagai Bang Joo-kyung
Agen ace Unit Luar Negeri KCIA yang bekerja bersama Park Pyong-ho.

Heo Sung-tae sebagai Jang Cheol-seong
Agen Unit Domestik KCIA dan bawahan setia Kim Jung-do.

Go Yoon-jung sebagai Jo Yoo-jeong
Seorang mahasiswa yang berada di bawah perlindungan dan bimbingan Park Pyong-ho.

Kim Jong-soo sebagai Direktur Ahn
Direktur KCIA yang baru diangkat dan mantan perwira militer.

Jung Man-sik sebagai Agen Yang

Agen ambisius Unit Asing Park Pyong-ho.

Kang Kyung-heon sebagai istri Kim Jeong-do

Park Sung-woong sebagai agen cabang Tokyo 1
Jo Woo-jin sebagai agen cabang Tokyo 2

Kim Nam-gil sebagai agen cabang Tokyo 3

Ju Ji-hoon sebagai agen cabang Tokyo 4

Hwang Jung-min sebagai Letnan Lee

Lee Sung-min sebagai Cho Won-sik

Yoo Jae-myung sebagai CEO Choi


Poster Film Korea Hunt

Trailer Film Korea Hunt




Review Film Korea Hunt
Ini ibarat kejadian menjelang 1988 di Indonesia, ada dua agen intelijen orang yang sama-sama tidak suka dengan gaya kepemipinan diktator ala Suharto.

keduanya ingin menggulingkan presiden agar diganti dengan pemerintahan baru yang lebih pro rakyat.

Satu dengan jaringan intelijen di kalangan militer, pengusaha, aktivis hingga pergerakan mahasiswa.

Satu lagi dengan jaringan intelijend dan musuh luar negeri yang juga ingin menumbangkan presiden berkuasa, dala konteks film HUNT negara luar dimaksud adalah korea utara yang pada tahun 60 itu masih saling perang terbuka dan maraknya isu reunifikasi atau penyatuan kemabli korea selatan dan utara.

Kedua agen dengan goal yang sama namun cara berbeda ini ditampilkan sejak awal saling menurigai dan memburu seperti judulnya siapa yang paling bertanggung jawab terhadap serangkain aksi percobaan pembunuhan presiden berkuasa.

Rekomend seru banget, sebagai debut penyutradaraan Lee Jung-jae  HUNT adalah film aksi yang berhasil menapilkan jalan erita dengan plot twits, aksi yang intens nyaris tanpa memberi kesempatan penonton bernafas sejak awal.

Selamat menonton sobat Campusnesia.


Film ini pertama kali dikenal sebagai film berjudul Namsan di mana Lee Jung-jae memutuskan untuk mengambil peran utama pada tahun 2017 dan harus membatalkan produksi sebelum syuting karena berbagai keadaan. 

Kemudian Lee sendiri menyempurnakan naskahnya dan mempersiapkan diri selama 4 tahun. Selain menyutradarai, membintangi, dan berkontribusi pada skenario, ia juga ikut memproduseri film tersebut. Syuting dimulai pada 8 Mei 2021 dan berakhir pada 13 November 2021.

Pada 3 Agustus 2022, Lee mengungkapkan bahwa ia mengedit ulang film tersebut setelah pemutaran di Cannes dan versi barunya akan diputar di Festival Film Internasional Toronto untuk pemutaran perdana di Amerika Utara. Namun aslinya akan digunakan untuk rilis teater di Korea Selatan.

Untuk membantu penonton global mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang era politik yang digambarkan dalam film, Lee merevisi beberapa baris dan adegan kunci yang membuat beberapa aktor merekam ulang dialog. Menjelaskan, Lee menyatakan, “Saat menulis naskah 'Hunt,' saya menetapkan generasi muda di Korea Selatan yang belajar tentang era dari buku teks sejarah sebagai target audiens. Saya pikir pemirsa asing akan sama,... Tapi di Cannes, sekitar 30% dari ulasan media asing mengeluh bahwa sulit bagi mereka untuk mengikuti cerita, karena mereka tidak tahu tentang politik Korea di tahun 1980-an. ”

Film tersebut ditayangkan perdana di Festival Film Cannes ke-75 pada 19 Mei 2022 di Lumière Theatre, di mana film tersebut menerima tepuk tangan meriah selama tujuh menit.  Itu dirilis di bioskop pada 10 Agustus 2022 oleh Megabox

Hak distribusi film tersebut telah dijual sebelumnya ke 207 wilayah. Film ini diundang ke Festival Film Internasional Toronto 2022 dan akan diputar di bagian Presentasi Gala pada September 2022. Magnolia Pictures memperoleh hak distribusi untuk rilis teater AS pada bulan Desember 2022.

Film ini dirilis di 1548 layar pada 11 Agustus 2022 di Korea Selatan. Pembukaan mencatat 210.000 penerimaan dan menduduki puncak box office Korea Selatan. Film ini melampaui 1 juta penerimaan dalam 4 hari rilis dan 2 juta penerimaan dalam 7 hari rilis.

Pada hari ke-12, Hunt menjadi film Korea Selatan ketiga pada tahun 2022 yang melampaui 3 juta penonton. Pada hari ke-25, itu melampaui 4 juta penerimaan.

Pada 12 September 2022, ini adalah film Korea terlaris ke-3 tahun 2022 dengan pendapatan kotor US$31.932.863 dan 4.286.629.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon