Tim Pengabdian Dosen dan Mahasiswa UNISNU Jepara, Dampingi Kelompok Usaha Bersama Saripan Jepara



Campusnesia.co.id - Jepara- Tim pengabdian kolaborasi dosen dan mahasiswa Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara yang terdiri dari Ahmad Fauzan Mubarok, Zahrotun Nafisah, Izza Kholilah, dan Ika lailatun Nikmah melakukan pendampingan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Barokah 4 Saripan Jepara pada Rabu (10/08). 

KUBE Barokah 4 merupakan kelompok mustahik zakat produktif di desa Saripan, Jepara. Pendampingan dilakukan setelah dijumpai beberapa permasalahan pada kelompok mustahik diantaranya pada bidang administrasi, aset, pemasaran dan kurangnya sumber daya manusia dibidang karyawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian memberikan edukasi melalui serangkaian workshop dan pelatihan kepada kelompok mustahik.
  
Workshop dan pelatihan dikemas semi formal dihadiri ibu-ibu yang tergabung dalam KUBE Barokah 4 yang mempunyai usaha bervariasi mulai dari bubur, warung nasi rames, angkringan, toko kelontong, dan juga nasi pecel. 

Rangkaian acara dimulai pukul 10.00 WIB, Materi yang pertama disampaikan oleh Zahrotun Nafisah mengenai sistem bisnis syariah, strategi pemasaran, sekaligus memberikan motivasi kepada kelompok mustahik untuk mengembangkan usahanya. 

Materi kedua disampaikan oleh Fauzan Mubarok yang meliputi pengelolaan modal usaha, serta manajemen usaha dan sumber daya manusia. Ibu-ibu kelompok KUBE Barakah 4 diajari untuk membukukan hasil penjualan mereka untuk dapat mengetahui keuntungan yang didapatkan. 

Salah satu anggota kelompok KUBE, Ibu Mimin menyampaikan bahwa pelatihan seperti sangat mereka butuhkan karena biasanya uang hasil jualan sering tidak dicatat sehingga tidak tahu untung atau ruginya. Dengan adanya pendampingan ini, membuat mereka tahu bagaimana merencanakan keuangan usaha.

"Proses pendampingan yang dilakukan oleh kelompok dosen dan mahasiswa Unisnu Jepara dirasakan oleh kelompok ini sangat membantu mereka, saya sangat antusias dan mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak terkait." Pungkasnya 

Di akhir sesi pelatihan dan workshop diakhiri dengan foto bersama.


Penulis 
Ika & H5M

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon