Tim II KKN Undip Ajak Siswa SMA Islam Sudirman Ambarawa Buat Alat Pendeteksi Gempa Sederhana

 

Campusnesia.co.id - Kabupaten Semarang (04/08/2022) – Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2021/2022 mengadakan praktikum fisika dengan kegiatan membuat Alat Pendeteksi Gempa Sederhana bersama siswa-siswi kelas XI-MIPA SMA Islam Sudirman Ambarawa. 

Kegiatan praktikum dilakukan secara bertahap dengan waktu yang dibutuhkan selama 3 hari pada Kamis dan Jumat 21-22 Juli 2022 serta Selasa 26 Juli 2022. Praktikum fisika ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa-siswi bahwa pelajaran fisika merupakan pelajaran yang mudah serta menyenangkan.

Fisika merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat dan fenomena alam serta interaksi didalamnya. Namun, banyak orang yang menganggap bahwa fisika hanya seputar hitung-menghitung. Padahal dalam kenyataannya, ilmu fisika sangat banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.


Oleh karena itu dengan adanya pandangan dan persepsi dikalangan anak sekolah bahwa pelajaran fisika adalah pelajaran yang sulit, membosankan, dan hanya berupa hitung-hitungan maka dibuatlah praktikum sederhana fisika untuk membantah persepsi-persepsi tersebut. 

Adapun rincian kegiatan yang dilakukan antara lain memahami gaya tenggelam, melayang dan terapung melalui praktikum Hukum Archimedes serta dilanjutkan dengan pembuatan alat pendeteksi gempa sederhana dengan pemanfaatan listrik dan magnet. 

Kegiatan dilaksanakan selama 90 menit untuk setiap kelasnya dan dilaksanakan untuk 4 kelas secara bergantian yaitu XI-MIPA 1, XI-MIPA 2, XI-MIPA 3, dan XI-MIPA 4. 

Praktikum-praktikum yang dilakukan secara langsung menunjukkan bahwa materi fisika terdapat di berbagai aspek kehidupan sekaligus menjadi dasar dalam perkembangan teknologi.

“Anak-anak perlu memahami materi fisika dengan berbagai cara, salah satunya melalui praktikum-praktikum sederhana. Melalui praktikum dapat muncul sikap tidak mudah menyerah dan berfikir secara logis”, ujar Bu Ambar, guru fisika kelas XI SMA Islam Sudirman Ambarawa. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys