Resep Cara Membuat Seblak Simple Ala Anak Kos Menggugah Selera



Campusnesia.co.id -  Hallo sobat Campusnesia, bingung ingin masak apa dikosan? atau mungkin kamu sedang mencari ide resep seblak ala anak kos yang simple? Cara membuat seblak cukuplah sederhana tidak terlalu sulit namun juga tidak terlalu gampang juga. 

Sobat Campusnesia cukup menyiapkan beberapa bahan pendukung untuk membuat seblak yang mempunyai cita rasa yang enak dan gurih.

Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi rasa seblak yang sobat campusnesia aka buat : pertama dari jenis bahan, pemilihan bahan baku yang segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bahan-bahan seblak simple ala anak kos.


Kali ini dalam pembuatan seblak bahan-bahan yang perlu sobat Campusnesia siapkan adalah sebagai berikut:


Bahan-bahan membuat Seblak untuk 1 porsi
- Kerupuk mentah aci/kerupuk kanji (bebas merek apapun)
- Air panas untuk merendam kerupuk
- 1 batang daun bawang (iris halus)
- 1-2 buah sosis atau bakso (potong tipis, tambahkan sesuai selera)
- Mie instan
- 1 butir Telur
- 1 sdm garam
- ½ sdm gula pasir
- ¼ sdm kaldu ayam bubuk
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis



Bumbu Halus:
2-3 siung bawang putih
1-2 siung bawang merah
1 cm kencur
2 buah cabaik keriting
3 buah cabai rawit (sesuaikan selera)



Cara Membuat Seblak Simple Ala anak kos:
1. Rendam kerupuk dalam air panas hingga bewarna bening.  Kemudian tiriskan dan rebus kerupuk sebentar hingga lunak kemudian tiriskan.

2. Kemudian haluskan semua bumbu halus dan panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus hingga harum.

3. Masukan 1 butir telur, kemudian diaduk-aduk dan masukan bakso atau sosis jika ada dan masukan  air secukupnya.

4. Kemudian masukan Kerupuk, mie instan dan masak hingga mendidih

5. Koreksi rasa masukan garam gula, kaldu ayam dan daun bawang.

6. Jika dirasa sudah matang. Angkat dan seblak ala anak kos siap disajikan.

7. Untuk kaum pecinta pedas dapat menambahkan bubuk cabai agar rasanya lebih yummy



Gimana sobat Cmpusnesia, Mudah bukan? demikian tadi postingan kita kali ini tentang Resep dan Cara Membuat Seblak Simple Ala Anak Kos Menggugah Selera yang bisa sobat nesia praktikkan di rumah atau dikosan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Sekilas info:
Seblak adalah masakan khas Sunda yang dikenal berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari, atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan kencur. 

Dilansir dari Makanan Indonesia, seblak merupakan makanan khas dari Bandung yang mulai populer sejak tahun 2000-an. Kata seblak diketahui berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti “terhenyak”. Seblak bisa juga disebut sebagai masakan yang berbahan dasar kerupuk mentah, kemudian dimasak memakai bumbu tertentu.

Kata seblak, berasal dari bahasa sunda "segak" dan "nyegak" yang artinya menyengat. Makna seblak ditujukan untuk bumbu cikur atau kencur yang menjadi penyedap masakan. Sementara kerupuk kenyal, mi, bakso, makaroni, dan kerupuk aci merupakan isi seblak.

Bahan dasarnya adalah kerupuk udang yang disiram dengan air panas dan diberi bumbu serta sayuran. Seblak terbuat dari kerupuk yang direbus, dan diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabai rawit, dan penyedap rasa.

Bisa dibilang, seblak bukan seblak jika tanpa kencur. Tanpa kencur, rasa seblakmu dijamin akan hambar dan kurang nikmat. Karena selama ini rasa dan aroma khas seblak didapat dari kencur.

Makanan khas Sunda satu ini umumnya dibuat dari kerupuk basah yang dicampurkan dengan sayuran, daging, telur, dan berbagai bumbu rempah. Namun, sekarang sudah banyak seblak yang dikreasikan seperti jadi seblak kering, seblak nyemek, seblak keju, seblak aci, seblak mi, dan masih banyak lagi.

Selain mengandung 262 kalori, seblak juga mengandung 45 persen karbohidrat, 43% lemak dan 12 persen protein.

Sementara itu, kandungan lemak di seblak mencapai 13,31 gram, karbohidratnya 31,15 gram, dan proteinnya 8,15 gram. Akan menjadi berbeda jika Anda makan seblak satu mangkok penuh. Kalorinya meroket menjadi 315 kkal, lemaknya 15,97 gram, karbohidratnya 37,38 gram, dan proteinnya 9,77 gram.


 

Penulis
Wulan Sari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon