Penyuluhan PHBS di Dusun Watulawang Limbangan Guna Tingkatkan Kualitas Kesehatan Individu dan Kebersihan Lingkungan oleh Kelompok 2 KKN MMK UIN Walisongo

 
Campusnesia.co.id - Berdasarkan Survey Masyarakat Desa yang diadakan oleh Kelompok 2 KKN MMK UIN Walisongo dan Survey Mawas Diri oleh Puskesmas Limbangan dilaksanakanlah kegiatan penyuluhan PHBS kepada masyarakat Dusun Watulawang. 

Penyuluhan PHBS (29/7/2022) diadakan di lima RT setelah kegiatan tahlilan ibu-ibu dengan tujuan mempermudah pendekatan, penggalian infomasi keluhan masyarakat, kemudian diperoleh solusi permasalahan oleh penyuluh secara langsung. 

Setiap RT dilakukan penyuluhan oleh dua hingga tiga mahasiswa kelompok 2. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan merubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat.

Materi penyuluhan yang diberikan ialah 10 indikator PHBS rumah tangga diantaranya meliputi  air bersih, cuci tangan, jamban sehat, pemberantasan jentik nyamuk, tidak merokok dalam rumah, dan pengolahan sampah rumah tangga. 

Beberapa hal yang ditekankan dalam penyuluhan adalah mengenai jamban sehat dan pengolahan sampah rumah tangga dimana hal tersebut menjadi permasalahan utama masyarakat yang mempengaruhi kesehatan individu dan lingkungan sekitar. 

Para ibu sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan dimana beberapa memberikan pembenaran dan pertanyaan terkait PHBS dan permasalahan kebersihan di kehidupan sehari-hari. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys