Peninjauan Masalah Kesehatan dan Sanitasi Warga Melalui Survey Masyarakat Desa (SMD)

  

Campusnesia.co.idKKN-MMK Gizi UIN Walisongo Semarang Kelompok 2 melakukan kegiatan Survey Masyarakat Desa atau SMD di Desa Kedungboto, tepatnya di Dusun Kedungboto, Biting-Gedeg dan Watulawang. 

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 1-4 Juli 2022 dengan cara menghampiri masing-masing rumah warga dalam bentuk pengukuran antropometri seperti tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas dan wawancara menggunakan kuisioner yang sudah disiapkan. 

Survey ini dilakukan untuk meninjau masalah kesehatan yang terjadi pada warga desa khususnya untuk kelompok remaja, balita dan ibu balita serta ibu hamil. 
 
Selain peninjauan masalah kesehatan, dilakukan pula pengecekan sanitasi di tiap rumah sebagai indikator penilaian “Rumah Sehat” yang dimiliki oleh setiap warga. Peninjauan ini dilakukan dengan cara melihat keadaan rumah mulai dari depan rumah hingga ke bagian dalam seperti kamar tidur, langit-langit, lantai, kamar mandi dan penggunaan jamban. 

Tak hanya itu, disini juga dilakukan penijauan berupa pembuangan limbah air serta pengolahan sampah organik dan anorganik di tiap rumah warga. 
 
Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar atas bantuan ibu-ibu kader di tiap dusun yang berkenan mengantarkan ke masing-masing rumah warga untuk dilakukan survey. Selain itu, antusias masyarakat desa saat dilakukan survey tidak mengecewakan, sebagian besar dari mereka memberikan respon baik dan menerima saat dilakukan pengukuran dan sesi wawancara. 

Bahkan ada yang berani mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar masalah kesehatan yang dihadapi untuk diberikan jalan keluarnya.
 
Hasil survey ini, diolah menjadi sebuah informasi yang dihubungkan dengan kejadian Stunting, kemudian dicari cara pencegahan atau penyelesaiannya dalam kegiatan KKN-MMK Gizi dengan mengadakan kerja sama Bersama pemangku kebijakan desa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon