Mahasiswa KKN Undip Sulap Sampah Jadi Pupuk Cair MOL Probiotik Stimulan Pertumbuhan Ikan

 

Campusnesia.co.id - Semarang, (31/07/2022) – Kegiatan edukasi pembuatan MOL Probiotik merupakan program penerapan pengolahan limbah organik hasil kegiatan rumah tangga menjadi pupuk cair MOL Probiotik yang dapat berfungsi mempercepat pertumbuhan ikan di kolam warga. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi warga dalam pemanfaatan lingkungan berkelanjutan atau sDG’s (Sustainable Goals Development). Kegiatan edukasi pembuatan MOL Probiotik diadakan bersama Ibu Ketua RT 6 RW 6 di Gondoriyo, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

Program ini diangkat dari permasalahan sampah organik yang belum termanfaatkan dengan baik dan lambatnya pertumbuhan ikan di kolam yang sempit. Kolam yang dimiliki warga dibangun di wilayah sempit seukuran kolam hias di teras rumah. Melalui program ini, limbah organik hasil rumah tangga dapat dimanfaatkan untuk stimulus pertumbuhan ikan di wadah sempit. 

Syarat pembuatan MOL Probiotik cukup mudah. Terdapat 3 syarat komponen bahan yang digunakan yaitu Karbohidrat, Glukosa, dan Bakteri baik. Sumber karbohidrat berasal dari sisa limbah organik rumah tangga seperti sisa nasi, jagung, singkong/tapai singkong. Glukosa didapat dari limbah buah seperti nanas, pepaya, pisang. Bakteri baik yang digunakan dapat berupa EM4, atau bisa diganti dengan ragi tape dan yakult.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan MOL Probiotik yaitu sisa nasi, limbah buah seperti nanas, pisang dan tomat, gula cair/tetes tebu/molase, temulawak sebagai herba alami untuk ikan, EM4, dan air secukupnya.

Cara pembuatannya pertama-tama remas nasi, haluskan. Potong buah matang/busuk, haluskan. Masukkan dalam wadah, tambahkan gula cair/tetes tebu/molase, aduk merata. Tambahkan EM4 ke dalam wadah, bisa juga menggunakan ragi tape, atau yakult. 

Tambahkan temulawak sebagai herba alami untuk ikan. Tambahkan air (lebih baik diendapkan terlebih dahulu untuk menyaring kotoran supaya tidak langsung masuk ke dalam wadah). 

Air dimasukkan hingga ¾ bagian wadah untuk tujuan fermentasi. Tutup wadah, biarkan selama 1-2 minggu hingga berbau seperti tape dengan permukaan berwarna putih. Pupuk cair MOL Probiotik siap pakai sebagai starter.

Kegiatan Edukasi Pembuatan MOL Probiotik Sebagai Stimulan Pertumbuhan Ikan di Kolam dilakukan melalui rangkaian kegiatan berupa Demonstrasi Pembuatan MOL Probiotik bersama Ibu Ketua RT 6 RW 6 Gondoriyo sebagai perwakilan perangkat warga, untuk kemudian dapat di share kepada yang lainnya. 

Pelaksanaan dilanjutkan melalui sosialisasi keliling secara door to door serta pemberian prototype produk, disertai penjelasan singkat tentang MOL Probiotik, manfaat dan fungsi, cara pembuatan serta penggunaannya agar mudah diterapkan masyarakat. 

Melalui edukasi pembuatan MOL Probiotik kepada masyarakat, terjadi percepatan pertumbuhan ikan sehingga produksi lebih cepat panen, ukuran lebih gemuk, peningkatan efektivitas produksi, serta pemeliharaan kesehatan lingkungan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon