Mahasiswa KKN Undip Pemanfaatan Sampah Organik Jadi Pupuk Bokashi

 


Campusnesia.co.id - Semarang (03/08). Pada minggu ke-5, TIM II KKN UNDIP 2021/2022 dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Bapak Marwini, S. HI., Lc., M. Si. melaksanakan program kerja monodisipliner oleh Ikhda Fitri Handayani (21), mahasiswa Program Studi Agribisnis 2019 dengan sasaran adalah ibu-ibu PKK RW 4 Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalanng, Kota Semarang sebanyak 10 audiens. 

Kegiatan ini merupakan program kolaborasi dengan Alfiyyah Yulzain Irnanda (23), mahasiswa program studi Teknik Sipil 2017. Melalui program yang berjudul “Pembuatan Lubang Biopori sebagai Resapan Air dan Media Fermentasi Pupuk Organik” diharapkan sasaran dapat mempraktikkan pembuatan pupuk organik sendiri di rumah sehingga sampah organik dapat dikelola secara berkelanjutan.

Pupuk organik merupakan pupuk yang dibuat dari bahan-bahan organik seperti jerami, sekam, sampah rumah tangga, dan kotoran ternak dengan menggunakan bantuan aktivator yaitu EM4 untuk mempercepat prosesnya. 

Pupuk organik memiliki banyak manfaat diantaranya memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kandungan organik dalam tanah, mempermudah pertumbuhan akar pada tanaman dalam penyerapan unsur dan hara, serta meningkatkan hasil panen pada tanaman. Bahan-bahan yang dibututhkan adalah dedak, sekam, sampah organik (daun-daun kering), aktivator EM4, gula pasir dan air secukupnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 ini diawali dengan dilakukannya sosialisasi mengenai pembuatan lubang biopori dan pupuk organik di dalam Balai RW 4 yang dihadiri oleh 10 audiens. 

Dilanjutkan dengan praktik pembuatan pupuk organik yang dilakukan di luar ruangan yaitu di taman toga samping Balai RW 4. Audiens menunjukkan partisipasi dan antusiasme tinggi dalam praktik pembuatan pupuk ini. 

“Pembuatan pupuk dari bahan-bahan organik seperti daun-daun kering ini sangat membantu ibu-ibu untuk memanfaatkan sampah daun yang menumpuk, hasilnya juga dapat digunakan pada tanaman-tanaman di depan rumah” (Ujar Ibu-Ibu PKK RW 4 Kelurahan Rowosari).


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon