Cegah DBD di Wilayah Pesanggrahan Jaksel, Mahasiswa KKN Undip Adakan Sosialisasi, Edukasi Pembuatan Minuman Herbal dan Teknologi Tepat Guna

 

Campusnesia.co.id - Pesanggrahan, Jakarta Selatan (31/7). Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2021/2022 Grup 8 telah menjalankan salah satu kegiatan sebagai bentuk pelaksanaan program kerja monodisiplin yaitu Sosialisasi DBD dan Edukasi Teknologi Tepat Guna yang berlokasi di RPTRA Puspita, Jl H Gari RT 001 RW 003, Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. 

Kegiatan yang dimulai pukul 13.00 hingga 16.00 WIB tersebut dihadiri oleh perwakilan RW, pengurus jumantik, dan perwakilan dari kader dasawisma. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terjadi di wilayah RW 003, dimana berdasarkan survei yang telah dilakukan diketahui bahwa jumlah masyarakat yang terkena DBD tengah meninggi sehingga diperlukan adanya sosialisasi terkait DBD dan inovasi suatu produk yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. 

Oleh karena itu, diadakanlah Sosialisasi DBD yang dilakukan oleh Rizca Andriana, dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang hadir terkait apa itu DBD, bagaimana gejala penyakit DBD, hingga penanganan yang dapat diberikan kepada penderita DBD untuk mengurangi keparahan. 

Pada kegiatan ini, selain memberikan pengetahuan terkait DBD, kami juga memberikan informasi terkait salah satu minuman herbal yaitu SAMILAKOR (Sari Minuman Rempah Asli Lawan Korona) yang dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat lebih kuat dalam menangkal berbagai penyakit yang dapat menjangkit ke dalam tubuh seperti DBD dan Covid. 


Pembagian leaflet terkait minuman herbal, bahan mentah dan produk jadi juga ikut serta dibagikan agar peserta dapat merasakan dan mempraktikkan sendiri di rumah.

Selain itu, kami juga memberikan Edukasi Teknologi Tepat Guna yang dilakukan oleh Tya Dwi Rahayu. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya yang tersedia di lingkungan agar menjadi suatu produk yang dapat berguna dan memiliki nilai jual. 

Sebagai salah satu implementasi terkait Teknologi Tepat Guna, pada kegiatan ini kami mengajak masyarakat yang hadir untuk membuat salah satu produk teknologi tepat guna, yaitu Alat Pembasmi Nyamuk. 

Alat ini berfungsi untuk menjebak nyamuk sehingga mengurangi jumlah nyamuk yang ada di rumah maupun lingkungan sekitar, alat ini juga dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di wilayah RW 003 terkait DBD.

Setelah kegiatan selesai, tidak lupa kami melakukan dokumentasi bersama dengan warga yang hadir, dokumentasi ini dilakukan oleh Muhammad Hafidz Abdurrahman.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys