Bantu UMKM Perluas Pasar, Mahasiswi Undip Kenalkan Teknologi Digital Pada UMKM Sarirejo


Campusnesia.co.id - Semarang (31/7) - Perkembangan teknologi digital semakin pesat, khususnya semenjak pandemi Covid-19. Hal ini juga mendorong perilaku masyarakat untuk berbelanja daring. Tak heran, platform perdagangan elektronik menjadi laris manis sebagai pilihan masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi. 

Pada era digital sekarang ini, dengan akses yang sangat terbuka UMKM telah berkembang dengan sangat cepat sehingga jika dikelompokkan dalam kelompok diatas, UMKM tersebut sudah berubah dalam periode yang sangat singkat. 

Namun satu hal yang menjadi benang merah dari UMKM ini adalah konsep kemandirian wirausaha yang menjadi fondasi dalam berinovasi dan memberikan dampak bagi masyarakat.

Untuk mendukung perkembangan teknologi yang sedang berlangsung, Lintang Ika (20) salah satu mahasiswi peserta KKN TIM II UNDIP 2021/2022 turut berpartisipasi dalam pemenuhan dan pengembangan teknologi digital yang termasuk dalam Sustainable Development Goals (SDG’s) di Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. 

Pada hari Minggu, 31 Juli 2022, Lintang (20) melaksanakan sosialisasi mengenai pemanfaatan teknologi digital kepada pelaku UMKM Kelurahan Sarirejo yang dilaksanakan di Balai Kelurahan. 

Kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi bersama beberapa pengurus UMKM setempat dan dengan materi teknologi digital untuk meningkatkan daya tarik konsumen kepada UMKM. Selain itu disampaikan juga mengenai pemasaran lewat marketplace serta alur pembentukan UMKM mulai dari internal maupun eksternal. 

Penggurus UMKM atau pelaku UMKM dipilih menjadi target audience kegiatan ini karena setelah survey pada minggu pertama KKN terdapat beberapa permasalahan dalam UMKM tersebut sehingga perlu adanya pemecahan masalah yang salah satunya bisa diatasi dengan adanya kegiatan ini. 

Selain itu, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini para pelaku UMKM dapat menerapkan metode pemasaran maupun branding menggunakan teknologi digital sesuai kegunaannya serta dapat meningkatan kualitas dan kuantitas penjualan UMKM setempat.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon