Seputar Mata Kuliah Olahraga di Kampus Undip dari Renang Hingga Senam SKJ



Campusnesia.co.id - Selain warna jas almetnya yang penuh misteri, antara hijau tua atau biru navy ternyata kampus Undip juga sering jadi perbincangan karena adanya mata kuliah olahraga yang di dalamnya terdapat olahraga renang hingga senam SKJ.

Mengutip dari laman http://sastraindonesia.fib.undip.ac.id/kurikulum/, Olah Raga masuk Mata Kuliah Wajib Universitas dengan kode UNW00-005 dan jumlah SKS 1.

Seingat penulis saat menjadi maba tahun 2007 silam, di Fakultas Peternakan dan Pertanian juga ada matkul Olahraga. Di dalamnya selain lari, olahraga permainan juga ada renang dan senam SKJ yang sering ditubirkan oleh warga twitter.

Hal unik lain dari matkul olahraga di Undip adalah kaos olahraganya sama se-universitas tapi setiap jurusan dan program studi punya celana olahraga yang berbeda-beda. Biasanya inisiatif custome setiap angkatan sesuai dengan warna khas jurusannya.

Misalnya dahulu jurusan peternakan warna coklat, nutrisi dan makanan ternak warna ungu, anak kedokteran warna hijau, bocah teknik warna hitam dan lain sebagainya.

Untuk senam SKJ biasanya dilakukan bersama per kelas dan rombongan dari fakultas lain yang jadwalnya barengan. Saat ujian semester nanti kelas akan dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempraktikan gerakan senam, idealnya semua anggota hafal agar dapat nilai A, namun kalau tidak semua hafal gerakan setidaknya ada satu atau dua yang menguasai untuk dijadikan instruktur.

Untuk renang, praktik umumnya dilakukan di kolam renang luar kampus, paling sering di Kolam Renang Kodam IV Diponegoro yang beralamat Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang sekitar 10 hingga 15 menit dari kampus Undip.

Jujur dahulu penulis selalu bolos saat mata kuliah olahraga praktik renang, alasannya pertama karena tidak bisa renang dan yang kedua trauma dahulu pernah nyaris tenggelam saat praktik olahraga renang di SMA, sangat personal jadi sebaiknya tidak dicontoh.

Karena selalu bolos saat praktik renang, jumlah minimal kehadiran saya jadi kurang saat ujian akhir semester, bersyukur dari dosen matkul olahraga waktu itu bisa memahami alasannya kemudian memberikan tugas tertulis, tambahan jam kuliah olahraga bersama teman-teman yang juga kurang memenuhi dan patungan beli buku tentang olahraga.

Di undip pada semester 1 memang semua jurusan ada matkul olahraga, sebenarnya tidak perlu terlalu merisaukannya karena ya seperti mata pelajaran olahraga saat sekolah SMA dan SMP dahulu, jam olahraga bisa dinikmati karen tak perlu terlalu banyak mikir.

Tapi ya kalau boleh ngeluh memang jadi capek dan keringetan apalagi kalau setelah matkul olahraga ada kuliah matkul lain, pastikan mandi dulu ya guys, numpang di kostan teman bolehlah kalau yang rumahnya jauh.

Oke itu tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini Seputar Mata Kuliah Olahraga di Kampus Undip dari Renang Hingga Senam SKJ. Selamat bagi maba yang ketrima masuk Undip, seoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Simon Naluh


===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys