Hadapi Society 5.0 di Era Endemik Covid-19, UNKAHA Semarang Ajak Perguruan Tinggi berperan dalam Mencipta Good University Governance

 

Campusnesia.co.id -  Dunia pendidikan tengah memasuki masa perkembangan yang penuh tantangan. Institusi pendidikan tidak hanya ditantang untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan prima, tetapi juga untuk menentukan kelanjutan pendidikan itu sendiri. 

Belum selesai euphoria inovasi-inovasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang dibarengi perkembangan era disrupsi, kita sudah ditantang kembali pada munculnya Society 5.0 (masyarakat 5.0) sebagai antisipasi terhadap tren global akibat dari munculnya Revolusi Industri 4.0. 

Kompleksitas tantangan pendidikan di era society 5.0 dan juga era endemi covid, menuntut persiapan dan pemikiran yang serius, dimana kita dihadapkan pada perubahan yang cepat dan non-linear. 

Menghadapi tantangan tersebut, Universitas Karya Husada Semarang mengadakan webinar series yang dalam seri pertama ini bertemakan “Peran Perguruan Tinggi sebagai Pusat Pendidikan dan Pelayanan di Era Endemic Covid-19."

Rektor Universitas Karya Husada Semarang, Dr. Ns. Fery Agusman MM, M.Kep., Sp.Kep.Kom. dalam opening speech kegiatan menandaskan perguruan tinggi dengan semua civitas di dalamnya, memiliki peran yang tinggi menghadapi era society 5.0 dan endemi covid ini. 

Maka kegiatan hari ini, sebagai webinar series pertama UNKAHA diharapkan dapat membuka wacana bagi masing-masing civitas untuk mengambil peran, khususnya dalam membentuk Good University Governance. 

Kegiatan dihadiri oleh Arif Rahman, SH., MH dari Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah. Dalam keynote speakingnya disampaikan bahwa politikpun membutuhkan hukum, dan Civitas di PT dapat berperan menjadi publik pengawas dalam setiap kegiatan perpolitikan negeri. 

UNKAHA termasuk mengambil peran dalam mengawali peran pembentukan Good University Governance untuk tetap dapat eksis beroperasi dengan efektif dan efisien.

 
Perguruan tinggi tidak hanya berfokus sebagai pusatnya pengetahuan, pusatnya penelitian dan pengabdian masyarakat, namun juga berfokus pada kemampuan mereka dalam bersaing dan upaya menjaga going concern nya. Bawaslu siap untuk bersama PT dalam mewujudkan pelayanan yang akuntabel.

Narasumber pertama, Dekan Fakultas Hukum, Manajemen dan Informatika UNKAHA, Aisyah Dinda Karina, MH, mengawali materi dengan mengenalkan hukum dan menegaskan bahwa generasi saat ini  harus sadar akan hukum. 

Perkembangan teknologi dan ekonomi serta perkembangan budaya masyarakat perlu menjadi dasar bahwa kita harus sadar hukum. Apalagi di era society 5.o saat ini, pembicara menekankan tujuan dan fungsi hukum dalam mengendalikan generasi millenial. 

Era ini juga dipandang oleh Agustina Eka Harjanti, M.Acc dari Universitas Muhammadiyah Kudus, sebagai tantangan global yang menjadi fokus bagi perguruan tinggi. Tantangan tersebut menjadi challenge agar PT tetap aktif beroperasi dalam mencapai visi dan misi perguruan tinggi di tengah persaingan ketat antar perguruan tinggi. 

Good University Governance juga menjadi sorotan untuk PT dapat terus meningkatkan mutu Pendidikan. Hal ini diperkuat oleh Yunus Mustaqim., M.E.I. dalam PT menjalankan Trisentra pendidikan di tengah tantang paska pandemi covid-19. 

Pendidikan berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan karakter dan kepribadian, mengedepankan fasilitasi kepada peserta didik, serta mengontrol dan membelajarkan melalui aktivitas masyarakat. [uh]



Penulis:
Umi Hani 
Novitasari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys