Tips Bisnis Digital from Online to Offline ala Campunesia

 


Campusnesia.co.id - Setiap orang punya perjalanan kesuksesannya masing-masing, untuk mencapai sebuah prestasi yang sama terkadang butuh waktu yang lebih panjang, penuh perjuangan dan aral rintangan, walau tidak menutup kemungkinan bisa sebaliknya diraih dengan usaha yang lebih mudah.

Jadi apapun yang sedang sobat alami hari ini, jalani saja prosesnya yakin bahwa suatu hari kelak akan meraih hasil yang sepadan dengan perjuangan dan ketekunan kita.

Mukadimah tersebut akan nyambung dengan tema postingan saya kali ini tentang Tips Bisnis Digital from Online to Offline dan sebelum masuk apa saja tips yang saya maksud ijinkan saya buka dengan sebuah cerita tentang pencapaian Campusnesia dari sisi finansial setelah kurang lebih 5 tahun eksis dengan pemasukan yang seadanya.

29 Januari 2021 Campusnesia mulai dipasang iklan dari Google AdSense lagi setelah dua kali gagal mencapai payout karena gagal verifikasi dan hasil yang gak seberapa, bayangkan setahun cuma dapat Rp 390.000 butuh berapa tahun untuk bisa mencapai nominal minimum payout yang dalam kurs rupiah sebedar Rp 1.300.000.

Keputusan memasang iklan kembali Google AdSense atas pertimbangan kenaikan traffic yang progresif dari 1.000 views per hari perlahan tapi pasti bisa konsisten di angka 4.000 hingga 10.000 views per hari.

Payout pertama juga baru bisa dirasakan pada bulan Agustus hasil akumulasi dari Januari hingga Juli 2021 dengan nominal 1,3 juta lebih dikit. Bagaimanapun bagi saya ini adalah pencapaian yang luar biasa dan insentif apa konsistensi dalam membuat konten tulisan di Campusnesia.

Sejak itu, dari Agustus hingga Desember 2021 rutin bisa gajian tiap bulan dari mbah Google dan secara jumlah naik eksponensial seiring bertambahnya jumlah kunjungan harian, sangat menyenangkan.

Terbersit untuk pensiun dini, saya berencana pulang kampung dan fokus menggeluti fulltime blogger, bangun tidur, sarungan, nyingkrang, nulis blog sambil nyeruput segelas kopi susu hmm bayangin saja sudah bikin bahagia.


Saya menceritakan pencapaian dan cita-cita saya ini pada rekan blogger yang kini telah pulang kampung juga karena jadi perangkat desa.

Plot twist, sahabat sejak kecil saya ini justru mengingatkan jangan buru-buru mengambil keputusan untuk pensiun dini dan jadi fulltime blogger serta meninggalkan usaha real yang saat ini saya geluti.

Alasanya tipikal dunia digital semuanya berubah sangat cepat, hari ini berada di puncak bisa jadi besok sudah ada di dasar jurang atau fluktuatif di luar perkiraan, belum lagi resiko shutdown, intinya jangan tergesa-tergesa mengambil keputusan hanya berdasar hasil beberapa bulan saja.

Saran yang lain dari beliau, sebaiknya hasil dari bisnis online Digital seperti AdSense diinvestasikan dalam bisnis offline dan real life. Ibarat menaruh telur di keranjang yang berbeda sehingga jika ada satu telur pecah masih ada yang lain di kerangjang sebelah.

Benar saja, setelah tahun baru penghasilan dari Google AdSense mulau turun drastis, beruntung saat sedang jaya saya tidak langsung tergoda pulang kampung, melepas bisnis real life dan mengandalkan hasil online saja.

Kini, dari hasil Google Adsense, saya membuka sebuah toko offline di rumah, menjual pulsa, paket data, voucher kuota, token PLN, top up game dan dompet digital seperti gopay, dana, shopeepay serta aneka alat tulis sekolah dan kantor dari buku, pensil, penghapus, bolpen, tipe x dll.

Menjalankan strategi dari Online to Offline, pilihan jatuh pada jenis bisnis Konter Pulsa dan Alat Tulis Sekolah mempertimbangkan kesesaian dengan Campusnesia yang merupakan media online dengan tema pendidikand an hiburan.

Apakah bisnis konter masih potensial di tengah jaringan wifi yang semakin murah, mudah dan sudah masuk hingga pelosok desa?

Sejauh ini menurut saya masih prospektif, sekalipun suatu saat kelak semua rumah terpasang jaringan wifi, setidaknya dalam sebulan sekali orang akan mengisi kuota untuk akses internet saat dalam perjalanan dan bepergian ke luar rumah.

Demikian juga dengan kehadiran dompet digital, pulsa PLN, top up game serta aksesoris yang pasti akan menyesuaikan dengan perkembangan dunia teknologi hand phone. 

Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Tips Bisnis Digital from Online to Offline ala Campunesia. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar



Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys