Loading...

Candi Gedong Songo, Wisata Alternatif Candi Borobudur yang Tiketnya Naik 750 Ribu



Campusnesia.co.id - Muncul berita, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pak Luhut mengumumkan kenaikan harga tiket masuk kawasan wisata Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu untuk turis lokal dan 100 dollar untuk wisatawan manca negara. Berita ini menjadi perbincangan warga hingga jadi trending di sosial media twitter, kebanyakan menyayangkan kenaikan yang signifikan dari Rp50 ribu dan merasa tidak terjangkau.

Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. 

Untuk sobat yang ingin berwisata ke situs bersejarah seperti candi, selain Borobudur ada Candi Gedong Songo yang tidak kalah unik dan cocok sebagai tempat tujuan traveling bersama keluarga.

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.

Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).

Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara di sini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C)

Lokasi sembilan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda yang bisa disewa mulai dari harga Rp25.000.

Jarak tempuh ke Candi Gedong Songo
Untuk menempuhnya, diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari objek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.

Gedong Songo - Ungaran: 25 km
Gedong Songo - Ambarawa: 15 km
Gedong Songo - Semarang: 45 km

Harga tiket masuk kawasan ini cukup murah hanya membayar Rp6.000 ribu rupiah saja. Untuk warga asing harus membayar 50 ribu rupiah. Harga yang cukup murah untuk menikmati kawasan yang benar-benar menakjubkan ini.

Selain Candi Gedong Songo di daerah Bandungan kita bisa berwisata ke pasar sayur dan bungan Bandungan, menikmati kuliner sate kelinci, tahu bakso dan buah kelengkeng khas Bandungan seperti diabadikan dalam lirik lagu lord Didi Kempot "Klengkeng Bandungan".




Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys