Loading...

Pentingnya SEO untuk Toko Online Agar Produk Masuk Halaman Satu Google dan Laris Manis

 


Campusnesia.co.id - Sekarang jualan online menjadi lebih mudah dengan kehadiran platform toko online seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dll. Tinggal bikin akun dan posting produk sudah bisa jadi owner toko online.

Hanya saja punya toko online itu satu hal, tapi dagangan laku keras dan laris manis adalah hal lainnya. Banyak hal yang perlu dilakukan salah satunya adalah membuat tampilan foto produk yang menarik, copy writing dan diskripsi produk yang jelas serta informasti, yang tak boleh dilupakan adalah pelayanan yang nyaman kepada customer, ini yang sering dilupakan bahkan ada seller yang kasar pada pertanyaan dan komplain pembeli akhirnya membuat tidak nyaman.

Bagi toko online yang baru di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dll, berada di puncak pencarian itu penting, sayangnya algoritma toko online yang ada kadang tidak berpihak secara adil, maka muncul fitur iklan untuk push produk dan toko online agar ditemukan dan muncul di pencarian teratas. Secara singkat penjual di platform toko online kurang punya kendali penuh atas toko onlinenya.

Menurut saya solusinya kembali pada setiap penjual harus punya website toko online sendiri, fungsi toko di platform Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dll sebagai saluran distribusi dan alternatif mempermudah transaksi.

Dengan punya website toko online sendiri kita sebagai owner jadi punya kendali penuh akan toko online kita, eksperimen, membuat promo dan yang paling penting menerapkan SEO agar web toko online kita berada di halaman pertama Google saat calon pembeli mengetikan kata kunci.

Contoh misalkan sobat pembaca mencari kata kunci "Plakat Tembalang" di Google, di halaman pertama akan menemukan toko online kami yaitu Loetju.com ini adalah contoh keberhasilan penerapan SEO untuk toko online.



Makna Strategi SEO
SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu sebuah teknik optimasi website online shop agar mendapat ranking teratas di hasil mesin pencarian Google, termasuk web toko online.

Dengan penerapan SEO yang baik dan benar membuat sebuah website online shop akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli dan akan mendatangkan traffic atau pengunjung.

Kenapa SEO Google yang jadi standart, padahal ada banyak mesin pencari seperti Bing, Amazon, Yahoo! dsb? sebab pengguna internet lebih banyak menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Mengutip data dari laman internetlivestats.com, bulan Mei 2022 setiap hari ada sekitar 7,4 miliar pencarian lewat Google, pengguna internet di dunia ada sebanyak 5,3 miliar.

Data dari Hootsuit pada tahun 2021 pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta atau setara dengan 73,7% dari jumlah seluruh populasi di Indonesia.


Pentingnya SEO untuk Toko Online dan Online Shop

1. Tentu saja agar online shopnya masuk halaman satu Google

2. Mendatangkan calon pembeli 

3. Pengenalan online shop dan produk yang dijual

4. Memudahkan calon pembeli menemukan toko online kita

5. Menjaring target pembeli yang spesifik

6. Menghasilkan uang dari penjualan pastinya

7. Meningkatkan penjualan produk dibanding hanya jualan di toko offline saja

8. Membangun ingatan pada toko online kita

9. Memperbesar peluang produk dikenali dan dibeli oleg customer

10. Memenangkan persaingan dengan online shop lain



Klasifikasi SEO

1. SEO dalam Konten atau SEO On Page
SEO on page yaitu cara mengoptimasi SEO yang mengfokuskan pada bagian isi konten website. Tujuannya untuk mengoptimasi konten website toko online sehingga mudah ditemukan calon pembeli.

Poin dalam SEO On Page yang harus diperhatikan misalnya:

a. Permalink judul link saat produk dishare

b. Judul produk yang mengandung kata kunci

c. Struktur dalam penulisan diskripsi produk

d. Gambar dan ilustrasi produk, jangan lupa rename nama file gambar

e. Sebaran keyword, masukan kata kunci yang ditarget dibeberapa bagian caption

f. Kualitas tulisan yang baik, ada unsur kebaruan informasi bukan repetitif

g. Internal link dari produk lain dalam website toko online

h. Bagian SEO lainnya, misalnya meta description dan tag kategori produk dan jasa yang dijual


2. SEO dari Luar Website atau SEO Off Page
SEO off page adalah cara memaksimalkan SEO yang konsen pada cara mendapatkan pengunjung dari luar website toko online. Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi produk dan jasa kita bagi calon pembeli.

Hal yang mesti diperhatikan dalam SEO Off Page untuk toko online yaitu:
a. Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google skornya dari 1-100 semakin besar semakin baik. Saat artikel ini ditulis skor DA Loetju.com adalah 10

b.Peningkatan PA atau Page Authority yaitu skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google skor 1-100 semakin besar semakin bagus. Saat artikel ini ditulis skor PA Loetju.com adalah 27

c. Promosi konten lewat sosial media instagram, facebook, pinterest, twitter dan instant messaging seperti whatsapp dan telegram. Untuk sosial media yang paling bagus adalah Twitter karena karakteristik penggunanya yang bagus dalam literasi.

d. Membangun Link berkualitas dengan mendapatkan link dari website lain yang biasa disebut backlink. Bisa dengan saling tukar backlink atau membeli backlink dari website lain yang menyediakan jasa jual backlink.




3. SEO Toko Onlinenya atau Practical SEO
Practical SEO adalah cara mengoptimasi SEO yang memfokukan pada bagian isi di dalam  website dan struktur yang membangunnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan struktur website toko online sehingga performanya maksimal, diterima serta mudah di-crawler oleh Google.

Poin berikut ini wajib diperhatikan dalam Practical SEO:

a. Kecepatan website toko online

b. Struktur website online shop

c. XML Sitemap toko online

d. Keamanan situs SSL artinya Secure Socket Layer

e. Tema toko online yang responsive

f. Layout website yang sederhana, clear dan clean 

g. Navigasi halaman, kategori produk dan artikel dsb



Tips agar toko online masuk halaman pertama Google:

a. Posting produk yang dimiliki dengan foto yang memadai

b. Buat deskripsi yang jelas dan apa adanya

c. Tambahkan judul yang menarik misalkan "Cetak Plakat Murah"

d. Riset kata kunci yang sesuai

e. Kuasai pasar lokal dulu, baru merambah ke pasar yang lebih luas, misal "Cetak Plakat Tembalang"

f. Konsisten dalam memperbaharui produk di toko online

g. Buat subdomain atau halaman untuk Artikel atau Blog. Isi dengan artikel terkait produk dan jasa yang ditawarkan sebagai sarana edukasi dan penjelasan secara rinci. 

Bisa juga artikel yang bahkan tidak berhubungan dengan produk dan jasa sekedar mendatangkan pembaca yang bisa jadi calon pembeli. Jangan heran jika di dalam blog Tokopedia, Bukalapak ada artikel tentang review film, itu adalah bagian dari strategi SEO.



Demikian tadi sobat Campusnesia, artikel kita kali ini tentang Pentingnya SEO untuk Toko Online Agar Produk Masuk Halaman Satu Google dan Laris Manis. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar



===
Baca Juga:








Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys