Loading...

Alur Cerita, Review dan Penjelasan Ending Doctor Strange in the Multiverse of Madness

 



Campusnesia.co.id -  Setelah megahnya sajian drama dan munculnya kembar tiga di Spiderman No Way Home, MCU kembali bersipa menggebrak jaga cinema dengan kehadiran film terbaru mereka Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Melanjutkan kesuksesan film pertamanya yang rilis tahun 2016, Doctor Strange in the Multiverse of Madness atau film ke duanya disutradarai oleh Sam Raimi, orang dibalik kesuksesan trilogi Spiderman versi Sony. 

Samuel Marshall "Sam" Raimi lahir pada 23 Oktober 1959 merupakan seorang sutradara dan aktor berkebangsaan Amerika Serikat. Dia menyutradarai film utamanya seperti Evil Dead. Dia dilahirkan di Royal Oak, Michigan. Berkarier di dunia film sejak tahun 1977.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness bisa disaksikan di bioskop terdekat kesayangan anda mulai tanggal 5 Mei 2022, cocok banget jadi tontonan saat libur lebaran bersama keluarga.


Pemeran Doctor Strange in the Multiverse of Madness
1. Benedict Cumberbatch sebagai Dr. Stephen Strange
Seorang ahli bedah saraf yang menjadi Master of the Mystic Arts setelah kecelakaan mobil yang mengakhiri karirnya. Penulis Michael Waldron membandingkan Strange dengan Indiana Jones sebagai pahlawan yang bisa "mengambil pukulan", tetapi dengan kecerdasan koki Anthony Bourdain, dan menambahkan bahwa dia adalah "pahlawan petualangan hebat yang suka Anda tonton". 

Waldron juga berharap untuk mengeksplorasi efek apa yang dialami Strange dalam penampilan MCU sebelumnya terhadap dirinya. Cumberbatch juga menggambarkan beberapa versi alternatif dari karakter tersebut, termasuk: "Sinister Strange", versi karakter yang "rusak dan berkarat"; "Defender Strange", versi yang tampaknya heroik berdasarkan versi Defender dari karakter dari komik; varian zombie yang sebelumnya diperkenalkan dalam serial animasi What If...? dan " Keanehan Tertinggi".


2. Elizabeth Olsen sebagai Wanda Maximoff Scarlet Witch
Seorang mantan Avenger yang dapat memanfaatkan sihir kekacauan, terlibat dalam telepati dan telekinesis, dan mengubah kenyataan, yang Strange mencari bantuan mengenai multiverse.

Film ini melanjutkan "kepemilikan Maximoff atas apa yang membuatnya unik dan akuntabilitas pengalaman hidupnya" yang dimulai dalam seri WandaVision (2021), dengan contoh kembalinya aksen yang lebih sesuai dengan bahasa Sokoviannya. 

Warisan setelah beberapa film MCU sebelumnya telah pindah ke versi Amerikanisasi. Olsen sebagian besar tidak menyadari cerita Multiverse of Madness saat pembuatan film WandaVision dan mencoba untuk memastikan peran Maximoff dalam film menghormati peristiwa seri daripada seri akan terpengaruh oleh film. Olsen juga menggambarkan versi alternatif dari karakter, termasuk varian zombie yang sebelumnya diperkenalkan di What If...?.


3. Chiwetel Ejiofor sebagai Karl Mordo
Seorang mantan Master of the Mystic Arts dan mentor yang berubah menjadi musuh Strange, yang sedang berburu penyihir lainnya. Ejiofor juga menggambarkan versi alternatif dari karakter tersebut.


4. Benediktus Wong sebagai Wong
Mentor dan teman The Sorcerer Supreme dan Strange bertugas melindungi relik dan buku Kamar-Taj yang paling berharga. Wong juga memerankan versi alternatif dari karakter tersebut, termasuk "Pembela Wong".


5. Xochitl Gomez sebagai America Chavez
Seorang remaja yang menerima kemampuan untuk melakukan perjalanan antar dimensi dengan meninju pintu terbuka sebagai seorang anak, dan yang berasal dari alam semesta lain yang dikenal sebagai Paralel Utopis.

Manajer produksi dan pengembangan Marvel Studios Richie Palmer menyatakan bahwa kekuatan Chavez "menjengkelkan" bagi Strange dan Wong mengingat mereka belum pernah bertemu siapa pun dengan kemampuan itu dan itu adalah tugas mereka untuk melindungi penghalang dimensi. 

Gomez mengatakan bahwa "semuanya benar-benar salah" untuk Chavez dalam film karena dia "melarikan diri dari keunikannya sampai dia belajar untuk menerimanya". Dia merasa perjalanannya dalam film adalah tentang belajar untuk percaya dan mencari bantuan dari orang lain sebagai "dia sendirian begitu lama dan [adalah] yang selamat", dan juga berusaha untuk menggambarkan versi muda dari karakter sementara juga tetap setia kepada bahan sumber. Film tersebut mengakui bahwa Chavez adalah gay seperti dalam komiknya.


6. Michael Stuhlbarg sebagai Nikodemus West
Seorang ahli bedah saingan untuk Strange.


7. Rachel McAdams sebagai Christine Palmer
Seorang ahli bedah darurat yang merupakan rekan dan kekasih Strange. Film ini mengeksplorasi keputusan Strange di akhir Doctor Strange (2016) untuk melindungi New York Sanctum dan tidak bersama Palmer, meskipun masih memiliki perasaan untuknya dan mungkin menyesali keputusan itu, bersama dengan berurusan dengan pernikahan Palmer yang akan datang. McAdams juga menggambarkan versi alternatif dari karakter tersebut.


8. Patrick Stewart, yang memerankan Charles Xavier / Profesor X yang lebih tua dalam film seri X-Men 20th Century Fox, muncul dalam film dalam peran yang dirahasiakan. 

9. Topo Wresniwiro dan Mark Anthony Brighton mengulangi peran mereka masing-masing sebagai Hamir dan Daniel Drumm, keduanya Master of the Mystic Arts, dari film pertama. 

10. Julian Hilliard dan Jett Klyne mengulangi peran mereka masing-masing dari WandaVision sebagai putra Maximoff, Billy dan Tommy. 

11. Hayley Atwell sebagai Peggy Carter / Kapten Carter seperti perannya dalam animasi di What If...? 

makhluk Gargantos, dirancang setelah Shuma-Gorath, Rintrah, seorang minotaur-esque berasal dari R'Vaal yang merupakan mahasiswa di Kamar-Taj, dan entitas kosmik Pengadilan Hidup. Kelompok Illuminati juga muncul dalam film ini.



Sinopsis Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Stephen Strange mengucapkan mantra terlarang yang membuka pintu ke multiverse, termasuk versi alternatif dari dirinya sendiri, yang menjadi suatu ancamannya terhadap kemanusiaan dan terlalu besar untuk kekuatan gabungan Strange, Wong, dan Wanda Maximoff. 



Poster Doctor Strange in the Multiverse of Madness


Trailer Doctor Strange in the Multiverse of Madness


((( Awas Spoiler )))


Alur Cerita, Review dan Penjelasan Ending Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Semua mala petaka dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness bermula ketika Wanda terobsesi muwujudkan dua anaknya yang sudah ditampilkan dalam series WandaVision.

Di episode terakhir series WandaVision kita diperlihatkan Wanda dengan astral projectionnya sedang mempelajari Buku Darkhold yang ia dapat setelah mengalahkan Agatha Harknes alias Agnes.

Ternyata Wanda dipengaruhi oleh sihir buku Darkhold tersebut memanfaatkan keinginan terdalamnya untuk bersama dengan anak-anaknya di universe yag lain.

Sebagai film kelanjutan langsung dari event di series WandaVision, Wanda di sini sudah menjadi Scarlet Witch dengan kekuatan yang luar biasa.

Adegan yang juga sudah muncul dalam trailer dan tv spot Battle of Kamar Taj akan memperlihatkan pertarungan kolosal Wanda melawan Doctor Strange, Wong dan penyihir lainnya.

Untuk yang bertanya apa sebenarnya penyebab kekacauan multi semesta dalam film ini, sebabnya bukan karena apa yang terjadi dalam series Loki, bukan juga karena kesalahan Dr. Strange dalam merapal mantra amnesia masal untuk membantu Peter Parker di Spiderman No Wa Home.

Akan tetapi karena karakter baru si 
America Chaves dari Utopia Paralel yang punya kekuatan berpindah universe dengan mudah, ability inilah yang banyak diinginkan orang termasuk dalam film ini yang jadi plot utama yaitu Wanda, tujuannya tidak lain mewujudkan keinginanya bersama kedua anak lanangnya.

Perlu dicatat bahwa America Chavez belum bisa mengontrol sepenuhnya kekuatan yang dimiliki, hal ini jadi alasan kenapa Wong, Dr Stange dll mati-matian melindunginya dari kejaran Wanda dan variannya.

Terima kasih untuk akun twitter @Ai_Sherry yang sudah membuat recap runutan kejadian di film kedua Dr Strange ini, berdasar pengamatan sepanjang durasi 2 jam film terdapat 4 Varian Dr. Strange yaitu:

1. Dr. Strange dari earth 616 time line utama semua plot film dan series Marvel Cinamatic Universe.

2. Defender Strange earth 11127
Ia adalah inisiator The Defenders yang beranggotakan Defender Strange, Iron Fist, Red She-Hulk, Namor, dan Silver Surfer.

3. Dr. Strange Supreme earth 199999

4. Dr. Strange Earth 939 tempat para X-men dan Inhuman eksis

Bagi yang bertanya dari universe mana varian Zombie Strange? Zombie Strange sebenarnya adalah Defender Strange yang telah tewas dalam pertarungan kemudian dikontrol oleh Dr. Strange Earth 616 dengan ilmu sihir dari Buku Darkhold yang diambil dan dari varian Supreme Strange dengan mata tiga.

Patung Dr. Strange jadi pahlawan yang ditampilkan dalam trailer dan tv spot adalah Dr. Strange earth 939, universe tempat Inhuman, Mutant X-Men, Captain Marvel versi Maria Rambeau eksis yang berdasar penjelasan dari dialog di earth 939 tidak ada avenger melainkan Illuminati yang anggotanya sudah muncul dalam spoiler, Prof. X, Reed Ricgard, Black Bolt, Captain Marvel dan Captain America versi Peggy Carter.

Dikisahkan bahwa Dr. Strange 939 tidak turut serta dalam perjuangan semua orang dan Iluminati melawan Thanos. Akhirnya ia dibunuh oleh Black Bolt lewat gelombang suaranya yang mematikan. Sekedar intermezo Kalau dalam ilmu kanuragan jawa, kekuatan Blackbolt yang suaranya bisa membunuh orang ini mirip ilmu "Samber Gelap".

Jadi penasaran kenapa Dr. Strange earth 939 tidak ikut melawan Thanos, apa karena ia tahu sebenarnya tujuan Thanos melenyapkan separuh polulasi itu "masih lebih baik" dibanding dengan niat jahat Celestial dalam event di film The Ethernals? dimana ia menunggu polulasi manusia tumbuh dan berkembang pesat hingga tiba waktunya "dipanen" oleh Tiamut? Hmmm bisa jadi ya

Anggota Illuminati yang ditampilkan dalam film ini dari earth 939 dunia tanpa Avenger sebagai penjaga bumi meliputi Sorcerer Supreme Mordo, Prof. Xavier dari X-Men, Captian America versi Peggy Carter, Captain Marvel versi Monica Rambeau jadi yang kecelakaan pas energi biru meledak bukan Carol Danver, Blackbolt dari series Inhuman, dan Ricards Reeds dari film Fantastic Four.

Varian Wanda Maximoff ada 3 yaitu Wanda earth 616 kita kenal juga sebagai  Scarlet Witch yang sudah terpengaruh oleh sihir dari buku Darkhold, Wanda berbaju putih yang mengejar America Chaves dan melawan tim Illuminati dan Wanda dari earth 939 versi keluarga sederhana, bahagia dan ibu penyayang anak-anaknya.

Hal tragis dalam film ini adalah kisah romansa sepasang dokter, Christine Palmer di semesta manapun tak ada yang berjodoh dan menikah dengan Dr. Strange, mungkin inilah praktik teori time travel yang disebut Predestination Paradox apapun kejadiannya hasil akhirnya tetap sama.

"i love you in every universe"


Dr. Strange dari earth 616 terpaksa menggunakan sihir dari Dark Hold untuk menyelamatkan America Chaves.

Menjelang akhir film, Wanda earth 939 menyadarkan Wanda earth 616 dengan belaian kasih sayang yang tulus dari seorang ibu seperti sekilas yang ditampilkan dalam trailer dan tv spot, scene ini bakal jadi antitesis semua kegilaan wanda dan penurunan tensi ketegangan film yang sedari awal sudah dibangun intens to the point sejak awal.

Endingnya mulai bisa ditebak, varian Wanda earth 616 sadar akan tindakannya yang salah dan akhirnya sang Scarlet Witch memutuskan menghancurkan semua Buku Sihir Darkhold yang jadi sumber mala petaka kacaunya semesta di film Doctor Stranger in the Multiverse of Madness di semua universe earth 616, earth 939 dan lainnya dimana  buku terkutuk itu eksis.

Wanda Maximoff membuat keputusan yang membuat penonton jadi sedih dan kasihan pada karakternya yang ambyar dan patah hati sepanjang film dengan meruntuhkan kuil Scarlet Witch untuk mengakhiri hidupnya.

America Chaves dan Wong membuka portal multiverse untuk menyekamatkan Dr. Strange earth 616.

Dengan berakhirnya film kedua ini, kita  memiliki Dr. Strange earth 616 dengan mata ketiga yang diperoleh dari sihir Darkhold. Perbedaanya terletak pada kemampuan Stephen dalam mengontrol kekuatan dahsyat itu lain halnya dengan varian Supreme Strange yang tidak bisa megontrol kekuatan mata ketiganya.

Dr Strange mata 3 muncul dalam scene teralhir saat ia berjalan penuh senyum dan muncul lagi saat didatangi Clea di mid credit scene.

Bagi sobat yang penasaran kenapa Strange versi Supreme atau Doctor Strange Mata Tiga  universenya hancur dan tinggal dia sendiri, karena ia yang terbutakan keinginan menghidupkan kembali Christine Palmer yang meninggal akibat kecelakaan, akan lebih mudah memahami semua kejadian di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness jika sudah menonton series animasi What If..? yang bisa disaksikan di Disney Plus.

Bocoroan akan ada Post credit scene yang menampilkan karakter Clea muncul dengan jubah ungu dan membuka portal dark dimention milik Dormamu dari film pertama.

Dr. Strange earth 616 pergi masuk ke dalamnya bersama Clea sebagai informasi karakter Clea ini diperankan oleh aktris bernama Charlize Theron.


((Spoiler Alert))

Seperti dalam threatment di Spiderman No Way Home akan banyak cameo yang muncul dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, sekaligus memperkenalkan karakter baru untuk film selanjutnya dan masuknya universe Marvel yang lisensinya dipegang oleh Fox yaitu Inhuman dan X-Men diatarnya:

1. Patrick Stewart sebagai Prof. X
2. Lashana Lynch sebagai Maria Rambeau penerus Captain Marvel
3. Hayley Atwell sebagai Captain Carter
4. John Krasinski sebagai Reed Richards
5. Anson Mount sebagai Black Bolt


Karakter yang mati dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Seperti di film Spiderman No Way Home kita harus berduka karena kematian Bibi May dan dalam Avenger End Game penonton harus bersedih karena kematian Tony Stark dan Natasha Rumanof, demikian juga dalam film terbaru MCU Doctor Strange in the Multiverse of Madness beberapa karakter yang baru saja tampil sebagai elemen suprise mesti dimatikan oleh MCU, hal ini mengingatkan kita pada penampilan singkat Pietro Maximoff yang dikenal dengan Quicksilver yang mati dalam Avenger Age of Ultron.

Sejauh ini berikut daftar karakter yang mati dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness:
1. Prof. X atau Charles Francis Xavier yang penampilannya comic akurat.
2. Maria Rambeau atau Captain Marvel dari universe lain
3. Peggy Carter sebagai Captain America, Captain Carter dari universe lain
4. Reed Richards atau Mister Fantastic
5. Black Bolt atau Blackagar Boltagon dari universe lain.
6. Dr. Strange Earth 939
7. Dr. Strange Defender
8. Dr. Strange Supreme







Kematian lima karakter di atas terjadi dalam pertarungan melawan Wanda yang kekuatannya berlipat ganda setelah mempelajari buku Darkhold.

Kemunculan 5 karekter di atas juga sebagai konfirmasi dan pengenalan masuknya franchise X-Men dan Inhuman dari cinematicnya Fox setelah dibeli oleh Disney.

Kehadiran Defender Strange juga mengkonfirmasi eksistensi The Defenders yang beranggotakan Defender Strange, Iron Fist, Red She-Hulk, Namor, dan Silver Surfer, beberapa karakter The Defender sudah tayang dalam series.

Hal ini semakin menarik, karena MCU saling terkait antara series dan film layar lebar setelah sebelumnya ada Matt Murdock dari Daredevil sebagai cameo di film Spiderman No Way Home.


Penjelasan Kemunculan Karakter Baru Bernama Clea
Adegan mid credit scene menunjukkan Doctor Strange sedang santai mengenakan syal yang ternyata adalah jubah magicnya berjalan menyusuri Kota New York, tiba-tiba sebuah portal antar dimensi terbuka mengarah ke dimensi gelap yang menahan Dormammu, musuh Stephen di Film pertama Doctor Strange tahun 2016.

Sorang wanita berpakaian ungu memberi tahu Strange bahwa dia membutuhkan bantuan untuk menyelamatkan alam semesta. Doctor Strange membuka mata ketiga, dan keduanya melompat ke dimensi baru gelap tersebut, kemungkinan besar mengarah pada petualangan baru di film MCU berikutnya.



Scene ini merupakan penampilan pertama aktris Charlize Theron di Marvel Cinematic Universe sebagai Clea, karakter keponakan Dormammu dan kalau sesuai comic akan jadi Love Interest Dr. Strange. Dalam komik, Clea dan Strange diceritakan berhasil mengalahkan Dormammu keduanya akhirnya menikah.

Kemunculan Clea bisa jadi obat untuk para penonton yang sudah patah jati dengan kisah asmara Dr. Strange dan Christine Palmer diperankan oleh aktris Rachel McAdams yang keduanya tak pernah berhasil sampai ke pelaminan dalam berbagai semesta, hingga muncul quote fenomenal abad ini "I Love You in Every Universe"

Makna kata I Love You in Every Universe yang diutarakan Stephen Strange kepada Christine sangat dalam. Dia sadarbetul bahwa mereka tidak bisa menjalin kehidupan layaknya sepasang kekasih walau keduanya saling cinta.

Strange, seperti juga prinsip Spider-man tak ingin orang yang dicintainya terluka dan disakiti oleh siapapun termasuk musuhnya yang mungkin ingin menggunakan orang dekatnya sebagai alat balas dendam.

Alasan kedua sebagai superhero dengan kekuatan luar biasa di atas manusia rata-rata tugasnya menjaga perdamaian dunia dan keselamatan umat manusia tidak memungkinkan strange menjalani kehidupan normal layaknya orang biasa.

Sewaktu-waktu ia harus melakuakn tugasnya sebagai superhero tak peduli kapanpun, dimanapun, bagaimana kehidupan asrama dan ruah tangga dijalani denan rutinitas seperti ini.

Ada sebuah kerelaan yang dalam dalam I Love You in Every Universe, bahwa mencintai tak harus memiliki, bahwa strange akan bahagia melihat Christine bahagia walau bukand dengan dirinya.

Christine memahami hal itu, mendukung keputusan Stephen Strange dan sadar betul bahwa kekasihnya adalah super hero dengan beban tanggung jawab di pudnaknya.

Strange Evil jadi kalap terpengaruh Darkhole hingga universenya hancur tidak lain karena rasa kehilanannya pada sang kekasih Christine. Tak bisa menerima kenyataan dan merelakan dia jadi ambisius dan di luar kendali hingga menghancurkan universenya.

Jadi ingat sebuah judul lagu band Sheila On 7...kita harus..Lapang Dada.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys