Loading...

Catlover Lakukan 6 Langkah ini untuk Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Sebelum Membawanya ke Dokter



Campusnesia.co.id - Hallo sobat campusnesia terutama catlover semuyanya. Melihat kucing peliharaan kita kehilangan nafsu makan bisa membuat kita sebagai pemilik menjadi cemas. Kucing yang kehilangan nafsu makan bisa dilihat dari nafsu makannya yang menurun, lesu dan kehilangan semangatnya. 

Kucing bisa tiba-tiba tidak nafsu makan disebabkan oleh sejumlah faktor seperti jenis makanan yang tidak cocok, masalah pencernaan, stres, sakit gigi, dan kondisi kesehatan lainnya. Meskipun ada banyak alasan bagi kucing untuk menolak makanan, ada sejumlah tips untuk mengatasinya. 


Berikut kami sajikan beberapa tips untuk meningkatkan nafsu makan kucing:

1. Berikan makana favorit kucing catlover

Kucing pasti punya makanan favoritnya, naa catlover bisa memberikannya ketika nafsu makannya menurun. Memberi makanan favorit pada kucing bisa membuat kucing lebih bersemangat untuk makan. Catlover juga bisa memberikan cat treats atau snack kucing yang sangat disukai kucing.


2. Mengganti makanan kucing 

Terkadang kucing bisa kehilangan nafsu makan karena ketidakcocokan terhadap makanan yang ia konsumsi. Kucing juga bisa bosan dengan jenis dan rasa makanan yang terus sama dalam waktu lama. Sehingga catlover bisa mencoba untuk mengganti jenis atau merek makanan yang berbeda untuk kucing catlover.


3. Berikan Makanan yang Bertekstur Basah

Banyak kucing akan lebih suka makanan dengan kadar air yang lebih tinggi, terutama kucing yang belum biasa makan makanan kering. Hal ini mungkin bisa catlovers coba untuk mengatasi kondisi jika kucing tidak nafsu makan. Makanan basah juga bisa mempermudah kucing mengunyah dan menelan. Ini sangat membantu ketika kucing memiliki masalah mulut seperti sakit gigi. Makanan basah juga lebih mudah dicerna.


4. Berikan Makanan dengan Aroma yang Kuat

Makanan beraroma kuat bisa memicu kucing untuk makan. Kucing menyukai makanan yang memiliki aroma daging atau ikan yang kuat. Catlover bisa memberikan ikan atau ayam yang sudah direbus untuk meningkatkan nafsu makan kucing.


5. Hindarkan Kucing dari Stress

Stres menjadi salah satu penyebab kucing kehilangan nafsu makannya. Pastikan untuk mengenali tanda-tanda kucing stres seperti grooming berlebihan dan terus mengeong tanpa sebab. Sering menggendong, mengajak bermain dan mengelus kucing bisa menurukan tingkat stres pada kucing.


6. Pastikan Kucing tetap Terhidrasi 

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, pastikan juga kucing tidak dehidrasi. Kucing yang dehidrasi bisa berisiko mengalami masalah kesehatan yang berpengaruh pada nafsu makannya. Pastikan untuk selalu menyediakan air minum untuk kucing. Air juga bisa ditambahkan pada makanan kucing.


Itulah beberapa langkah awal yang dapat catlover lakukan jika kucing tidak nafsu makan.  Jika kejadian ini berlangsung lebih dari 2-3 hari  segera ke dokter hewan dan pastikan juga agar tetap memperhatikan kebersihannya.


Sekian informasi yang dapat kami berikan terkait langkah awal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan kucing sebelum membawanya kedokter hewan, semoga dapat membantu sobat campusnesia.



Penulis: Wulan Sari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys