Loading...

20 Rapper Indonesia Populer dari Masa ke Masa

 


Campusnesia.co.id - Rap adalah salah satu dari empat elemen budaya Hip-hop. Rap merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap diiringi oleh DJ atau oleh sebuah band. 

Rap dapat juga ditelusuri kembali ke akar Afrika, di mana berabad-abad sebelum musik Hip-Hop ada, Afrika Barat telah memberikan cerita berirama yang bernama griots, lebih dari drum dan instrumentasi jarang. Koneksi tersebut telah diakui oleh seniman masa kini.

Biasanya, rapper seperti penyanyi biasa, yaitu bernyanyi solo. Contohnya adalah Nas, Jay-Z dan Kanye West. Ada pula rapper yang menjadi anggota band, misalnya Mike Shinoda dari Linkin Park. Umumnya, rapper berkulit hitam karena banyak rapper berasal dari daerah pinggiran di Amerika Serikat. 

Di antara sedikit rapper yang berkulit putih adalah Eminem, Macklemore, dan Pitbull. Rapper sering disebut pula dengan MC ataupun Emcee (Master of Ceremony). Di Jamaika, istilah rapper dapat disebut Dee-Jay seperti Sean Paul.

Di Indonesia sendiri musik rap telah berkembang dan menjadi salah satu genre musik yang mendapat perhatian. Musisi-musisi lokal yang karya musik rap atau hip-hopnya telah meramaikan blantika musik Indonesia di antara nya adalah Iwa K, Soul ID, Saykoji, Fade to Black (Bondan Prakoso & Fade 2 Black), Batik Tribe, 8 Ball. 

Jenis musik terbaru yang ada adalah trip Hop, yaitu perpaduan antara Jazz dan Hip-hop, salah satu musisi Trip Hop Indonesia yang kental unsur Rapnya adalah Aji Kikuta.


Berikut adalah daftar 20 Rapper Indonesia Populer dari Masa ke Masa.

1. Benyamin S.
H. Benyamin Sueb adalah pemeran, pelawak, sutradara dan penyanyi Indonesia. Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film. Benyamin Sueb masuk ke dalam daftar The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia.


2. Saykoji
Ignatius Rosoinaya Penyami yang lebih dikenal dengan nama Saykoji atau Igor Saykoji adalah seorang rapper, penyanyi dan aktor Indonesia. Lagu Online sangat populer pada masanya.


3. Iwa K
Iwa Kusuma yang lebih dikenal dengan nama panggung Iwa K adalah seorang rapper berkebangsaan Indonesia. Kecintaannya pada rap bermula dari kesenangannya bermain breakdance. Salah satu lagu paling populernya berjudul Bebas.


4. Bondan Prakoso & Fade 2 Black
Bondan Prakoso & Fade 2 Black merupakan kolaborasi musikal antara Bondan Prakoso (musisi, bassis) dan Fade2Black (grup rap beranggotakan Titz, Santoz dan Lezzano).

Pada tahun 2004 Bondan berniat membuat proyek musik yang menggabungkan berbagai jenis musik ke dalam sebuah bentuk musik baru. Dia lalu mengajak Titz, seorang rapper yang merupakan teman satu kampusnya di Universitas Indonesia untuk bergabung. Namun Titz merasa kalau band ini akan semakin kuat jika grupnya, Fade 2 Black, turut bergabung.

Akhir tahun 2004 Bondan & Fade 2 Black mulai melangkah ke dapur rekaman. Mereka pun menciptakan beberapa lagu dengan sentuhan Rap, Rock, dan Funk. Bondan Prakoso bertanggung jawab di sisi instrumen, looping dan aransemen, sedangkan Fade 2 Black menggarap lirik lagunya.


5. Farid Hardja
Farid Hardja adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu dalam industri musik pop Indonesia. Sosok Farid, awalnya dikenal dengan penampilan yang mirip Elton John: berkepala agak botak dan gonta-ganti kacamata, dan pada akhir hidupnya ia berdandan bak saudagar dari daratan Afrika.


6. Morgue Vanguard
Herry Sutresna (lahir 21 Juni 1974) adalah seorang musisi, rapper dan penulis. Ia adalah salah satu pendiri kolektif hip hop Homicide pada tahun 1994. Memiliki nama moniker Morgue Vanguard, bersama Homicide, ia sempat membuat tiga album dan satu mini album sebelum Homicide membubarkan diri pada tahun 2007. 

Selepas Homicide, Ucok membuat album solonya “Fateh” dibantu DJ asal New York, Still. Ucok adalah alumni Sastra Inggris Universitas Padjajaran dan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung—yang kemudian sempat aktif di Partai Rakyat Demokratik (PRD) pada masa senjakala Orde Baru.


7. Blakumuh
Digawangi Doyz dan Erik, Blakumuh ini sebenarnya mirip-mirip dengan Homicide di beberapa lagu, yang kerap mengangkat isu-isu dan keadaan sosial dalam musiknya. 


8. Sindikat 31
Sindikat 31 adalah grup rap (Hip Hop) lawas yang berdiri pada pertengahan tahun 1990. Salah satu lagu populernya adalah Original Soundtracknya Kera Sakti yang pasti generas 90-an hafal semua liriknya


9. Pandji Pragiwaksono
Dikenal lewat reality Show Kena Deh, kemudian menjalani karir sebabai penyanyi Rap dengan beberapa album dan kini kita mengenalnya sebagai Stand Up Comedian dan akktor film layar lebar.

Saat artikel ini ditulis, Pandji Pragiwaksono sedang berada di New York menjalani karir sebagai comika internasional mulai dari nol.


10. Yacko
Yani Oktaviana atau Yacko merupakan seorang rapper berkebangsaan Indonesia. Dia pernah meramaikan Pesta Rap 2 dengan lagu Nongkrong yang ikut menghiasi lagu tema film Anacondas. Dia memulau debut singel "So What?!" yang terdapat dalam album Refleksi yang dirilis pada tahun 2005.


11. Joe Million
Jayawijaya Parulian Nababan atau yang dikenal dengan nama Joe Million (lahir 20 Januari 1992) merupakan seorang Rapper berkebangsaan Indonesia. Selama berkarier Joe Million sudah merilis sebanyak tujuh album, yakni tiga album studio dan satu album mini, ternasuk tiga album kolaborasi dengan Indra Menus.


12. Tuantigabelas
Muhammad Syaifullah atau dikenal dengan Tuan TigaBelas merupakan seorang rapper asal Indonesia.


13. Ebith Beat A
Ebith Brat A merupakan Rapper Islami asal bandung yang meracik lagu religinya dengan format Hiphop. Gaya musiknya cukup sederhana untuk membuat telinga gatal. 

Lirik yang ia sampaikan terkesan mengkritisi. Ada beberapa lagunya yang menggunakan bahasa daerah salah satunya SAHA NGARAN MANEH SAHA. Bahkan lagu ini merebut posisi puncak selam berminggu-minggu di berbagai chart baik chart lagu Indonesia, chart indie, ataupun chart request di radio-radio. 

Menjelang Ramadhan 2006 ia mengeLuarkan album bertitle “KETIKA HATI BICARA” yang menggabungkan unsur nasyid dan HipHop. Kemampuan Ebith mendapat apresiasi baik dari musisi-musisi, itu terbukti Ebith pernah bernyanyi bersama Haddat Alwi, Kuburan Band dan masih banyak lagi.


14. 8 Ball Sleepless in Mind
M. Iqbal merupakan Rapper Maluku yang lahir di Malang yang mulai ngerap sejak tahun 2003 di Jogja.


15. Soul ID
Soul ID adalah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 2002. Grup musik ini sekarang beranggotakan 3 orang yaitu EndrumarcH, Tabib Qiu, dan Jaydee. Genre dari group musik ini adalah Hip-hop, R&B, dan Pop. 


16. Mizta D
Mizta D merupakan seorang rapper berkebangsaan Indonesia. Merilis album perdananya pada tahun 2005, dengan judul Back 2 The Ol' Skool.


17.  Ucok Munthe


18. JFlow
Joshua Matulessy (lahir 8 April 1985), dikenal secara profesional sebagai JFlow, merupakan seorang rapper, produser rekaman, penulis lagu, dan aktor asal Indonesia. Ia bersama Saykoji, Guntur Simbolon, dan Rendy Rainhard memiliki grup vokal rohani yang bernama Disciples. 

JFlow memiliki sejumlah album seperti Facing Your Giants dan Dreambrave. Beberapa karya terkenalnya adalah "Dance Tonight" dan "Unbeatable" dari Energy of Asia: Official Album of Asian Games 2018.

JFlow telah mendapatkan empat nominasi Anugerah Musik Indonesia dan memenangkan satu diantaranya pada kategori Karya Produksi Rap/Hip-hop Terbaik untuk lagu "We are One Part II". Ia juga pernah dinominasikan Piala Citra 2016 untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik atas penampilannya dalam film Salawaku.


19. Young Lex
Samuel Alexander Pieter, yang lebih dikenal dengan Young Lex, adalah rapper, penyanyi, selebriti internet, dan aktor berkebangsaan Indonesia. 


20. Rich Brian
Brian Imanuel Soewarno, yang lebih dikenal dengan nama Rich Brian, adalah seorang penyanyi rap, produser rekaman, dan penulis lagu Indonesia. Ia dikenal melalui singelnya yang berjudul "Dat $tick", yang dirilis pada bulan Maret 2016. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys