Loading...

Tutorial Cara Mudah Atasi Typo Saat Menulis dengan Fitur Spelling and Grammar Correction Gmail




Campusnesia.co.id - Ide bisa datang dari mana saja, saat ia muncul harus segera ditangkap dan diikat agar tidak lepas, salah satunya adalah dengan menulisnya, urusan pengembangan dan pendalaman bisa dilakukan belakangan, yang penting jangan sampai hilang.

Dalam hal menuliskan ide dan gagasan, ada nasehat bijak, tutup mata dan mulailah mengetik. Tujuannya agar semua ide dan yang terlintas keluar semua, kesampingkan dulu urusan tata bahasa, tanda baca dan kesalahan penulisannya.

Typo, pasti banyak sekali kata yang typo tapi gak apa-apa, karena golnya adalah mengeluarkan semua isi kepala, baru di tahap koreksi dan editing semua kesalahan tadi diperbaiki.

Ngomong-ngomong soal Typo, ada beberapa cara untuk mengetahuinya sebelum kita berusaha memperbaikinya, misalnya jika kita menulis di dashboard blog maka pada kata yang salah ketik akan muncul tanda garis bawah berwarna merah demikian juga di aplikasi menulis populer seperti Microsoft Word.

Sayangnya, tanda garis bawah merah tadi hanya bisa memberitahu kita tentang kesalahan pengetikan kata, tidak termasuk memperbaikinya, perbaikannya harus dilakukan secara manual yang kadang pengetahuan kita juga mempengaruhi kualitasnya, apakah kata yang kita maksud sudah benar atau belum.

Baru-baru ini saya punya pengalaman yang baru saya sadari bisa dijadikan solusi atasi Typo saat menulis yaitu memanfaatkan email Gmail dari Google.

Fitur ini namanya "spelling and grammar correction in Gmail" dengan bantuan AI untuk merekomendasikan kata yang tepat dan benar sebagai koreksi dari kata dan pengucapan diksi yang kita ketik.

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana fitur koreksi kata di email Gmail bekerja, saya mengetik kata yang Typo, akan muncul tanda garis bawah merah, saat kita klik kata yang Typo akan muncul rekomendasi kata yang tepat sebagai koreksi, tinggal klik dan masalah typo teratasi, mudah bukan?


Tentu saja fitur ini dibuat untuk email saja pada awalnya yang kita tahu namanya email pasti tidak terlalu panjang isinya, namun suatu hari saat mengirimkan artikel ke sebuah media online yang mensyaratkan naskah di tulis di Body email bukan attachment, fitur ini juga bisa digunakan untuk body email yang panjang.

Jadi saya menemukan ide, fitur koreksi dari email gmail ini bisa juga kita manfaatkan untuk koreksi tulisan sebelum di kirim atau dipublikasikan.

Caranya setelah menulis di note handphone, microsoft word, notepad atau dashboard blog copy paste tulisanmu ke body email Gmail, pada kata yang muncul tanda merah klik ketika muncul rekomendasi kata yang benar klik.

Setelah semua selesai copy dan paste lagi ke note handphone, microsoft word, notepad atau dashboard blog.

Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Tutorial Cara Mudah Atasi Typo Saat Menulis dengan Fitur Spelling and Grammar Correction Gmail, kamu juga pasti bisa, selamat mencoba.


Penulis:
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys