Loading...

Tanggal 6 Mei 2022 Harga Kerupuk Blek atau Uyel Naik, Yuk Bikin Sendiri Ini Resepnya

 


Campusnesia.co.id - Menyusul kenaikan harga minyak goreng, gula dan pertamax ada lagi nih yang bakal naik yaitu harga kerupuk blek dari yang biasanya Rp1.000 bakal naik jadi Rp2.000 per pcs.

CNN Indonesia menulis "Harga Kerupuk Kaleng Naik Jadi Rp2.000 Mulai 6 Mei 2022" untuk pecinta kerupuk bakal jadi kabar sedih nih, biasanya dua ribu rupiah dapat dua kini cuma dapat satu saja, kriuk.

Indonesia memang terkenal dengan banyaknya ragam jenis kerupuk, ada kerupuk Pati, kerupuk Udang, kerupuk kulit, Tengiri dll.

Di daerah pantura seperti Demak, Kudus, Pati, Juwana dan Rembang kerupuk kaleng melingkar-lingkar ini disebut dengan kerupuk Blek, merujuk pada sebutan kalengnya yang biasa disebut Blek.

Di daerah lain kerupuk Blek ini disebut kerupuk Uyel yaitu kerupuk putih atau dikenal kerupuk kampung, seperti mie keriting terbuat dari tepung tapioka dicampur tepung terigu.

Umumnya berwarna putih, ada juga yang membuat aneka variasi warna, seperti warna kuning, hijau dan pink untuk daya tarik.

Warna putih yang lebih laris yang disukai oleh pembeli karena tidak menggunakan zat pewarna makanan, lebih asli, untuk aneka rasa biasanya dengan penambahan rasa ikan asli, udang, bawang dan seledri. 

Kerupuk ini terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka atau aci warna originalnya memang berwarna putih namun ada juga kerupuk uyel warna warni, seperti warna kuning, pink, dll.

Uyel-uyel itu maksudnya keriting memang untuk membentuk kerupuk biasa ini dengan cara di uyel-uyel membentuk keriting. 

Kerupuk Blek ini sangat penting untuk pelengkap makan soto ayam dan soto daging, lontong kari, sate ayam dan, sate kambing, bakso sapi, mie kocok, mie jawa, mie godhog, mie tek tek, serombotan, gado-gado, dan ketoprak.

Apalagi untuk anak kos, Kerupuk Blek adalah penyelamat tanggal tua, cukup dengan nasi putih hangat dan kecap manis sudah berasa nikmat luar biasa.

Kerupuk Uyel atau Kerupuk Blek disediakan dengan kemasan dalam kaleng atau bungkus plastik dan dengan mudah bisa ditemukan di rumah makan padang, warteg, dan rumah makan sunda, warung makan, dll. 

Dalam hal ukuran juga variatif dibuat oleh pabrik kerupuk dari ukuran kecil, sedang sampai yang besar jumbo. Daerah penghasil kerupuk enak dan terkenal adalah sentra kerupuk ada di Demak dan kota Pati jawa tengah dan di hawa barat ada di Ciamis.

Produksi dilakukan dengan mesin adapula manual untuk cetak kerupuk uyel mentah, selain itu ada juga di daerah Jawa, Sumatera, Bali, dll, memang kebanyakan yang memproduksi kerupuk ini adalah orang Jawa dan Sunda.

Hal unik lain dari kerupuk Blek adalah nama-nama di kalengnya, misalnya ada Harapan Jaya, Putra ACC, Putra Jaya, Hikmah, Subur dll.

Kerupuk Blek diolah dengan dua cara, umumnya digoreng dengan minyak tapi adapula digoreng dengan pasir, untuk beberpa orang kerupuk goreng pasir adalah pilihan bagus untuk yang sedang diet minyak goreng, cocok nih saat migor harganya gak masuk akal.

Oke sobat Campusnesia, lewat postingan kali ini yuk coba kita belajar membuat kerupuk Blek atau Uyel, kami kutip dari laman carabuatresep.blogspot.com ini resep dan langkah-langkahnya.



Bahan Kerupuk Blek:
- 500 gram tepung tapioka
- 50 gram tepung terigu
- 125 ml air
- 20 gram garam
- 15 gram bawang putih
- 15 gram gula pasir
- Penyedap rasa secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Blek atau Uyel Gurih Renyah:
- Tumbuk dan goreng bawang putih. Dinginkan dan campur dengan garam, gula pasir dan penyedap rasa.

- Tambahkan tepung tapioka dan terigu. Tuang air sambil diuleni hingga kalis. Tambah pewarna jika suka.

- Cetak berbentuk bulat keriting (uyel-uyel) dengan cetakan berlubang kecil-kecil atau menggunakan alat manual seadanya.

- Kukus hingga matang, kurang lebih 15-25 menit.

- Jemur hingga kering di bawah panas matahari.

- Panaskan minyak, goreng hingga matang. Angkat, tiriskan
Sajikan.

- Atau goreng dengan pasir yang sudah diayak, tiriskan dan sajikan


Demikian tadi postinga kita kali ini tentang Tanggal 6 Mei 2022 Harga Kerupuk Blek atau Uyel Naik, Yuk Bikin Sendiri Ini Resepnya. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys