Loading...

Pengalaman Ganti Template Blog yang Aman, Agar Google Adsense Tetap Tampil 2022

 


Campusnesia.co.id - Di penghujung bulan puasa 1443 H tahun 2022 ini sempat mengalami masalah dengan blog website Campusnesia. Gara-gara ingin memperbaiki masalah Breadcumb akibat perubahan algoritma Google dari Skema data-vocabulary.org ke Scema.org yang fungsinya memaksimalkan pencarian internal web dan crawler, jumlahnya sangat besar hingga kalau tidak diperbaiki rasanya gak tenang.


Algoritma data-vocabulary.org ini dihentikan 1 februari 2021, karena Campusnesia dibuat tahun 2015 dengan konten yang sudah mencapai 2.000 post maka ditemukan banyak sekali breadcumb.


Setelah cari-cari referensi di google ketemulah sebuah tutorial dari sebuah blog tentang cara memperbaiki breadcumb. Saya coba memperbaiki, memcari kode yang dimaksud dan mengganti dengan kode yang baru diberikan, sayangnya saya lupa baca higga akhir tutorial tersebut yang menyebut saran "backup dulu template lama karena kemungkinan akan mempengaruhi tampilan website".


Alhasil setelah memasang kode baru tampilan beranda web campusnesia jadi berantakan dan penyesalan terjadi. Buru-buru mencari kembali kode yang tadi diganti dengan maksud mengembalikan ke kode semula, sayangnya sudah tidak ditemukan, mulai keringat dingin.


Setelah mempertimbangkan berbabagi kemungkinan, solusi terbaik adalah mengganti template website campusnesia, sekaligus memperbaharui tampilan yang sudah jadul karena dibuat tahun 2015 lalu.

Hanya saja mengganti template web yang sudah dipasang adsense akan ada resiko adsense tidak tampil, dibanned google, traffic turun dan lain-lain. Kalau tampilan dan tata letak yang berubah itu jelas dan kita harus menata ulang, membuat halaman di top bar, side bar dan buttom bar, butuh effort.


Kembali lagi searching tentang cara paling aman akhirnya ketemu sebuah pengalaman dan tutorial Ganti Template Blog yang Aman, Agar Google Adsense Tetap Tampil. 


Yaitu hapus dulu iklan Google AdSense versi display, sisakan yang berada di atas Tag Meta dibawah <head>. Kemudian buka dulu kode XML di wordpad, buka juga kode HTML template ydi blog yang akan diganti, cari kode-kode penting diantaranya:

1. Kode Google AdSense
2. Kode Google Verification
3. Kode Meta Tag
4. Kode User 

Letakan kode-kode tersebut di barisan kode XML blog yang baru sesuai letaknya di barisan kode blog yang lama, kemudian copy semua kode blog baru ke web yang aktif kemudian save.

Cara ini berhasil, web template tampilan baru berhasil diinstal, Google AdSense tetap tayang dan kekhawatiran akhirnya hilang. Tugas selanjutnya adalah merapikan halaman di top bar, tentang halaman berdasar label postingan artikel, side bar biasanya tentang postingan trending, sosial media dan label. Untuk buttom bar biasanya berisi disclaimer, sitemap, privacy police, pedoman pemberitaan siber dan lainnya sesuai kebutuhan website kita.

Sebagai penutup, tips dari saya gunakan template yang premium berbayar dengan membeli dari devoloper terpercaya.

Demikian tadi sobat campusnesia postingan kita kali ini tentang Pengalaman Ganti Template Blog yang Aman, Agar Google Adsense Tetap Tampil 2022. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


===
Baca Juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys