Loading...

Biografi Fujiko Fujio Pengarang Obake No Q taro, Doraemon dan Ninja Hattori

 



Campusnesia.co.id - Kabar duka datang dari dunia Manga, Motoo Abiko atau yang dikenal sebagai Fujiko A. Fujio telah berpulang hari ini (7/4) di Kawasaki.

Dia dikenal sebagai seorang mangaka di balik komik Ninja Hattori, Kaibutsu-kun, dan Sounen Jidai.

Fujiko A. Fujio (Motoo Abiko) Mangaka berusia 88 tahun ini ditemukan meninggal di rumahnya sekitar pukul 08.40 pagi 7 April 2022.

Turut berduka, Rest in Peace buat Fujio, lewat postingan kali ini kami ingin mengajak pembaca untuk kenal lebih dekat dengan sosok Fujio lewat Biografi Fujiko Fujio Pengarang Obake no Q taro, Doraemon dan Ninja Hattori.


Fujiko Fujio (藤子 不二雄) adalah nama samaran dari duo mangaka dari Jepang, dengan nama asli Fujimoto Hiroshi (藤本弘, Takaoka, 1 Desember 1933–23 September 1996) dan Abiko Motoo (安孫子素雄, lahir di Himi, 10 Maret 1934). 

Mereka membentuk kerja sama pada 1951, dan mulai menggunakan nama Fujiko Fujio mulai dari 1954 hingga berpisah pada 1987.

Dari perpisahan tersebut, mereka kemudian mulai merilis karya mereka dengan nama masing-masing, Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) digunakan oleh Fujimoto Hiroshi dan Fujiko A. Fujio (藤子不二雄A) oleh Abiko Motoo. 

Sepanjang karier mereka, kedua mangaka tersebut telah memenangkan berbagai penghargaan atas nama individual maupun bersama. Keduanya paling dikenal setelah menciptakan Doraemon, seri manga dan animasi yang telah diakui secara resmi sebagai ikon budaya Jepang modern.

Karya mereka dicatut telah menginspirasi beragam seniman dan komikus terkenal lainnya, termasuk diantaranya Osamu Tezuka dan Hanna-Barbera.


Daftar karya Fujiko Fujio 

Karya utama Fujiko Fujio:
- Obake no Q-taro (1964-1969, 1971-1974; バケのQ太郎)
- P-Man (1966-1968, 1983-1986; パーマン)
- 21-Emon (1968-1969, 1981; 21エモン)
- Mojacko (1969-1970; モジャ公)
- Umeboshi Denka (1969; ウメ星デンカ)
- Esupā Mami (1977-1982; エスパー魔美 )
- Kiteretsu Daihyakka (1974-1977;)
- Chimpui (1985, 1987-1988; チンプイ)
- Ninja Cilik Hattori (1964-1968, 1981-1988; 忍者ハットリくん)
- Kaibutsu Kun (1965-1969, 1980-1982; 1972; 怪物くん)
- Warau-Salesman (1968-1971, 1989-1996; 笑ウせえるすまん)
- Manga Michi (1977-1982; まんが道)
- Matarō ga Kuru!! (1972-1975; 魔太郎がくる!!)
- Puro Gorufā Saru (1974-1980; プロゴルファー猿)
- Shadow Shokai Henkirou (1976-1977; シャドウ商会変奇郎)
- Shonen Jidai (1978-1979; 少年時代)



Obake no Q-taro 
Obake no Q-taro (オバケのQ(キュー)太郎 Obake no Kyū-tarō) adalah judul sebuah manga yang dikarang oleh Fujiko Fujio pada tahun 1964-1966 dan Fujiko F. Fujio pada tahun 1971-1974. Serial komik ini telah diadaptasikan dalam bentuk anime di Jepang.

Karakter
Q-taro (Q太郎 Q-tarō)
Shota Ohara (大原 正太 Ōhara Shōta)
Shin'ichi Ohara (大原 伸一 Ōhara Shinichi)
Tsuyoshi Saigo (西郷 強 Saigō Tsuyoshi)
Hakase (ハカセ Hakase)
Kizao Kiza (木佐キザオ Kiza Kizao)
Yoshiko Koizumi (小泉 美子 Koizumi Yoshiko)
Inari (イナリ)
Tanuki Bunbuku (ブンブク・タヌキ Bunbuku Tanuki)
Koike-san (小池さん)
Kamirani-san (神成さん)
Shosuke Ohara (大原 正助 Ōhara Shōsuke)
Setsuko Ohara (大原 節子 Ōhara Setsuko)
Dorompa: Dorompa adalah obake Amerika.
U-ko (U子)
P-ko (P子)
O-jiro (O次郎 O-jirō)

Serial anime (1965-1967)
Serial TV pertama di Obake no Q-taro yang dibuat oleh Fujiko Fujio dan Tokyo Movie Shinsa. Serial yang terdiri dari 97 episode ini merupakan hasil produksi bersama TBS, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 29 Agustus 1965 sampai dengan tanggal 28 Juni 1967.

Pengisi suara
Q-taro: Machiko Soga
Shota: Kazue Tagami
Shin'ichi: Masako Nozawa
Doronpa: Michie Kita
P-ko: Yoko Mizugaki
U-ko: N/A
Godzilla: Kaneta Kimotsuki
Hakase: N/A
Kizao: N/A
Yocchan: Mariko Mukai
Papa: Fumio Matsuoka → Isamu Tanonaka
Mama: Haruko Kitahama
Koike-san: Hiroshi Otake
Kamirani-san: Reizo Nomoto
Momokuri Sandayuu: Keiroku Seki

Musik
Lagu pembuka
"Obake no Q-taro" (オバケのQ太郎 Obake no Kyū-tarō)
Lirikis: Tokyo Movie Planning Department (東京ムービー企画部 Tōkyō Mūbī Kikakubu)
Komponis: Kenjiro Hirose (広瀬 健次郎 Hirose Kenjirō)
Penyanyi: Susumu Ishikawa (石川 進 Ishikawa Susumu)

"Oba Q Ondo" (オバQ音頭 Oba Kyū Ondo)
Lirikis: Fujiko Fujio (藤子 不二雄 Fujiko Fujio)
Komponis: Kenjiro Hirose
Penyanyi: Susumu Ishikawa dan Machiko Soga (曽我 町子 Soga Machiko)

Lagu penutup
"Boku to Q-chan" (ぼくとQちゃん Boku to Kyū-chan)
Lirikis: Takatomo Endo (遠藤 隆智 Endō Takatomo)
Komponis: Kenjiro Hirose
Penyanyi: Aya Yoshida (吉田 亜矢 Yoshida Aya)

"Oba Q Ondo" (オバQ音頭 Oba Kyū Ondo)
Lirikis: Fujiko Fujio
Komponis: Kenjiro Hirose
Penyanyi: Susumu Ishikawa dan Machiko Soga

Serial anime (1971-1972)
Serial sekuel di Q-taro, Shin Obake no Q-taro (新オバケのQ(キュー)太郎 Shin Obake no Kyū-tarō) yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio dan Tokyo Movie Shinsa. Serial yang terdiri dari 70 episode ini merupakan hasil produksi bersama NTV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 1 September 1971 sampai dengan tanggal 27 Desember 1972.




Ninja Hattori
Kenichi Mitsuba (10 tahun) adalah anak biasa, namun kurang pintar, yang pergi ke sekolah dasar untuk belajar. 

Sementara itu seorang ninja kecil bernama Hattori Kanzo berteman dengan Kenichi, dan akhirnya menjadi bagian dari keluarga Mitsuba bersama dengan saudaranya, Shinzo dan anjing ninjanya, Shishimaru. 

Hattori membantu Kenichi dengan berbagai masalah yang dihadapinya dan terus menjaganya sebagai seorang teman yang baik. Yumeko-chan adalah gadis yang disukai oleh Kenichi. Sedangkan Kimimaki, seorang Ninja dari Koga dan kucing ninjanya, Kagechio selalu membuat masalah dengan Kenichi, sehingga Keinichi meminta Hattori untuk membalas dendamnya. 

Meskipun Hattori adalah teman yang baik, Kenichi kadang-kadang berkelahi dengan Hatori karena kesalahpahaman yang dibuat oleh Kinimaki. Kadang-kadang Jippou, Togejirou dan Subame juga membantunya. 

Banyak bagian cerita ini yang mirip dengan Doraemon, seperti tokoh, watak dan perannya; mengingat memang penulis kedua manga merupakan orang yang sama.

Pemeran
1. Kanzo Hattori (ハットリ カンゾウ atau 服部 貫蔵 Hattori Kanzou), adalah tokoh utama dari serial ini, seorang ninja kecil. Ia berasal dari perguruan Ninjaiga. Hattori berumur 11 tahun dengan massa 40 kg dan tinggi 140 cm. 

Dia yang biasanya melawan Kimimaki ketika mencoba melakukan tipuan dan mengisengi Keinichi. Kelemahan utama Hattori adalah takut dengan katak dan kadal; yang sering membawanya ke dalam kesulitan. 

Hattori memakai jubah ninja berwarna biru. Dia selalu menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh seorang ninja yang baik dan senang mencampuri urusan teman-temannya. Ketika melakukan pekerjaannya, Hattori punya kebiasaan aneh mengatakan nyo-nyo/nin-nin.


2. Shinzo Hattori (ハットリ シンゾウ atau 服部 心蔵 Hattori Shinzou), adalah saudara kecil dari Hattori. Dia menggunakan senjata yang terbuat dari kayu. Shinzo adalah seorang ninja yang sedang dalam masa pelatihan untuk menjadi seorang ninja yang lebih baik seperti Kanzo Hattori. 

Dia memakai jubah ninja berwarna merah. Shinzo tampaknya memiliki hati yang baik dan sangat setia kepada saudaranya, dan akan senang ketika orang lain gembira. Namun kelemahannya, ia ketika menangis sering bersuara besar. Tangisan ini sering dimanfaatkan sebagai senjatanya.

3. Shishimaru (獅子丸) adalah anjing ninja yang hidup dengan Kenichi. Ia datang bersama Hattori dan Shinzo. Dia adalah anjing berkepala cahaya yang bersama dengan Shinzo, sering melakukan hal-hal lucu. Shinzo adalah tukang makan. 

Bulunya berwarna kuning. Shinzo mempunyai kelebihan dapat menggulung dirinya saat berusaha diserang, dan dapat mengubah dirinya menjadi hewan yang diinginkan.


4. Kenichi Mitsuba (三葉 ケン一 Mitsuba Kenichi) (dalam dubbing 1997 disebut Kenchi) adalah seorang anak biasa yang pergi ke sekolah dasar untuk berjuang dengan pelajarannya. Dia mengencani Yumeko, tetapi Kimimaki tidak menyukai hal itu. 

Keinichi tidak pintar dan sering terlambat ke sekolah. Dalam penampilan umumnya, Keinichi sering berpakaian pakaian warna biru muda dan topi putih.

5. Tsubame (ツバメ)/Subame (disebut Sonam dalam versi India), adalah seorang kunoichi dan teman sekelas Hatori. Dia mencintai Hattori dan selalu menginginkan agar menikah dengannya. 

Dia tidak menyukai Kimimaki dan Kagechio. Dia memakai jubah ninja berwarna merah muda. Tsubame tampaknya memiliki suling, klarinet, suling bambu, piccolo dan bassoon. 

Jika ia mendengar Hatori mendekati wanita lain, Subame akan melakukan beragam cara unuk mencegahnya.

6. Kemuzou Kimimaki (ケムマキ・ケムゾウ Kimimaki Kemuzou) adalah musuh dari Hattori. Ia sering mengusili Keinichi dan tidak menyukai Hatori. 

Ia berasal dari perguruan ninja Koga. Bersama dengan kucingnya, Kagechiyo Kemuzou, selalu menyebabkan masalah. 

Dia bersaing dengan Kenichi untuk mendapatkan Yumeko, tetapi ketika dia menggunakan salah satu teknik ninja agar selalu menang, Hatori mencegahnya untuk menyelamatkan dari masalah. Dia memakai jubah ninja berwarna hijau. Dalam penampilan umumnya, ia sering terlihat memakain pakaian berwarna hitam.

7. Kagechio (影千代) adalah kucing ninja dari Ninjakoga. Kagechio adalah kucing yang setia membantu Kimimaki. Kinimaki selalu memberikan tugas besar untuk Kagechio, tetapi Kagechio selalu membuat rencana tersebut gagal. Kagechio bermusuhan dengan Shishimaru dan memilliki warna bulu hitam.

8. Yumeko Kawai (河合 夢子 Kawai Yumeko), adalah gadis yang biasanya menyebabkan perselisihan antara Kimimaki dan Kenichi. Yumeko sekelas dengan keduanya dan dia juga yang menyebabkan sebagian besar masalah yang ada. 

Wanita yang umumnya muncul dengan baju merah muda ini, tampaknya tertarik dengan Hattori beberapa kali. Yumeko memandang Hattori sebagai saudaranya dan Shinzo sebagai adiknya. Dia juga tampaknya menyukai Kenichi. 

Dan kadang-kadang orang-orang mengira hubungannya dengan Hattori sebagai suatu yang romantis. Meskipun begitu, dalam beberapa episode mereka terlihat menunjukkan romantisme.

Pemeran lainnya meliputi:
Aiko-sensei: guru musik Kenichi. Koike-sensei naksir dengannya.
Hattori Jinzou, ayah Hatori dan Shinzo.
Jippou: ninja penyu raksasa.
Koike-sensei: guru Kenichi. Ia juga terlihat di Obake no Q-taro dan Doraemon.
Kentarou Mitsuba: Ayah dari Kenichi. Dia biasanya merokok dan pulang dari kantor larut malam. Dia sangat menyenangi permainan golf.
Ibu Kenichi: Dia menyukai Tsubame dan berpikir bahwa Kimimaki adalah anak yang baik. Dia selalu memarahi Kenichi karena kemalasannya.
Profesor Shinobino: Seorang profesor yang tinggal di Amerika dan menemukan Togejirou.
Robomaru
Shinobino O-hime
Togejirou (disebut Cacto-chan dalam versi India): Sebuah kaktus yang memiliki kekuatan supranatural yang dikirim oleh Profesor Shinobino dari Amerika. Dia bersaing dengan Shishimaru.

Lagu tema versi bahasa Indonesia
Ninja Hattori adalah lagu yang dinyanyikan oleh Bondan Prakoso diambil sebagai single pertama dari album studio pertamanya. 

Lagu ini ditulis, ciptakan, aransemen, lirik & produser oleh Kak Sur untuk menjadi lagu tema anime Ninja Hattori yang ditayangkan di RCTI dan Indosiar.


Demikian tadi sobat campusnesia biografi Biografi Fujiko Fujio Pengarang Obake no Q taro, Doraemon dan Ninja Hattori.


sumber:
id.wikipedia.org

===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys