Loading...

Referensi 6 Jenis Satisfying Video Cocok untuk Healing dan Pengantar Tidur

 


Campusnesia.co.id - Indonesia dengan jumlah penduduk ratusan juta adalah sebuah pasar yang potensial untuk bisnis apapun, termasuk sosial media dan internet. Tatkala harga gadget dan akses terhadap internet semakin mudah dan murah, pertumbuhan pengguna asal indonesia selalu jadi perhatian.

Berdasar hasil riset dari DataReportal menunjukkan bahwa jumlah pengguna media sosial Indonesia mencapai 191,4 juta pada Januari 2022. Angka ini meningkat 21 juta atau 12,6 persen dari tahun 2021.

Dalam laporan bertajuk Digital 2022: Indonesia, DataReportal membeberkan bahwa angka ini setara dengan 68,9 persen dari total populasi di Indonesia. Sebagai perbandingan, jumlah penduduk di Indonesia kini mencapai 277,7 juta hingga Januari 2022.

Spesifik untuk YouTube di Indonesia penggunanya mencapai 139 juta orang atau setara 50 persen dari total penduduk selama 2022.

Beragam konten berupa video bertebaran di Youtube, pengguna bebas memilih mana yang paling disukai, tersedia fasilitas Subscribes dan memberships berbayar dari konten kreator yang diminati.

Dari sekian banyak video, ada jenis konten yang sering disebut sebagai Satisfying Video, julukan ini diberikan untuk kategori video yang ketika dan setelah menontonya kita mendapatkan kepuasan, ketenangan dan perasaan yang agak aneh.

Satisfying istilah dalam bahasa Inggris yang artinya adalah memuaskan

Berdasarkan penelusuran di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, satisfying/ memuaskan merupakan menjadikan puas; memberi (memenuhi, menuruti, dan sebagainya) hingga puas.

Berdasar pengamatan Campusnesia, berikut 6 jenis video yang masuk kategori Satisfying, cocok jadi hiburan melepas penat bahkan teman menjelang tidur.

1. Video Alam 
Biasanya judulnya diawali Relaxing Music and Nature Sounds, bisa berupa suara gemercik air hujan, aliran sungai, air terjun, deburan ombak, hujan di perkotaan, suara hutan dll.

Ada yang menampilkan visual ada pula yang hanya berupa suara, cocok jadi teman menjelang tidur.


2. Video Cooking
Aktifitas memasak juga bisa dijadikan video relaksasi, melihat proses pembuatannya, suara chef merajang bahan makanan, suara penggorengan, suara air mendidika dll menenangkan sekaligus menentramkan.

Sebagian orang menikmati video jenis ini sambil menyantap hidangan, kami belum menemukan korelasi ilmiahnya, akan tetapi makan dan minum sembari menonton video bisa menambah nafsu makan.

Videonya yang tanpa narasi ya, jadi ya hanya berisi rekaman suasana di dapur, resto atau street food.


3. Video Restoration
Jenis berikutnya adalah video restorasi, biasanya berupa alat dan mainan jadul yang kondisinya sudah rusak dan usang.

Restorasi dilakukan agar berfungsi kembali dan secara tampilan jadi menarik dan baru lagi. Suara ASMR tukang membuka skrup, baut, membersihkan kotoran, amplas, mencuci, gergaji dan seterusnya jadi sebuah kepuasan tersendiri saat mengikutinya.


4. Video Process of Making 
Proses pembuatan apapun selalu bisa dinikmati, dulu ada pelopor video jenis ini yaitu How Its made dan How Its Work dari channel Discovery. Kini di Youtube bertebaran video serupa. Jika sobat ingin melihat yang versi pro bisa mencari korean Process of Making video, maka akan muncul puluhan video asal korea selatan.

Tak kalah unik Process of Making video, dari pakistan dengan segala kesderhaan alat dan tempatnya mampu membuat aneka produk dan memperbaiki apapun.


5. Video Instrumental
Favorit penulis adalah suara gamelan dan seruling sunda, coba saja cari dengan kata kunci "Degung Sunda" dan dengarkan alunan musiknya serasa sedang ada di tanah hamparan sawah nan asri di sunda.

Instrumen yang lain juga banyak, bisa gitar akustik, piano, gamelan jawa dan sebagainya sesuai selera.


6. Video Cleaning
Varian video cleaning ini sangat banyak, mulai dari cuci mobil dan motor, membersihkan gadget seperti handphone dan laptop.

Hingga yang agak aneh sekaligus membingungkan adalah ketika melihat proses potong rambt atau babershop, memberihkan komedo, karang gigi dan wax di telinga. Agak gimana gitu tapi ya gitu, aneh ya. entah apa namanya, kalau sobat pembaca tahu namanya bisa tulis di kolom komentar.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Referensi 6 Jenis Satisfying Video Cocok untuk Healing dan Pengantar Tidur. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis:
Nandar


===
Baca Juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys