Loading...

Profile Sirkuit Internasional Mandalika Kebanggan Rakyat Warga Indonesia




Campusnesia.co.id - Pada februari kemarin tes pra musim motogp digelar di sirkuit baru milik indonesia yaitu Pertamina Mandalika. Nama-nama besar pembalap motogp ikut menjajal aspal baru Mandalika mulai Marc Marquez, Fabio, Vinales, Joan Mir dll.

Lewat postingan kali ini yuk kita bahas tentang sirkuit baru kebanggan warga Indonesia ini.

Sirkuit Internasional Mandalika secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan. Mandalika direncanakan akan pertama kali menggelar MotoGP pada Maret 2022 dan GT World Challenge Asia pada Oktober 2022. Sirkuit Mandalika sebelumnya sudah menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Superbike putaran Indonesia pada 2021.

Tentang Sirkuit 
Sirkuit ini pada awalnya dikabarkan memiliki panjang 4,8 km, tetapi berubah menjadi 4,32 km dengan 19 tikungan. Desain sirkuit kemudian diperpendek lagi menjadi 4,31 km dengan 17 tikungan. 

Menurut Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association, tikungan dikurangi karena faktor keamanan dan menggantinya dengan trek lurus untuk "menambah aksi overtaking." Selain itu, desain sirkuit juga dinilai "lebih menguntungkan salah satu pabrikan".

Saat peresmian, sirkuit ini memiliki panjang 4,31 km dengan 17 tikungan, dengan kapasitas 50.000 tempat duduk di grandstand dan total mencapai 195.700 orang. 

Mandalika menggunakan aspal berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang lebih kasar dan diharapkan akan memperkuat cengkeraman ban.



Sejarah Sirkuit
Rencana pembangunan sirkuit dimulai pada 20 Januari 2017, dimana dilakukan penandatanganan MoU antara ITDC dengan Roadgrip Motorsports. November 2017, Vinci Grand Construction Projects menandatangani kontrak pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok. 

Sirkuit Mandalika direncanakan mulai dibangun pada 2018. Vinci membangun Sirkuit dengan nilai investasi US$ 500 juta. Pembangunan direncanakan akan memakan 3,6 triliun. 

Menurut Direktur Konstruksi dan Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Ngurah Wirawan, dana akan diperoleh dari pinjaman Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) secara bertahap sampai tahun 2023. 

Untuk pencairan tahun 2019, ada 2 paket senilai 900 miliar dan 700 miliar. Target selesai adalah Juni 2020.

Pada Februari 2019, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengkonfirmasi bahwa Sirkuit ini akan menggelar MotoGP selama 3 musim, dari musim 2021 sampai 2023. Namun, MotoGP tidak jadi digelar pada 2021 karena pandemi Covid-19 dan ditunda hingga 2022.

Pada jadwal sementara MotoGP, Mandalika akan digelar setelah GP pembuka di Losail, Qatar, di 20 Maret 2022. Sirkuit ini juga menjadi tempat digelarnya tes pramusim MotoGP musim 2022, dari 11-13 Februari 2022.

Selain MotoGP, sirkuit ini juga direncanakan akan menggelar Kejuaraan Superbike dan Asia Talent Cup. Kejuaraan Superbike awalnya direncakan pada 12-14 November 2021, tetapi diundur menjadi 19-21 November agar tidak bentrok dengan jadwal sementara MotoGP. Balapan pertama Asia Talent Cup yang awalnya direncanakan pada 14 November juga diundur menjadi 19 November karena kekurangan marshal yang bertugas.

Pertamina mengeluarkan dana sebesar 7 juta USD atau sekitar Rp100 miliar untuk hak penamaan dan juga menjadi sponsor utama sirkuit Mandalika. Kontrak ini berlaku sampai akhir tahun 2022.

Pada 12 November 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika beserta infrastruktur pendukungnya. Ia kemudian mengendarai motor mengelilingi sirkuit. Peresmian tersebut dilakukan menjelang balapan Asia Talent Cup yang diselenggarakan dua hari kemudian.

Pada 19 November, seusai sesi latihan bebas World Superbike ronde Indonesia, beberapa pembalap menyoroti permukaan lintasan yang kotor. Jonathan Rea mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika sedikit kotor, terutama di luar racing line. Namun pembalap lain, seperti Scott Redding, Leon Haslam, dan Michael van der Mark, menganggap hal tersebut adalah hal yang normal untuk trek baru.

Pada 21 Desember, diumumkan bahwa Sirkuit Mandalika akan menggelar ronde final GT World Challenge Asia untuk musim 2022 pada 21-23 Oktober 2022.

Pada tes pramusim MotoGP 2022, yang digelar pada 11-13 Februari 2022, para pembalap mengungkapkan beberapa masalah pada area kerikil dan aspal sirkuit. Pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin, menganggap kerikil di luar area lintasan "terlalu tajam" dan "menyakitkan". Hal tersebut ia ungkapkan setelah jatuh menuju area kerikil antara tikungan 10 dan 11.

Kondisi sirkuit yang kotor juga dikeluhkan oleh pembalap seperti Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Alex Rins, dan Francesco Bagnaia. Masalah tersebut mengakibatkan dihentikannya sesi tes hari pertama selama beberapa jam untuk dilakukan pembersihan. FIM, Dorna Sports, dan MGPA menilai kotornya sirkuit diakibatkan oleh turunnya hujan deras pada malam hari sebelumnya.

Namun, dilansir dari The Race, debu dan kerikil yang berada di lintasan merupakan material aspal yang terkelupas akibat penggunaan agregat yang tidak sesuai dengan arahan konsultan proyek.

Hal tersebut dibenarkan oleh Chaz Davies, pembalap WSBK yang menjalani balapan di Mandalika pada November 2021. Dua hari kemudian, diumumkan bahwa permukaan sirkuit akan diaspal ulang, dari sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan 5.


Catatan waktu
Berikut adalah catatan waktu balapan terbaik di Sirkuit Mandalika (tidak termasuk catatan waktu tes, latihan, dan kualifikasi)

World SBK 
Pembalap Toprak Razgatlıoğlu mencatat waktu 1:34.288 dengan menunggangi motor Yamaha YZF-R1 pada ajang World SBK putaran Indonesia 2021.

World SSP 
Pembalap Jules Cluzel meraih waktu 1:36.820 dengan motor Yamaha YZF-R6 pada gelaran World SSP putaran Indonesia 2021

Asia Talent Cup
Pembalap Gun Mie dengan motor Honda NSF250R mencatatkan waktu tercepat 1:44.118 pada ajang Asia Talent Cup putaran Indonesia 2021


Sumber:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys